Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KANKER LEHER RAHIM Banyak pada wanita. Jika sudah dinyatakan positif biasanya berakhir pada kematian. Pada stadium dini biasanya tidak menunjukkan gejala.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KANKER LEHER RAHIM Banyak pada wanita. Jika sudah dinyatakan positif biasanya berakhir pada kematian. Pada stadium dini biasanya tidak menunjukkan gejala."— Transcript presentasi:

1 KANKER LEHER RAHIM Banyak pada wanita. Jika sudah dinyatakan positif biasanya berakhir pada kematian. Pada stadium dini biasanya tidak menunjukkan gejala.

2 PENYEBAB KANKER LEHER RAHIM 1.FAKTOR RESIKO MAYOR Infeksi human papilloma virus (HPV) 2.FAKTOR RESIKO MINOR a.Perilaku seks yang tidak sehat b.Umur c.Paritas d.Merokok e.Status sosial ekonomi f.Pemakaian Pil KB yang lama g.Daya tahan tubuh menurun (HIV)

3 GEJALA 1.Perdarahan ringan secara spontan maupun setelah hubungan seksual. 2.Keputihan, berbau, dan berwarna kemerahan. 3.Rasa nyeri pada organ sekitar panggul.

4 DIAGNOSA 1.Polyerase Chains Reactions (PCR) 2.Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) 3.Pap Smear 4.Kolposkopi

5 PENCEGAHAN 1.Pengendalian gaya hidup dan perilaku seksual. 2.Pola makan dan gizi seimbang. 3.Olah raga yang teratur. 4.Menjaga kebersihan diri. 5.Pap Smear secara berkala.

6 Terapi ( Pengobatan ) 1.Operatif 2.Kemoterapi 3.Radiasi


Download ppt "KANKER LEHER RAHIM Banyak pada wanita. Jika sudah dinyatakan positif biasanya berakhir pada kematian. Pada stadium dini biasanya tidak menunjukkan gejala."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google