Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANYAMAN. Pengertian anyaman adalah tehnik dasar dalam pembuatan tenun atau kain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANYAMAN. Pengertian anyaman adalah tehnik dasar dalam pembuatan tenun atau kain."— Transcript presentasi:

1 ANYAMAN

2 Pengertian anyaman adalah tehnik dasar dalam pembuatan tenun atau kain.

3 Bahan dan alat yang dipergunakan Alat : -pencil -penggaris -

4 Materi Bahan Pelajaran untuk klas VIII Semester II ANYAMAN Anyaman adalah Tehnik dasar dalam pembuatan kain. Bahan dan Alat yang dipergunakan. Alat : 1.Pensil 2.Penggaris 3.Gunting atau pisau cutter. 4.lem.dsb.

5  Bahan :.Kertas,Pandan.mendong.Bambu,Rotan,Pelepah pisang Janur,Plastik,Pita,Enceng gondok.kain dsb.  Yang akan kami bahas disini al.Bambu dan pandan.  Bambu  Bambu adalah Sebangsa tumbuh-tumbuhan yang tergolong graminea/suku rumput-rumputan  Yang tumbuh berumpun dan terdapat diseluruh dataran tanah air.  Bentuk batangnya : beruas-ruas didalam tiap ruas terdapat ruang udara hampa.  Bentuk Seratnya :Seratnya lurus memanjang membentuk batang pada ruas-ruas tersebut.  Bambu di Indonesia mempunyai rumpun dan suku jenis yang sangat besar.Kesemuanya dapat dipergunakanberbagai keperluan sehar-hari.  Misal, untuk bangunan rumah, jembatan, pagar, dekorasi rumah, untuk kerajinan anyaman, atau kerajinan tangan ukir-ukiran dsb.

6  Macam-macam Bambu dan Sifatnya. Menurut tempat tumbuhnya bambu itu banyak sekali macamnya.  Negara Asia yang banyak menghasilkan bambu adalah:  -Tiongkok,Jepang,Indonesia,India,Taiwan,Filipina.  Umumnya di daerah yang beriklim panas,banyak menghasilkan bambu jenis besar dan sebaliknya  didaerah yang beriklim dingin banyak terdapat jenis bambu kecil.  didaerah yang mempunyai 4 musim bambu itu berebung pada waktu musim Semi,dan istirahat pada musim rontok. Diwaktu musim rontok inilah waktu yang terbaik menebang bambu 

7  Bambu pada umumnya dapat dibagi dua menurut fungsinya antara lain:  Bambu yang baik untuk dilihat saja, yaitu bambu yang ditanam dipekarangan rumah saja,hanya sebagai hiasan saja.bambu jenis ini tidak baik untuk dibuat benda kerajinan.  Bambu yang baik untuk dibuat benda kerajinan,Misalnya bambu hitam (bamboo bulung),bambu tali/apus,bambu ori.dsb.

8  Macam-macam Bambu.  1. Bambu Tali/apus : banyak tumbuh di tanah jawa (Nusantara ) dan banyak dipergunakan  Untuk macam-macam keperluan.misal : tali rusuk,pagar halaman,diding rumah,perabot rumah tangga,perabot dapur dan perkakas lainnya.  Bambu tali kalau masih basah warnanya hijau tua kekuning- kuningan,kalau sudah kering kunung muda warnanya.  2 Bambu bulung/hitam.  Rupanya tidak seperti bambu tali,tetapi hitam warnanya,sifat dan wataknya bambu  Bulung kurang kuat dibandingkan dengan bambu tali, keadaannya lebih besar sedikit.  Banyak dipergunakan untuk pagar halaman,dan perabot rumah tangga misalnya,meja  Kursi, almari,dll.  Tetapi sekarang banyak digunakan barang seni,dan ukir-ukiran,, dan pigura foto dsb.

9  3. Bambu Petung.  Pohon lebih besar dan lebih panjang.bambu petung baik ditanam di tempat yang dingin serta tiras tanahnya,bambunya tebal dank eras.  Gunanya untuk tiang rumah,balai-balai,tiang bendera,dan jembatan.bambu ini sebelum dipergunakan dijemur atau direndam dahulu supaya kekuatannya lebih tahan lama.  4. Dalam kemajuan tehnik baru,bambu petung banyak dipergunakan untuk kisi-kisi payung,keranjang,dan alat rumah tangga lainnya.dan dapat dibuat kentongan,atau celengan dengan bentuk yang antic/indah.sedang untuk akarnya dapat dipergunakan berbagai benda kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

10  Bambu Ampel.  Pohonnya hampir sama dengan bambu bulung,warna pohonnya hijau tua pada waktu masih basah. Jika sudah kering hijau kekuning- kuningan.  Jinis bambu ini tidak dapat dibuat barang kerajinan anyaman atau perkakas dapur,tetapi hanya untuk tiang,pagar jembatan dll.

11  5 Bambu Ori  Bambu ini banyak tumbuh di tepi-tepi sungai atau pekarangan,kalau dijawa Timur.  Bambu Ini banyak dipergunakan untuk membuat barang-barang perkakas dapur.selain itu juga untuk bangunan –bangunan rumah misalnya :rusuk,tiang.  Rumpun bambu ini banyak dan cabang-cabang nya berduri.

12  6. Bambu gading/kuning  Bambu ini warnnya kuning bentuk bambunya seperti bambu tali.  Banyak ditanam dipekarangan rumah tetapi tidak dapat dibuat kerajinan anyaman.  7. Bambu cacing  Bambu ini bentuknya seperti cacing maka dinamakan bambu cacing.Banyak tumbuh  Dipekarangan,biasanya untuk pagar halaman atau untuk hiasan rumah.

13  *Menebang Bambu.  Apabila kita akan menebang bambu untuk dibuat barang ataupun untuk kerperluan bangunan  Janganlah hanya kita asal menebang saja,tetapi kita harus mencari waktu yang baik.yaitu pada  Musim kemarau,2 atau 3 bulan sehabis musim bunga.  Maksudnya ialah supaya bambu tidak lagi mengandung bubuk,karena pada pori bambu tidak lagi berisi getah Reduis,yang disukai binatang tersebut.

14  Menebang bambu harushati-hati agar kulitnya /batangnya jangan sampai retak/pecah,maka mene  Bang bambu dapat memakai / menggunakan alat parang/kapak ataupun gergaji  Batang bambu dipotang kurang lebih 40 em dari atas tanah,untuk menjaga tunas muda /rebung  Bambu itu tidak rusak.  Maka pemotongan bambu sebaiknya dilakukan kurang lebih 2 kali setahun.

15  Pemotongan /penebangan yang dilakukan diluar waktu ang ditentukan diatas dapat meru-  sak pertumbuhan tunas muda tsb.  Waktu penebangan bambu yang baik pada akhir musim hujan dan pada musim kemarau.  Pada awal musim hujan bambu mulai ditumbui rebung/tunas muda.Bambu dipotong mulai umur  1 thn. Agar batangnya tidak berkerut atau kisut. Bagi bambu tali/apus kebanyakan dipotong pada umur 2/3 bulan,ini untuk dibuat tali atau anyaman ringan.

16 Mengeluarkan Getah atau Minyak Bambu. Pohon bambu mengandung getah yang disebut juga minyak bambu. Langkah pertama dalam pengolahan bambu harus diusahakan mengeluarkan getah bambu.atau Di sebut Proses pengawetan.

17  Tujuannya adalah :  1.Agar barang yang dihasilkan dapat tahan lama dan tidak mudah dimakan serangga.  2.Bila sudah dikeluarkan getahnya bambu mudah dianyam dan mempunyai daya kekuatan  Yang tinggi dan tidak mudah patah.  Dengan demikian dapat dibentuk untuk membuat barang anyaman sesuai dengan apa yang di  Kehendaki.  Ada 3 cara pengawetan/pengeluaran getah bambu yaitu:  a.Diremdam dalam air yang mengalir.  b.Diperanginkan ditempat yang teduh.  c.Direbus dalam air yang mendidih.

18 Keterangan: a.Diremdam dalam air yang mengalir. Setelah bambu ditebang,bambu tersebut diremdam.batangnya diletakkan terbalik,berlawanan Dengan aliran air.Biasanya dikerjakan disungai- sungai dan bambu diikat satu sama lain agar Jangan sampai hanyut.

19 . Biasanya ini dilakukan di desa-desa atau didataran rendah. Perendaman ini memerlukan waktu selama kurang lebih 1 minggu.semakin lama perendaman Semakin baik,pengawetanya semakin sempurna.

20 b. Diperanginkan ditempat yang teduh. Pengambilan minyak /getah bambu dengan cara sederhana dan tidak memerlukan biaya,waktu Pengawetan dengan cara ini sangat lama,memerlukan waktu kurang lebih 1 ½ bulan,baru getah Bambu dapat habis.


Download ppt "ANYAMAN. Pengertian anyaman adalah tehnik dasar dalam pembuatan tenun atau kain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google