Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Equity Health Economic Course Series: 3 of 12 www.diankusuma.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Equity Health Economic Course Series: 3 of 12 www.diankusuma.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 Equity Health Economic Course Series: 3 of 12

2 Daftar Isi Konsep equity Equity dan equality Contoh equity

3 Apa yang dimaksud dengan equity bidang kesehatan? Sebuah dunia di mana semua kelompok dan individu dengan umur, jenis kelamin, ras dan etnis, kelas dan tempat tinggal mendapatkan akses penuh terhadap kesehatan

4 Hukum Pelayanan Terbalik Si kaya menggunakan pelayanan rumah sakit dan pelayanan kesehatan masyarakat lebih banyak dari si miskin. ( Hart 1971, Ruger et al ) Cakupan imunisasi berkorelasi secara kuat dengan status sosioekonomi. (Gwatkin et al. 1999) Si miskin yang sakit tidak mengakses pelayanan: 2x lebih cenderung melakukan pengobatan sendiri; 10x lebih cenderung tidak melakukan apa-apa (Uganda HH Survey, 1994/5) Si miskin yang menggunakan pelayanan kesehatan berisiko mengalami ‘pemiskinan’. (Liu and Hsiao, 1997; WB, Voices of the Poor, 2000)

5 Perbedaan, disparitas… Kematian balita di Afrika 30 kali lebih tinggi dari pada di Eropa. Kematian diantara usia dewasa di AS 2x lebih tinggi pada kulit hitam dari pada kulit putih. Kematian pada pekerja tidak terampil adalah 3x lebih besar dari pada kelompok pekerja professional di Inggris. Belanja kesehatan 100x lebih banyak pada negara berpendapatan tinggi dibanding negara berpendapatan rendah.

6 Disparitas di kesehatan: sebuah concern kesehatan masy. 1.Adanya disparitas yang besar di antara kelompok sosioekonomi, juga jender, asal etnis, dsb. 2.Kelompok miskin menggunakan sumber daya kesehatan lebih sedikit dari pada kelompok menengah ke atas.

7 Keistimewaan sosial bervariasi di antara kelompok/individu…. Tergantung pada: Sumber daya ekonomi, pendapatan Jender Letak geografis Pendidikan Etnis Agama

8 Definisi equity Keadilan (justice) berdasarkan hukum alam dan azazi manusia: bebas dari bias dan ‘favoritism’. –Webster’s New Collegiate Dictionary Kondisi/keadaan yang adil, tidak parsial, dan fair. –American Heritage Dictionary

9 Membedakan inequality - inequity Health inequality: Perbedaan, variasi atau disparitas dalam status kesehatan dari individu/kelompok; Health inequity : Inequality yang dianggap tidak fair atau tidak adil ; yang bisa dihindari.

10 Equality vs Equity Equality adalah kesamaan (sameness), dan equity adalah keadilan (fairness). Dalam situasi tertentu, kesamaan (equal) bisa jadi tidak adil (inequitable), atau kesamaan (equal) bisa jadi adil (equitable). Ketidaksamaan bisa jadi adalah cara untuk mencapai keadilan (equitable).

11 Distribusi yang adil (equitable) dari apa? Status kesehatan Akses ke yankes Utilisasi dan kualitas yankes Sumber daya (fasilitas, SDM, pengeluaran, teknologi) Kontribusi keuangan Determinan kesehatan (air dan sanitasi, perumahan, pendidikan, dsb.) Konsekwensi sakit (sosial, finansial)

12 Merokok lebih tinggi pada kelompok berpendidikan rendah di India (Laki-laki, daerah Chennai) Source: Gajalakshmi, CK et al. Patterns of Tobacco Use and Health Consequences, Background Paper for “Curbing the Epidemic: Governments and the Economics of Tobacco Control, World Bank, 1999.

13 Equity horizontal= alokasi sumber daya yang sama untuk kebutuhan yang sama; pasien dengan kemampuan membayar yang sama, memberikan kontribusi yang sama; Equity vertikal: alokasi dari sumber daya berbeda untuk tingkat kebutuhan yang berbeda; orang dengan kemampuan berbeda, membayar tarif pelayanan yang berbeda pula;

14 Operasionalisasi equity Equity dalam akses yankes (akses sesuai dengan kebutuhan...) Equity dalam pembiayaan yankes (membayar sesuai kemampuan...) Equity dalam outcome kesehatan Equity dalam distribusi determinan kesehatan lainnya (pendidikan, partisipasi politik, dan kondisi hidup)

15 Equity dalam outcome kesehatan: 7 determinan disparitas (Whitehead) 1.Variasi biologis, alami 2.Perilaku yang merusak kesehatan sebagai pilihan sendiri (bebas). 3.Kentungan transient dari kelompok yang mengadopsi perilaku yang mempromosikan kesehatan 4.Perilaku yang merusak kesehatan dijadikan lifestyle. 5.Kondisi kerja yang tidak sehat dan penuh stress 6.Akses kepda yankes dasar kurang 7.Kecenderungan orang sakit direndahkan di masyarakat.

16 Kriteria inequity (berdasarkan perbedaan yang mendasari perbedaan) 1.Apakah perbedaan bisa dihindari? (secara teknis, finansial, dan moral) 2.Apakah perbedaan itu karena pilihan bebas (pilihan sendiri)? 3.Apakah ada aktor yang bertanggung jawab (adakah yang disalahkan)?

17

18 Mengukur equity Apa? –Determinan kesehatan (pekerjaan, perumahan, faktor risiko,…) –Status kesehatan, –Akses dan utilisasi –Sumber daya (SDM, infra-structure, peralatan,..) –Keuangan Pada populasi yang mana? Umur, jenis kelamin, etnis, area, pendapatan Apakah adil/fair?

19 “Equity refers to differences that are unnecessary or reducible and are unfair and unjust. The concept of fairness obviously involves a moral judgement and is, therefore, intrinsically difficult. As is the case with health outcomes, similarly the inequities in health determinants are those that should not exist. Every person should, in terms of equity, have the opportunity to access those sanitary and social measures necessary to protect, promote and maintain or recover health.” George Alleyne

20 Terima Kasih


Download ppt "Equity Health Economic Course Series: 3 of 12 www.diankusuma.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google