Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sosialisasi-joyce c.siagian1 SOSIALISASI  PROSES SOSIALISASI  AGEN SOSIALISASI  POLA SOSIALISASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sosialisasi-joyce c.siagian1 SOSIALISASI  PROSES SOSIALISASI  AGEN SOSIALISASI  POLA SOSIALISASI."— Transcript presentasi:

1 sosialisasi-joyce c.siagian1 SOSIALISASI  PROSES SOSIALISASI  AGEN SOSIALISASI  POLA SOSIALISASI

2 sosialisasi-joyce c.siagian2 PROSES SOSIALISASI  Sosialisasi adalah proses dengan mana seseorang menghayati (internalize) norma- norma kelompok di mana ia hidup, sehingga timbullah “diri” yang unik. Akan selalu terjadi dalam suatu kelompok. Seseorang tidak akan dapat mengalami proses sosialisasi jika hidup terisolasi.

3 sosialisasi-joyce c.siagian3 PROSES SOSIALISASI Menurut Smelser (1981:25)  Individu harus memahami apa yang diharapkan oleh masyarakat dari dirinya.  Individu harus mengembangkan kemampuan untuk dapat memenuhi peran yang diharapkan  Individu mengembangkan keinginan untuk berperilaku konform.

4 sosialisasi-joyce c.siagian4 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Looking Glass Self Tidak perlu berkaitan dengan fakta-fakta obyektif. Konsep ‘diri’ yang ditemukan melalui tanggapan orang dari orang lain (Looking Glass Self, Charles H. Cooley)

5 sosialisasi-joyce c.siagian5 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Looking Glass Self Tiga langkah pembentukan:  kita membayangkan bagaimana penampilan kita di hadapan orang lain.  kita membayangkan bagaimana orang lain menilai penampilan kita.  kita mengalami perasaan tertentu atas dasar penilaian dari orang lain yang telah kita prediksi.

6 sosialisasi-joyce c.siagian6 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Role Taking: Berkembang dari masa kanak- kanak. Kegiatan yang penting di kehidupan masa kanak-kanak adalah bermain dan permainan (George Herbert Mead). Pengambilan peran mengacu pada bagaimana kita melihat situasi sosial dari sisi orang lain di mana dari dia kita akan memperoleh respons.

7 sosialisasi-joyce c.siagian7 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Role Taking: The Significant Others The Generalized Other Tiga tahapan: Tahap Prepatory Tahap Play Stage Tahap Game Stage

8 sosialisasi-joyce c.siagian8 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Impression Management Dengan mempengaruhi pendapat orang lain tentang diri kita, maka kita dapat memprediksi dan mengontrol apa yang terjadi pada diri kita. (Erving Goffman).

9 sosialisasi-joyce c.siagian9 PROSES SOSIALISASI KONSEP-Impression Management Dalam mempresentasikan diri kita pada orang lain, maka akan membuat mereka untuk melihat diri kita dalam cara yang menarik (impression management), di mana dalam proses itu kita memakai strategi maupun menyembunyikan sesuatu tentang diri kita sebenarnya.

10 sosialisasi-joyce c.siagian10 PROSES SOSIALISASI Jenis Sosialisasi Sosialisasi Primer Mengacu pada sosialisasi yang pertama kali dialami oleh individu pada masa kanak-kanak ketika ia mulai menjadi anggota suatu masyarakat.

11 sosialisasi-joyce c.siagian11 PROSES SOSIALISASI Jenis Sosialisasi Sosialisasi Sekunder Merupakan proses selanjutnya yang akan memperkenalkan individu yang telah tersosialisasi primer ke dalam dunia lain dari masyarakatnya.

12 sosialisasi-joyce c.siagian12 AGEN SOSIALISASI KELUARGAKELOMPOK SEBAYA (PEER GROUP) SEKOLAHMEDIA MASSA

13 sosialisasi-joyce c.siagian13 AGEN SOSIALISASI KESEPADANAN PESAN Pesan-pesan yang disampaikan oleh agen sosialisasi yang berlainan, tidak selamanya sepadan satu dengan yang lain. Pesan-pesan yang sepadan antar agen diharapkan dapat membuat proses sosialisasi berjalan lancar. Pesan-pesan yang bertentangan dapat menimbulkan konflik pribadi.

14 sosialisasi-joyce c.siagian14 POLA SOSIALISASI Repressive Socialization Socialization Menekankan pada penggunaan hukuman terhadap kesalahan. Materi hukuman dan imbalan. Penekanan pada kepatuhan anak pada orang tua. Komunikasi bersifat satu arah, nonverbal, dan berisi perintah. Fokus pada orang tua dan keinginan orang tua. Peran keluarga sebagai significant other.

15 sosialisasi-joyce c.siagian15 POLA SOSIALISASI Participatory Socialization Merupakan pola yang di dalamnya anak diberi imbalan manakala berperilaku baik. Reward dan punishment bersifat simbolik Anak diberi kebebasan. Penekanan diletakkan pada interaksi. Komunikasi bersifat lisan. Anak menjadi pusat sosialisasi. Keperluan anak dianggap penting. Keluarga menjadi generalized other.


Download ppt "Sosialisasi-joyce c.siagian1 SOSIALISASI  PROSES SOSIALISASI  AGEN SOSIALISASI  POLA SOSIALISASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google