Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MACAM-MACAM PENYAKIT SEKSUAL ( PENYAKIT KELAMIN )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MACAM-MACAM PENYAKIT SEKSUAL ( PENYAKIT KELAMIN )"— Transcript presentasi:

1

2 MACAM-MACAM PENYAKIT SEKSUAL ( PENYAKIT KELAMIN )

3 PETA KONSEP Penyakit Kelamin AIDS GonoreSifilis Herpes Candidiasis

4 Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV

5 Pada awalnya,orang yang terinfeksi HIV tampak seperti orang yang sehat dan tidak memperlihatkan gejala-gejala tertentu. Fase ini dapat terjadi selama 5-7 tahun, tergantung dari kekebalan tubuh si penderita.

6 hilangnya selera makan tubuh terasa lemas Berkeringat pada malam hari

7 TBC pneumonia herpes

8 AIDS dapat juga di cegah dengan cara sebagai berikut:  Hindari seks bebas dengan orang yang menderita penyakit ini.  Menghindari hubungan seks dengan orang yang pencandu narkoba.  Mengadakan pemeriksaan laboratorium terhadap orang yang akan mendonorkan darahnya.  Menjamin sterilitas alat suntik dan penggunaannya untuk sekali pakai.

9 Gonore atau kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini.

10 gonore tidak menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan. Gejala gonore yang sering muncul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya adalah saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing nanah’.

11 Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya. Pengobatan gonore

12 sipilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum.

13 sipilis dapat diobati secara efektif dengan antibiotik, khususnya dengan suntikan penisilin G (yang disuntikkan untuk neurosipilis), ataupun ceftriakson, dan bagi pasien yang memiliki alergi berat terhadap penisilin, doksisiklin atau azitromisin dapat diberikan secara oral atau diminum.

14 Gejala herpes genital yang pertama kali muncul adalah luka melepuh yang kemerahan dan terasa sakit di sekitar daerah genital. Luka ini bisa pecah dan menjadi luka terbuka.

15 Herpes terkadang tidak menimbulkan gejala tertentu, tapi orang yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus itu. Karena gejalanya yang cukup ringan, sekitar 80 persen orang yang terinfeksi tidak menyadari bahwa mereka telah menderita herpes.

16 Pengobatan Herpes Genital Tidak ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi HSV. Obat-obatan antivirus yang digunakan hanya dapat mengendalikan gejala yang muncul akibat infeksi virus ini.

17 Candidiasis Mulut (Oral Trush) Gejala umum candidiasis mulut meliputi bintil-bintik berwarna putih di dalam mulut dan lidah, kulit di sudut mulut pecah- pecah, dan kemerahan pada rongga mulut. Sakit tenggorokan dan sulit menelan juga mungkin dialami oleh penderita.

18 Candidiasis mulut dapat diobati dengan antijamur berbentuk obat kumur atau gel. Lama pengobatan yang dibutuhkan umumnya berkisar antara satu hingga dua minggu. Dokter mungkin akan memberikan obat anti-jamur dalam bentuk tablet atau kapsul.

19 Infeksi Candidiasis di sekitar kelamin dapat diobati dengan anti-jamur berbentuk krim, supositoria, serta tablet.

20 Ruam popok akibat candidiasis dapat diberikan antijamur dalam bentuk krim, salep, serta bedak.

21 beberapa cara untuk mempercepat kesembuhan infeksi candidiasis mulut, antara lain: Menjaga kebersihan, misalnya rajin menggosok gigi, merawat gigi secara teratur ke dokter, serta membersihkan sela gigi dengan dental floss atau benang gigi secara teratur. Berhenti merokok.

22 Adapun untuk mempercepat kesembuhan infeksi Candidiasis di sekitar kelamin, dapat melakukan hal-hal berikut: Kenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Jangan mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi pada organ intim. Pastikan organ intim senantiasa kering, khususnya setelah dibersihkan atau sehabis mandi.

23 Terima kasih atas perhatiannya Kurang lebihnya mohon maaf


Download ppt "MACAM-MACAM PENYAKIT SEKSUAL ( PENYAKIT KELAMIN )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google