Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembiayaan Kesehatan: User Fees Health Economic Course Series www.diankusuma.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembiayaan Kesehatan: User Fees Health Economic Course Series www.diankusuma.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 Pembiayaan Kesehatan: User Fees Health Economic Course Series

2 Tujuan dari reformasi pembiayaan 1.Meningkatkan jumlah sumber daya (termasuk stabilitas/keberlangsungan) 2.Meningkatkan efisiensi dan equitas dari pengalokasian sumber daya (dan outcome kesehatan) 3.Mengurangi catastrophic expenditure (berbagi risiko / pooling, prepayment) 4.Mendukunga tujuan lebih luas dari kesehatan seperti responsiveness / peningkatan kualitas.

3 Tipe-tipe reformasi Kunci reformasi untuk pembiayaan (pengumpulan dana): –Reformasi level makro –Meningkatkan bantuan eksternal untuk sektor kesehatan –Pengenalan atau reformasi menuju user fees –Pengenalan atau ekspansi dari asuransi kesehatan berbasis masyarakat –Pengenalan atau ekspansi dari asuransi sosial –Melakukan reformasi sektor swasta –Melakukan reformasi sektor pemerintah (kemitraan pemerintah- swasta) –Melakukan reformasi untuk pengumpulan / pembelanjaan dana (efisiensi)

4 Definisi user fees Pembayaran dilakukan oleh pengguna pelayanan kesehatan –Pembayaran pada saat setelah menggunakan pelayanan –Berhubungan dengan konsumsi –Diserahkan kepada pengguna (membayar atau tidak) –Bisa pembayaran penuh atau sebagian (‘user- charges’ atau ‘co-payments’) –Tidak termasuk pembayaran informal atau ongkos transportasi.

5 Latihan

6 Tujuan Utama user fees 1.Mengumpulkan pendapatan yang stabil (dengan asumsi demand terhadap yankes tidak berkurang) 2.Mengatasi inefisiensi– mengurangi penggunaan yankes tidak perlu dan melewati yankes dasar 3.Mengatasi inequity – dana dapat digunakan untuk yankes di pedesaan, atau untuk re-distribusi (kelompok rentan) 4.Mengurangi pembayaran informal (dampak pada catastrophic expenditure) 5.Meningkatkan ketanggapan (responsiveness), menciptakan konsumen yang memiliki rasa memiliki.

7 Elastisitas Demand (Permintaan) Quantity Price Demand SupplyInelastic Revenue Pu Qu Pe Qe Quantity PriceDemand Supply elastic Revenue Pu Qu Pe Qe

8 Jadi, bagaimana pengalaman user fees? Pendapatan yang stabil? –Mengumpulkan pendapatan tambahan, tapi relatif sedikit –1% - 15% dari pengeluaran rutin nasional –Di beberapa negara, cukup untuk menutupi pengeluaran obat –Tergantung pada pendapatan penduduk, dan kekuatan sistem kesehatan

9 Pengalaman? Meningkatkan penggunaan yang efisien? –Dapat mendukung rujukan, tapi tidak cukup –Cenderung berdampak pada pelayanan pencegahan dan yankes esensial lain –Mempengaruhi penggunaan yankes tak perlu tapi tidak serta merta mengurangi pemberian yankes berlebihan karena dampak supplier-induced demand –Meningkatnya persepsi terhadap kualitas –Dapat memotivasi petugas dan meningkatkan ketanggapan, terutama jika masyarakat terlibat dalam pembelanjaan dana.

10 Pengalaman? Equity dan dampak pada demand? User fees menghasilkan penurunan kunjungan pasien (utilization) –Sulit untuk atribusi efek –Kelompok berpendapatan rendah lebih terpengaruh –Wanita dan kelompok masy tidak berpenghasilan lebih terpengaruh Semakin tidak responsif terhadap harga (elastis) untuk waktu yang lama –Orang terbiasa membayar –Dana dihabiskanuntuk meningkatkan pelayanan (misal: supply obat) Tapi hal ini masih membuat catastrophic health expenditures!

11 Skema exemption (pengecualian) Pengecualian berdasarkan penyakit dan usia  paling sederhana Kemiskinan sulit di-definisi dan diukur Insentif untuk tidak merawat pasien yang dikecualikan (misal pasien gratis) Sistem reimbursement mungkin saja, tetapi lambat Beban pada fasilitas kesehatan untuk desain dan pelaksanaan  mahal

12 Pengalaman dengan skema pengecualian User fees: –Berkurangnya utilisasi yang tak perlu, –Khususnya kelompok miskin dan rentan (regresif) Pengecualian: –Tidak akurat –Biaya administrasi mahal, lambat –Insentif negatif tergantung pada dimana pengapatan didapatkan Masalah catastrophic expenditure tetap.

13 User fees – Respon kebijakan Dalam merespon efek yang beragam, beda iklim politik, berbeda pula respon kebijakannya: Dampak negatif equity, terbatasnya pendapatan, bukan iso populis Penghapusan user fees (e.g. Uganda) Sumber dana yang stabil untuk obat dan motivasi staf Minimalisir dampak equity: pengecualian (exemptions), asuransi kesehatan berbasis masy (e.g. Cambodia, Ghana)

14 Thank You


Download ppt "Pembiayaan Kesehatan: User Fees Health Economic Course Series www.diankusuma.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google