Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 2 dan 4 - REKHA. Apa itu Pasar ??? Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 2 dan 4 - REKHA. Apa itu Pasar ??? Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat."— Transcript presentasi:

1 BAB 2 dan 4 - REKHA

2 Apa itu Pasar ??? Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya.

3 Sanitasi Lingkungan Pasar : Usaha untuk mengawasi, mencegah,mengontrol dan mengendalikan segala hal yang ada di lingkungan pasar terutamayang dapat menularkan terjadinya suatu penyakit.

4 Persyaratan Sanitasi Pasar Tradisional Berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 519/Menkes/SK/VI/2008 tentang Penyelenggaraan Pasar Sehat

5 Meliputi : Lokasi Konstruksi bangunan Persyaratan kesehatan dan sanitasi Keamanan dan Keselamatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Fasilitas Lain

6 Bab 4

7 Persyaratan kesehatan dan sanitasi

8 Penyediaan air bersih Kondisi air : bersih dan alirannya lancar. Ketersediaan air : kurang ( 10 meter. Drainase Kondisi terbuka dan terbuat dari bahan yang kedap air. Pengelolaan limbah serta kualitas limbah outlet sudah sesuai dengan kriteria, menggunakan metode pengolahan limbah berupa filtrasi dan sedimentasi

9 Pengelolaan sampah Jumlahnya tebatas dan sampah tidak terpisah. Tempat sampah terbuat dari bahan yang kuat, kedap air,dan mudah dibersihkan namun dalam keadaan terbuka. Tersedia TPS yang kedap air tetapi lokasinya sulit dijangkau Tersedia juga mobil pengakut sampah yang akan mengangkut sampah setiap harinya

10 Kamar mandi dan toilet Jumlah kamar mandi dan toilet cukup Tipe toilet yang digunakan adalah leher angsa Letak toilet pria dan wanita terpisah dan ada sekat Kondisi lantai kedap air, tidak licin, mudah dibersihkan, tersedia air bersih yang cukup.

11 Tempat cuci tangan tersedia tempat cuci tangan dan memiliki air yang mengalir tetapi tidak ada sabun yang disediakan serta kran yang banyak tidak berfungsi Kualitas makanan dan bahan pangan makanan kemasan yang dijual tidak rusak dan tidak ada buah atau sayuran yang busuk. Namun bahan pangan yang dijual masih ada yang dihinggapi lalat.

12 Desinfeksi pasar belum mendapat informasi yang jelas tentang periode waktunya. Biasanya desinfeksi dilakukan pada malam hari. Vektor dan Binatang Lain yang Mengganggu terdapat vektor atau binatang yang mengganggu misalnya lalat dan kucing di daerah penjual daging dan di penjualan ikan pindang ada lalat.

13 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

14 Pedagang dan Pekerja Menggunakan APD sebagian menggunakan APD dan masih ada yang membuang sampah sembarangan Pengunjung Pengunjung masih membuang sampah sembarangan dan tidak cuci tangan dengan sabun terutama setelah memegang unggas atau hewan.

15 Pengelola kurang memahami dan mempunyai keterampilan tentang hygiene sanitasi dan keamanan pangan

16 Peralatan

17 Pemadam Kebakaran Alat pemadam kebakaran di Kapas Krampung mudah dijangkau dan terdapat disetiap blok. Dan tertera tata cara pemakaian alat pemadam kebakaran. Alat pemadam sudah lengkap dan beraneka macam. Kondisi dari alat pemadam kebakaran sendiri masih baik dan pedagang juga mengerti penggunaan alat pemadam kebakaran.

18 Alarm Kebakaran Tersedia dan diletakkkan strategis Alat penangkal petir Tersedia Instalasi listrik Kabel-kabel tersimpan dalam 1 kotak yang rapi dan kotak tersebut tertutup CCTV Tersedia

19 Fasilitas Lain

20 Tempat atau sarana ibadah Tersedianya tempat ibadah dan tempat wudhu yang bersih. Pos pelayanan kesehatan dan P3K Tidak tersedia Area parkir Parkir mobil, motor, sepeda terpisah Ada jalur dan tanda masuk dan keluar kendaraan yang jelas

21 Gudang/tempat penyimpanan barang tidak terdapat gudang penyimpanan barang Ruang Terbuka Hijau (RTH) tidak memenuhi standar RTH yang diperkenankan untuk kenyamanan. Kawasan Terbatas Merokok tidak terdapat peraturan tertulis yang jelas mengatur mengenai Kawasan Terbatas Merokok (KTM). Tidak terdapat ruangan atau area khusus untuk merokok Pos Keamanan tersedia pos keamanan dengan personel keamanan didalamnya

22 HASIL Nilai = Skor x Bobot Nilai per komponen = ∑ skor x bobot (per sub komponen) Total nilai yang dinilai = ∑ (Nilai per komponen x bobot komponen/100) Total nilai maksimum = ∑ (Nilai max per komponen x bobot komponen/100) = 696,15 Persentase = Total nilai yang dinilai x 100 % Total nilai maksimum = 442,8 x 100 % 696,15 = 63,6 % Bandingkan dengan indikator kriteria persyaratan Indikator: Sanitasi baik sekali= ≥ 80 % Sanitasi baik= 61% - 80% Sanitasi cukup= 41% - 60% Sanitasi buruk= ≤ 40 % Kesimpulan : karena 63,,61% maka sanitasi Pasar Kapas Krampung dalam keadaan baik, namun masih perlu peningkatan pemeliharaan sanitasi atau perbaikan.


Download ppt "BAB 2 dan 4 - REKHA. Apa itu Pasar ??? Pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google