Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FPK Lokasi LPMP/BDK* Waktu Pertemuan 1SulselApril 2010 Pertemuan 2Gorontalo11 s.d 12 Juni 2010 Pertemuan 3SULTRAAgustus 2010 Pertemuan 4MalukuOktober.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FPK Lokasi LPMP/BDK* Waktu Pertemuan 1SulselApril 2010 Pertemuan 2Gorontalo11 s.d 12 Juni 2010 Pertemuan 3SULTRAAgustus 2010 Pertemuan 4MalukuOktober."— Transcript presentasi:

1

2 FPK Lokasi LPMP/BDK* Waktu Pertemuan 1SulselApril 2010 Pertemuan 2Gorontalo11 s.d 12 Juni 2010 Pertemuan 3SULTRAAgustus 2010 Pertemuan 4MalukuOktober 2010 Pertemuan 5SultengNopember 2010 Pertemuan 6SulutDesember 2010 Waktu Pelaksanaan *) Jadwal pertemuan untuk BDK menyesuaikan

3 Penyandang Dana  Dana Pelaksanaan FPK ditanggung oleh masing-masing lembaga anggota klaster.  Biaya kehadiran dan per deem Tim Teknis Bindiklat, Manajer Program, Direktur Program, dan pejabat yang relevan menjadi tanggung jawab Bindiklat atau instansi yang bersangkutan dari pejabat tersebut.  Biaya kehadiran dan per deem CC, NTA/ITA BEP MCPM menjadi tanggung jawab BEP/MCPM sampai akhir BEP program.

4 Rincian Program Secara garis besar Program FPK dapat disarankan mencakup kajian terhadap topik- topik berikut (setiap Klaster dapat merumuskan topik-topik pertemuan sesuai dengan prioritas Klaster).

5 Pertemuan ke 1:  Apakah Visi, Misi, dan Program Organisasi telah merujuk kepada tupoksi dan konsep SPMP ?  Apakah SDM organisasi yang tersedia sudah memadai untuk melaksanakan tupoksi dan konsep SPMP ?  Bagaimana pembinaan dan pengembangan SDM organisasi?  Apakah sarana prasarana organisasi yang tersedia sudah memadai untuk melaksanakan tupoksi?

6 Pertemuan ke 2:  Bagaimana organisasi melakukan penjaminan mutu pendidikan: penyusunan dan validasi instrumen, analisis data yang terkumpul, rumusan rekomendasi, dan laporan) ?  Apakah SIMP (EMIS) dan ketersediaan SDM dalam pelaksanaan SPMP sudah memadai?

7 Pertemuan ke 3:  Bagaimana organisasi merancang program QA/QI sesuai dengan SPMP?  Bagaimana organisasi merancang dan mengelola SIMP (EMIS) sesuai dengan SPMP?, Sesungguhnya agenda put ke 3 seperti idi atas, namum kita harus tetap melanjutkan kegiatan put ke 2 yaitu instrumen EDL. Sesungguhnya sd seharusnya ada laporan hasil uji coba instrumen EDL akan tetapi instrumennya sendiri belum tuntas maka sebaiknya dilanjutkan di CLC ke 3 Kendari Kalau memungkinkan best practises ms bs dilakukan

8 Pertemuan ke 4:  Bagaimana organisasi melaksanakan program QA/QI sesuai dengan SPMP?  Bagimana organisasi melaksanakan dukungan terhadap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Propinsi, Kantor dan Wilayah Depag dalam melakukan penjaminan dan peningkatan mutu (QA/QI) termasuk Pengembangan Kapasitas (CB) dalam pelaksanaan SPMP?

9 Pertemuan ke 5:  Bagaimana organisasi melaksanakan dukungan dalam QA/QI pada tingkat satuan pendidikan termasuk pengembangan kapasitas (CB) atas permintaan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Propinsi?

10 Pertemuan ke 6:  Pertemuan ke 6:  Bagaimana organisasi melaksanakan program kemitraan dengan stakeholders di tingkat Kabupaten/Kota dan Propinsi dalam pelaksanaan SPMP?

11 Proses Pelaksanaan Di awal forum dilakukan pertemuan bersama (pleno) untuk menyepakati dalam hal:  rincian topik yang akan dibahas.  target pencapaian (ouput) dari rincian topik yang dibahas.  alokasi waktu dan penanggung jawab (person in charge) untuk setiap sesi.

12 Proses Pelaksanaan Tahap pembahasan terdiri dari:  Sesi pertama, masing-masing LPMP mempresentasikan best practices.  Sesi kedua, peserta dikelompokkan berdasarkan tupoksinya: Kepala, Kabag, Kasi, staf, WI, dan fungsional lainnya dari seluruh LPMP/BDK.  Sesi ketiga peserta dikelompokan berdasarkan lembaganya, misalnya LPMP Papua, LPMP Bali, dst.

13 Proses Pelaksanaan Proses pengelompokan peserta perlu mempertimbangkan kesesuaian dengan tupoksi unit kerja untuk membahas isu mutu pendidikan yang relevan: misalnya Kepala, Kabid, Kasi, perwakilan QA dan perwakilan WI serta fungsional lainnya.  Di akhir dilakukan forum dilakukan pertemuan bersama lagi untuk melakukan presentasi hasil kerja kelompok, menerima masukan, dan melakukan revisi hasil akhir sesuai masukan dan kesepakatan yang dicapai dalam forum.

14 Laporan dan Tindak Lanjut Isi laporan mencakup beberapa hal berikut yang esensial:  topik pertemuan, proses pelaksanaan, paparan hasil yang dicapai, deskripsi hambatan dan solusi yang terjadi (bila ada), dan topik bahasan di FPK berikutnya.  kesimpulan dan saran.  lampiran laporan berisi data/dokumen/bukti – bukti fisik, misalnya rencana aksi, program, instrumen, dst.

15 Tindak lanjut:  hasil-hasilnya harus dimuat dalam mailing list/website klaster sebagai laporan.  Laporan soft copy (di ) dan hard copy dikirim ke Koordinator Program dan Koordinator Klaster serta ke MCPM.

16 Daftar Cek (Ceck List) No.AspekYa 1Program (Topik dan tujuan) FPK secara rinci sudah disepakati anggota klaster 2Program disetujui Koordinator Program 3Tanggal pelaksanaan FPK sudah disepakati oleh anggota klaster 4 Undangan Kepala Klaster ke Koordnator Program dan Direktur Bindiklat 1 minggu sebelum hari pelaksanaan 5Undangan ke peserta FPK dan CC setempat sudah terkirim 3 hari sebelum hari pelaksanaan 6Undangan ke Tim Teknis Bindiklat sudah terkirim 1 minggu sebelum hari pelaksanaan 7Undangan ke MCPM sudah terkirim 1 minngu sebelum hari pelaksanaan 8Tempat pelaksanaan sudah disepakati oleh anggota klaster 9Susunan/skenario acara sudah disepakati oleh anggota klaster 10Aturan penyelenggaraan (ground rules) FPK telah tersedia 11Dana penyelenggaraan sudah disetujui oleh anggota klaster 12Dana penyelenggaraan sudah terkumpul/tersedia 13Narasumber (bila diperlukan) sudah disepakati oleh anggota klaster 14Narasumber (bila terjadwal) bersedia hadir sesuai jadwal 15Fasilitas yang diperlukan di tempat FKP (missal LCD, Clip chart) sudah tersedia 16Sarana transport peserta ke tempat FKP tersedia dengan memadai 17Buku Panduan telah dibuat dengan baik dan benar 18Seminar kit yang diperlukan telah tersedia 19Materi pokok FPK telah tersedia dalam bentuk yang diharapkan (missal CD, slide, dst.) 20Referensi pendukung yang diperlukan (missal, UU, PP, Permen dst.) telah tersedia 21Orang yang bertanggung jawab setiap acara (person I charge) telah bersedia 22Format evaluasi penyelenggaraan FKP telah tersedia 23Tim perumus untuk setiap topic bahasan telah ditentukan dan bersedia 24Tim penyusun laporan telah terbentuk dan bersedia 25Orang yang bertanggung jawab meng upload hasil FPK ke mailing list/website telah ada 26Orang/seksi dokumentasi telah ada dan bersedia

17 SEKIAN DAN TEERIMA KASIH


Download ppt "FPK Lokasi LPMP/BDK* Waktu Pertemuan 1SulselApril 2010 Pertemuan 2Gorontalo11 s.d 12 Juni 2010 Pertemuan 3SULTRAAgustus 2010 Pertemuan 4MalukuOktober."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google