Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FISIKA LISTRIK STATIS. Pengertian Listrik Statis Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Benda yg bermuatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FISIKA LISTRIK STATIS. Pengertian Listrik Statis Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Benda yg bermuatan."— Transcript presentasi:

1 FISIKA LISTRIK STATIS

2 Pengertian Listrik Statis Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Benda yg bermuatan listrik dapat menarik atau menolak benda bermuatan listrik lainnya.muatan listrik

3 Suatu materi tersusun atas partikel-partikel. Menurut teori atom, atom semula diangkat terdiri atas tiga macam artikel. Ketiga macam partikel penyusun atom tersebut adalah proton, neutron, dan elektron.

4 Listrik Statis berasal dari Elektron menerima Benda bermuatan negatif Saling berinteraksi memberikan Gaya Coulumb tolak menolak Kedua muatan sejenis dihasilkan dengan cara GesekanKonduksiInduksi pada Isolator pada Konduktor kehilangan Benda bermuatan positif tarik menarik Kedua muatan tak sejenis Peta Konsep Listrik Statis

5 1. Generator Van de Graff Muatan listrik yang diperoleh melalui cara menggosok.Untuk memperoleh muatan listrik yang sangat besar digunakan generator Van de Graff. Gesekan antara pita karet dan roda pemutar menyebabkan pita karet bermuatan listrik. Muatan listrik ini ditampung pada bola logam.Distribusi muatan listrik ini terdapat pada permukaan luar bola yang berongga. 1. Generator Van de Graff Muatan listrik yang diperoleh melalui cara menggosok.Untuk memperoleh muatan listrik yang sangat besar digunakan generator Van de Graff. Gesekan antara pita karet dan roda pemutar menyebabkan pita karet bermuatan listrik. Muatan listrik ini ditampung pada bola logam.Distribusi muatan listrik ini terdapat pada permukaan luar bola yang berongga.

6 Prinsip Kerja Generator Van de Graaf Generator Van de Graaf adalah mesin penghasil muatan listrik yg besar. Prinsip kerjanya sama dengan mendapatkan muatan listrik dengan cara menggosok. Gesekan antara sabuk karet dan silinder logam bawah menimbulkan muatan negatif pada sabuk karet. Selanjutnya, muatan negatif ini mengalir ke bola logam berongga (kubah) melalui ujung logam yg lancip (runcing). Akibatnya, ujung karet yg telah menyentuh ujung lancip bermuatan positif. Demikianlah, hal ini dapat berlangsung terus menerus karena silinder logam bawah dihubungkan ke tanah.

7 Tubuh anak tersebut bermuatan negatif, karena muatannya sama rambut anak itu saling menolak sehingga berdiri

8 2. Penggumpal Asap Alat ini membersihkan partikel-partikel abu hasil pembakaran gas, sehingga mengurangi pencemaran udara. Alat penggumpal asap ini terdiri dari kawat dan pelat logam, kawat dibuat bermuatan negatif, partikel abu ketika melewati kawat akan bermuatan negatif. Pelat logam dibuat bermuatan positif sehingga akan menarik partikel abu yang bermuatan negatif. Gumpalan-gumpalan partikel abu itu kemudian jatuh ke dasar cerbong sehingga mudah dibersihkan. Teknik penggumpal asap ini sering digunakan dalam pabrik baja, pabrik semen, dan industri kimia yang banyak mengeluarkan asap.

9

10 3. Cat Semprot Butiran cat dari aerosol menjadi bermuatan ketika bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara. Bila benda yang dicat diberi muatan berlawanan, maka butiran cat akan tertarik ke badan benda. Metode ini sangat efektif, efisien, dan murah. 3. Cat Semprot Butiran cat dari aerosol menjadi bermuatan ketika bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara. Bila benda yang dicat diberi muatan berlawanan, maka butiran cat akan tertarik ke badan benda. Metode ini sangat efektif, efisien, dan murah.

11  Sebelum di cat mobil diamplas terlebih dahulu, sehingga bergesekan & menghasilkan muatan listrik.  Alat semprot cat elektrostatis saat akan disemprotkan, makan butiran-butiran cat dari aerosol akan bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara, sehingga butiran cat akan bermuatan listrik.

12

13 Mesin fotokopi menggunakan daya tarik muatan listrik berbeda. Suatu pola muatan positif pada pelat tadi, mencitrakan bidang hitam yang akan digandakan, menarik partikel bermuatan negatif dari bubuk hitam halus yang disebut toner, toner tersebut jadi bermuatan negatif karena berhubungan dengan butir-butir gelas kecil di baki pengembang. Pola toner dipindahkan ke atas secarik kertas kosong dan dipanggang di atasnya.

14 Prinsip Kerja Mesin Fotokopi Cara kerja mesin ini berdasarkan konsep listrik statis dan optik. Di dalam mesin ini terdapat logam selenium (merupakan konduktor foto), yg menghantarkan arus listrik saat terkena cahaya dan merupakan isolator listrik saat dalam kegelapan.

15

16 Ketika drum yang bermuatan positif berputar, laser bersinar melintasi permukaan yang tidak bermuatan. Laser akan menggambar pada kertas yang bermuatan negatif. Setelah melewati drum yang berputar kertas akan melewati fuser. Pada bagian fuser ini kertas akan mengalami pemanasan, hal ini yang menyebabkan kertas terasa panas pada saat keluar dari printer. Printer laser lebih cepat, lebih akurat, dan lebih ekonomis.

17 Proses Dasar Printer Laser Prinsip kerja dasar dari laser printer adalah penyinaran laser dan proses pemanasan. Energi yg sama yg bisa membuat pakaian menempel pada pengering atau kilatan petir yg menyambar ke tanah.

18

19 6. Penangkal Petir Ketika terpadapat awan yang bermuatan listrik terbentuk di dekat gedung yang mempunyai pengangkal petir, maka batang logam penangkal petir itu akan memancarkan muatan listrik dari Bumi yang berlainan jenis untuk menetralkan awan. Jika awan bermuatan positif maka bumi akan menyuplai muatan listrik negatif begitupun sebaliknya.Dengan demikian awan akan menjadi netral dan tidak terjadi petir. Akan tetapi sering terjadi muatan listrik di awan menjadi besar, kemudian terjadi lompatan muatan lisrtik dari awan ke bumi melalui batang logan dan kawat penghantar dari pengkal petir. Jadi, bangunan tetap aman karena muatan listrik dari awan akan dialirkan ke air tanah lewat kawat penghantar tanpa mengenai benda-benda di sekitarnya.

20 Prinsip Kerja Penangkal Petir Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan llistrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor, menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik.

21

22  Flash Drive yang dijuluki dataSTICKIES itu miliki konsep seperti kertas memo tempel pengingat tersebut. Cara kerjanya, dataSTICKIES cukup ditempelkan ke bagian depan komputer atau perangkat lain lewat sebuah perekat khusus. Mirip post-it note yang kerap ditempel di sudut monitor PC. Drive mini itu juga bisa disusun bertumpuk dan cukup hanya dikelupas jika ingin digunakan.Sedangkan bahannya sendiri dibuat dari material yang disebut graphene, sebuah bahan konduktif super kuat yang dilapisi dengan atom karbon.

23

24  Perangkat dataSTICKIES juga tidak meninggalkan bekas berbeda dengan kertas post-it note. Perekat khusus dipakai untuk melekatkan Flash Drive tersebut ke komputer. Di bagian atas dataSTICKIES juga bisa ditulisi dengan teks tertentu sebagai pertanda apa isi dari Flash Drive tersebut.  Tersedia dalam kapasitas data 2GB, 8GB, 16GB, dan 32GB, dataSTICKIES hingga hari ini masih dalam tahap pengembangan. Semoga saja teknologi tersebut bisa segera terwujud dan menggantikan Flash Drive yang selama ini reguler digunakan.

25

26  Google Glass adalah sebuah gadget (perangkat teknologi modern) dalam bentuk kacamata, yang memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi serta fungsi layaknya smartphone bebas genggam, dan dapat dikendalikan melalui perintah suara. Konsepnya adalah, meletakkan layar monitor/tablet/smartphone tepat di depan mata penggunanya.

27 Google Glass memiliki manfaat, fungsi, dan fitur sebagai berikut:  Mengambil gambar atau foto hanya dengan perintah suara. Pengguna hanya tinggal mengatakan: "take a picture".  Merekam apa yang dilihat secara langsung dalam bentuk video.  Share segala hal yang dilihat ke social media.  Sebagai penunjuk arah melalui GPS.  Mengirimkan pesan melalui perintah suara.  Menanyakan apapun secara langsung seperti halnya saat searching di google.  Menerjemahkan apa yang ingin dikatakan ke dalam berbagai bahasa.  Menyediakan informasi-informasi umum seperti cuaca, jadwal pesawat, dsb.

28

29 Teknologi Google Glass

30  Graphene adalah bahan yang terdiri dari karbon murni, dengan atom diatur dalam pola heksagonal biasa. Graphene dapat digambarkan sebagai atom- satu lapisan tebal dari grafit mineral, (banyak lapisan graphene ditumpuk bersama-sama secara efektif membentuk serpihan kristal grafit). Di antara sifat superlatif lainnya dipublikasikan dengan baik, sangat ringan, dengan selembar 1 meter persegi dengan berat hanya 0,77 miligram  Dengan sifatnya yang transparan (hampir 98%) sementara graphenee mampu menghantarkan arus listrik, maka material ini sangat berpeluang untuk diaplikasikan pada pembuatan lapisan sentuh yang transparan, panel listrik, dan bahkan sel surya.

31

32 Teknologi Graphene

33  Prinsip utama untuk pencetakan printer 3 dimensi yaitu membutuhkan data yang berbentuk tiga dimensi juga atau yang disebut dengan data digital tiga dimensi. Dalam dunia keteknikan biasa disebut CAD (Computer caidgn design). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi. Sebenarnya ada beberapa metode yang digunakan dalam membuat printer 3 dimensi. Metode kerja printer 3 dimensi yang pertama adalah yang menggunakan aplikasi. Cara kerjanya, bahan pengikat yang digunakan pada printer 3 dimensi ini menggunakan bubuk kering yang dipadukan dengan suatu bahan perekat berbentuk cairan. Percampuran ini memungkinkan printer untuk dapat membuat lapisan demi lapisan hingga menjadi sebuah objek yang nyata.

34

35 Teknologi Printer 3D

36 THANK YOU


Download ppt "FISIKA LISTRIK STATIS. Pengertian Listrik Statis Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Benda yg bermuatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google