Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AL ILMU. MUQODDIMAH Islam mencela dan melarang mengikuti suatu perkara tanpa dilandasi ilmu pengetahuan tentang nya (Qs 17/36) وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AL ILMU. MUQODDIMAH Islam mencela dan melarang mengikuti suatu perkara tanpa dilandasi ilmu pengetahuan tentang nya (Qs 17/36) وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ"— Transcript presentasi:

1 AL ILMU

2 MUQODDIMAH Islam mencela dan melarang mengikuti suatu perkara tanpa dilandasi ilmu pengetahuan tentang nya (Qs 17/36) وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا [١٧:٣٦]

3 PENGERTIAN ILMU Secara bahasaSecara bahasa Mengetahui, memahami, mempelajari Secara istilahSecara istilah Ilmu itu adalah penjelasan terhadap sesuatu hal yang tidak di ketahuinya sehingga dapat dimengerti / dipahaminya. Ilmu itu adalah kitab Allah (Al-Qur’an).

4 KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU Q.S. 96/1&3 : perintah untuk membaca.Q.S. 96/1&3 : perintah untuk membaca. Q.S. 47/19 : perintah untuk mengetahui bahwa tiada Ilah kecuali Allah.Q.S. 47/19 : perintah untuk mengetahui bahwa tiada Ilah kecuali Allah. Q.S. 2/31 : Nabi Adam di bekali ilmu pengetahuanQ.S. 2/31 : Nabi Adam di bekali ilmu pengetahuan Hadist Nabi yang di riwayatkan oleh Bukhori-Muslim.Hadist Nabi yang di riwayatkan oleh Bukhori-Muslim. طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ Menuntut ilmu (belajar) adalah kewajiban bagi setiap orang islam.

5 FUNGSI ILMU Q.S.22/54 : Sebagai landasan Iman.Q.S.22/54 : Sebagai landasan Iman. Keimanan harus berdasarkan ilmu dan tidak boleh berprasangka / menduga-duga.10/36 Q.S.17/36 : Sebagai landasan AmalQ.S.17/36 : Sebagai landasan Amal " مَنْ عَمِلَ بِمَا عَلِمَ عَلَّمَهُ اللهُ مَا لَمْ يَعْلَمْ." ”Barang siapa yang beramal berdasarkan ilmu pengetahuan niscaya Allah Akan mengajarkan sesuatu yang belum di ketahuinya.”

6 KEDUDUKAN ORANG YANG BERILMU Q.S.58/11 : di tinggikan derajatnyaQ.S.58/11 : di tinggikan derajatnya Q.S.39/9 : mempunyai perbedaan dengan orang lainQ.S.39/9 : mempunyai perbedaan dengan orang lain

7 KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU Q.S.3/7 : dapat mengambil pelajaran dari Al-Qur’an Q.S.13/36 : di beri kemudahan memahami Allah Q.S.35/19 : dapat memahami perumpamaan Q.S.35/28 : menumbuhkan rasa takut (khouf) kepada Allah Berada di jalan Allah sampai ia kembali. " مَنْ خَرَجَ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ." “Barang siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka ia berada dijalan Allah sampai ia kembali pulang.”(H.R. At- Tirmidzi, Kitab Ilmi, no.2572) Di mudahkan jalan masuk Surga. " مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إلَى الْجَنَّةَ." Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. (H.R. Muslim, Kitab Dzikir, no.4867).

8 Wallahu a’lam bishshowab Wasalamu ‘alaikum wr.wb


Download ppt "AL ILMU. MUQODDIMAH Islam mencela dan melarang mengikuti suatu perkara tanpa dilandasi ilmu pengetahuan tentang nya (Qs 17/36) وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google