Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSES DALAM ARSITEKTUR MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR PERTEMUAN KE 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSES DALAM ARSITEKTUR MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR PERTEMUAN KE 5."— Transcript presentasi:

1 PROSES DALAM ARSITEKTUR MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR PERTEMUAN KE 5

2 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR A.C. ANTONIADES Arsitektur adalah indeks budaya yang mempunyai wujud berbeda pada masyarakat yang berbeda Arsitektur berkaitan dengan proses dan kreasi dari lingkungan buatan manusia yang mengacu pada aspek fungsi, ekonomi dan emosi pemakai atau pengamat. Arsitektur adalah disiplin ilmu yang mengorganisir dan menciptakan keteraturan dari aspek-aspek lingkungan yang belum terkait. Arsitektur yang baik merupakan sintesa dari serangkaian persyaratan / elemen - elemen yang diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

3 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR J.C. SNYDER Arsitektur merupakan tempat bernaung dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Arsitektur adalah lingkungan binaan (built environment) yang berfungsi untuk perlindungan dari bahaya dan untuk menampung kegiatan manusia serta sebagai identitas status sosial. Arsitektur berkaitan dengan perancangan, yakni suatu konstruksi yang dibuat dengan sengaja untuk menggubah lingkungan fisik melalui suatu cara/sistem penataan tertentu. Arsitektur berkaitan dengan budaya, memiliki sistem lambang, makna serta skema kognitif.

4 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR DJAUHARI SUMINTARDJA Arsitektur merupakan sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya (kenyamanan, ketengangan,dll). YB. MANGUNWIJAYA Arsitektur tidak boleh terlepas dari unsur GUNA dan unsur CITRA. K.W. SMITHIES Arsitektur dan keindahan hanya diperoleh dengan memadukan semua maksud-maksud dalam satu integrasi yang utuh seperti proporsi, kesatuan, irama,dll.

5 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR EDWARD T WHITE Arsitektur merupakan kegiatan merancang, yakni kegiatan mengenali dan merakit unsur bangunan dengan cara-cara tertentu. F.D.K. CHING Arsitektur pada umumnya dipikirkan (dirancang) dan duwujudkan (dibangun) sebagai tanggapan terhadap sekumpulan kondisi yang kadang-kadang hanya bersifat fungsional semata atau merupakan refleksi sosial, ekonomi, politik, perilaku atau tujuan-tujuan simbolis. AMOS RAPOPORT Arsitektur adalah segala macam pembangunan yang secara sengaja dilakukan untuk mengubah lingkungan fisik dan menyesuaikannya dengan skema-skema tata cara tertentu lebih menekankan pada unsur sosial budaya.

6 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR CORNELIS VAN DE VEN Arsitektur berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan. Pembaharuan arsitektur yang berlangsung terus menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang. BENJAMIN HANDLER Arsitek adalah seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri. LARRY L. LIGO Arsitektur mempunyai fungsi yang luas yaitu fungsi kebudayaan. Oleh karenanya, dalam kenyataan dapat dijumpai adanya simbol- simbol arsitektur yang menandai budaya yang terkandung di dalamnya.

7 BEBEPARA PENDAPAT TENTANG ARSITEKTUR VITRUVIUS Ada tiga aspek yang harus disintesiskan dalam arsitektur yaitu firmitas (kekuatan atau konstruksi), utilitas (kegunaan atau fungsi) dan venustas ( keindahan atau estetika) BRINCKMANN Arsitektur merupakan kesatuan antara ruang dan bentuk. Arsitektur adalah penciptaan ruang dan bentuk. VAN ROMONDT Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia. BOUWKUNDIGE ENCYCLOPEDI Arsitektur adalah mendirikan bangunan dari segi keindahan (sedangkan mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut ilmu bangunan).

8 ESENSI ARSITEKTUR Arsitektur merupakan satu kesatuan masukan - proses - produk yang secara skematis dapat digambarkan sebagai berikut : MASUKKANPROSESPRODUK - Elemen-elemenSintesa kreatif dgLingkungan Binaan sbg lingkunganlogika ilmiahwadah dan fasilitas - Persyaratansistematis melalui:kegiatan yang : kebutuhan- Perencanaan- Memenuhi kebutuhan - Kebudayaan- Perancangan- Bercitra/indah - Penggubahan- Membahagiakan - Penciptaan- Cerminan budaya

9 ESENSI ARSITEKTUR PROSES : Merupakan usaha melakukan sintesa permasalah kebutuhan manusia melalui perencanaan / perancangan / penggubahan / penciptaan secara kreatif dengan menggunakan logika ilmiah yang sistematis.

10 ESENSI ARSITEKTUR MASUKAN : Elemen - elemen lingkungan mencakup : fisik, sosial, ekonomi, budaya, perilaku. Persyaratan-oersyaratan kebutuhan mencakup : fungsi (kegunaan), proteksi (keselamatan, keamanan, kenyamanan), estetika (keindahan, citra, ekspresi, persepsi).

11 ESENSI ARSITEKTUR PRODUK : Produk budaya berupa LINGKUNGAN BINAAN yaitu segala sesuatu yang berwujud fisik sebagai wadah dan fasilitas kegiatan manusia yang merupakan buatan atau hasil tatanan manusia dari yang terkecil berupa elemen lingkungan (misal: tempat sampah, box telepon, lampu jalan dll); bangunan (gedung, jalan, jembatan); kumpulan bangunan (dukuh, kampung, kawasan); hingga lingkungan kota.

12 KARAKTERISTIK PRODUK Memiliki CITRA dan GUNA Merupakan pemenuhan kebutuhan masyarakatnya. Indah Menbahagiakan Merefleksikan kondisi sosial, ekonomi, politik, perilaku, budaya.


Download ppt "PROSES DALAM ARSITEKTUR MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR PERTEMUAN KE 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google