Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Toleransi linear dan toleransi sudut 1.Suaian a. Jenis-jenis suaian: - suaian longgar - suaian pas - suaian paksa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Toleransi linear dan toleransi sudut 1.Suaian a. Jenis-jenis suaian: - suaian longgar - suaian pas - suaian paksa."— Transcript presentasi:

1 Toleransi linear dan toleransi sudut 1.Suaian a. Jenis-jenis suaian: - suaian longgar - suaian pas - suaian paksa

2 b. Sistem satuan lubang dan sistem satuan poros. Pada sistem satuan lubang, penyimpangan bawah dari lubang diambil sama dengan nol, sedangkan pada sistem satuan poros penyimpangan atas diambil sama dengan nol. Lubang atau poros semacam ini disebut lubang dasar atau poros dasar. pada sistem lubang dasar, poros dengan berbagai penyimpangan disesuaikan pada lubang dasar, dan pada sistem poros dasar sebaliknya.

3 c. Lambang untuk toleransi, penyimpangan dan suaian Kedudukan daerah toleransi terhadap garis nol, yang merupakan suatu fungsi dari ukuran dasar, dinyatakan oleh sebuah lambang huruf, yaitu huruf besar untuk lubang dan huruf kecil untuk poros. Lambang H mewakili lubang dasar dan lambang h mewakili poros dasar. Gabungan antara lambang-lambang untuk lubang dan poros menentukan jenis suaian. contoh: 1. Lubang H poros g  suaian longgar dalam sistem lubang dasar. 2. Lubang H poros m  suaian pas dalam sistem lubang dasar. 3. Lubang R poros h  suaian paksa dalam sistem poros dasar.

4

5 contoh: 45g7  diameter poros 45mm, suaian longgar dalam sistem lubang dasar dengan nilai toleransi IT 7 45H8/g7 atau 45H8-g7

6

7

8

9

10

11

12

13 2. Penulisan toleransi linear dan sudut a. Penulisan ukuran linear dari sebuah komponen. - Toleransi suaian dengan lambang ISO - toleransi dengan angka

14 - Toleransi simetris - Ukuran-ukuran batas

15 - ukuran-ukuran batas dalam satu arah b. Urutan penulisan penyimpangan

16 c. Toleransi pada gambar susunan - Toleransi dengan lambang ISO - toleransi dengan angka

17 d. Toleransi ukuran sudut 3. Memberi ukuran dan toleransi kerucut a. Ketirusan dan pendakian

18

19 b. Memberi ukuran kerucut

20 c. Toleransi kerucut


Download ppt "Toleransi linear dan toleransi sudut 1.Suaian a. Jenis-jenis suaian: - suaian longgar - suaian pas - suaian paksa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google