Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cybercommunity - joice c.siagian 1 CYBER COMMUNITY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cybercommunity - joice c.siagian 1 CYBER COMMUNITY."— Transcript presentasi:

1 cybercommunity - joice c.siagian 1 CYBER COMMUNITY

2 cybercommunity - joice c.siagian 2 CYBER COMMUNITY  Community: masyarakat, adalah kelompok–kelompok orang yang menempati sebuah wilayah (teritorial) tertentu, yang hidup secara relatif lama, saling berkomunikasi, memiliki simbol- simbol dan aturan tertentu serta sistem hukum yang mengontrol tindakan anggota masyarakat, memiliki sistem stratifikasi, sadar sebagai bagian dari anggota masyarakat tersebut, serta relatif dapat menghidupi dirinya sendiri.

3 cybercommunity - joice c.siagian 3 CYBER COMMUNITY  Perkembangan teknologi informasi, mengubah bentuk masyarakat manusia, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global.  Perkembangan informasi, transportasi, dan teknologi, mempengaruhi peradaban manusia.  Big Village, sebuah desa besar, di mana masyarakatnya saling kenal dan saling menyapa satu dengan lainnya.

4 cybercommunity - joice c.siagian 4 CYBER COMMUNITY  Masyarakat global, merupakan sebuah kehidupan yang memungkinkan komunitas manusia menghasilkan budaya- budaya bersama, produk-produk industri bersama, menciptakan pasar bersama, melakukan pertahanan militer bersama, menciptakan mata uang bersama, dan bahkan menciptakan peperangan dalam skala global di semua lini.

5 cybercommunity - joice c.siagian 5 CYBER COMMUNITY  Perkembangan teknologi informasi, secara materi juga mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat, sehingga tanpa disadari, komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan, yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya (cyber community).

6 cybercommunity - joice c.siagian 6 CYBER COMMUNITY  Masyarakat Nyata, adalah sebuah kehidupan masyarakat yang secara inderawi dapat dirasakan sebagai sebuah kehidupan nyata, di mana hubungan- hubungan sosial sesama anggota masyarakat dibangun melalui penginderaan.  Secara nyata kehidupan masyarakat manusia dapat disaksikan sebagaimana apa adanya.

7 cybercommunity - joice c.siagian 7 CYBER COMMUNITY  Masyarakat Maya, adalah sebuah kehidupan masyarakat manusia yang tidak dapat secara langsung diindera melalui penginderaan manusia, namun dapat dirasakan dan disaksikan sebagai sebuah realitas.  Merupakan sisi lain dari kehidupan materi manusia di bumi dan alam jagat raya.

8 cybercommunity - joice c.siagian 8 CYBER COMMUNITY  PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL  Membangun dirinya dengan sepenuhnya mengandalkan interkasi sosial dan proses sosial dalam kehidupan kelompok (jaringan) intra dan antarsesama anggota masyarakat maya.  Berkembang menggunakan sistem sarang laba-laba, sehingga membentuk jaringan masyarakat yang besar.

9 cybercommunity - joice c.siagian 9 CYBER COMMUNITY  PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL  Ada yang bersifat sementara, ada juga yang bersifat menetap dalam waktu yang relatif lama atau menetap untuk selama- lamanya.  Sifat ini ditentukan oleh kepentingan mereka dalam dunia maya.  Interaksi sosial sementara, terjadi pada anggota yang browsing dan chatting, atau search, kemudian meninggalkannya.

10 cybercommunity - joice c.siagian 10 CYBER COMMUNITY  PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL  Interaksi sosial yang berlangsung cukup lama, dilakukan netter yang setiap saat berada dalam masyarakat maya.  Mereka bergaul, menyapa, bercinta, berbisnis, balajar, dan bahkan mencuri dsb, dalam masyarakat maya, namun tidak menetap di sana, karena tidak memiliki rumah.  Menetap dengan alamat dengan status penyewa atau pemilik.  Memiliki , website, atau provider, untuk berinteraksi.

11 cybercommunity - joice c.siagian 11 CYBER COMMUNITY  PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL  Dari cara berinterkasi, lahir dua proses interaksi sosial.  Proses sosial disosiatif.  Proses sosial asosiatif.

12 cybercommunity - joice c.siagian 12 CYBER COMMUNITY  KELOMPOK SOSIAL  Umumnya dibangun berdasarkan hubungan-hubungan sekunder, berdasarkan kegemaran dan kebutuhan anggota masyarakat terhadap kelompok tersebut.  Pada dasarnya, ada dua model keanggotaan:  Kelompok intra.  Kelompok inter.

13 cybercommunity - joice c.siagian 13 CYBER COMMUNITY  KELOMPOK SOSIAL  Kelompok terbesar, adalah kelompok website (tuan rumah), dengan dua status keanggotaan:  Free (bebas biaya): seperti keanggotaan , cahtting, dan beberapa website tertentu.  Members pada provider atau website tertentu.  Selain itu, ada juga sifat crowd, berkerumun dalam jaringan tertentu.

14 cybercommunity - joice c.siagian 14 CYBER COMMUNITY  KEBUDAYAAN  Kebudayaan yang dikembangkan adalah budaya-budaya pencitraan dan makna yang setiap saat dipertukarkan dalam ruang interaksi simbolis.  Budaya ini sangat subjektif, bahkan intersubjektif, yang sangat didominasi oleh kreator dan imajinater.

15 cybercommunity - joice c.siagian 15 CYBER COMMUNITY  KEBUDAYAAN  Ada tiga hal terpisah yang dilakukan para imajenater:  Kelompok yang senantiasa bekerja untuk menciptakan mesin-mesin teknologi informasi yang lebih canggih dan realistis.  Kelompok yang setiap saat menggunakan mesin-mesin itu untuk menciptakan karya- karya imajinasi yang menakjubkan dalam dunia hiper-realitas.  Masyarakat pada umumnya yang setiap hari menggunakan mesin-mesin dan karya-karya imajinasi itu sebagai bagian dari kehidupannya.

16 cybercommunity - joice c.siagian 16 CYBER COMMUNITY  KEBUDAYAAN  Culture Universal yang dimiliki:  Peralatan dan perlengkapan hidup adalah teknologi informasi.  Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi, menonjol dan spesifik dalam bentuk menjual jasa.  Sistem kemasyarakatan yang dikembangkan alah dalm bentuk sistem kelompok jaringan.  Bahasa pada umumnya bahasa Inggris.  Karya komunitas maya adalah bagian dari karya seni pada umumnya.  Sistem pengetahuan yang dikembangkan menggunakan proses pemberitahuan dan pembelajaran langsung, secara trial and error.  Sistem religi (kepercayaan) adalah waktu dn keyakinan bahwa setiap misteri dalam dunia maya dapat dipecahkan.

17 cybercommunity - joice c.siagian 17 CYBER COMMUNITY  PRANATA DAN KONTROL SOSIAL  Sistem pranata dan kontrol sosial dibangun bersama sebagai sistem proteksi diri.  Beberapa yang lazim, dikenal seperti: login, password, atau PIN yang disediakan untuk masuk ke dalam website tertentu.

18 cybercommunity - joice c.siagian 18 CYBER COMMUNITY  STRATIFIKASI SOSIAL, KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN  Stratifikasi sosial berdasarkan pada besaran jaringan yang dimiliki. Beberapa yang lazim sperti:.com.,.net.,.or.,.gov.,.go.,.id., dsb.  Kekuasaan tertinggi dipegang oleh kelompok, seperti: dan www.  Kepemimpinan dibangun berdasarkan kekuasaan dan kepemilikan terhadap jaringan tertentu.

19 cybercommunity - joice c.siagian 19 CYBER COMMUNITY  PERUBAHAN SOSIAL  Perubahan dalam masyarakat maya deknal dengan dua konsep:  Perubahan fisikal, yang adal dalam mesin- mesin komputer (upgrade).  Perubahan sosial, yang merupakan refleksi dan realitas masyarakat nyata, termasuk berbagai masalah sosial, seperti pelanggaran norma susila, penyebaran virus, sampai kriminalitas dan peperangan (cyber-crime).

20 cybercommunity - joice c.siagian 20 CYBER COMMUNITY  APLIKASI CYBER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT  Varian “e” dalam berbagai kehidupan masyarakat.  Cyberlaw sebagai konsekuensi cyber-crime.  Cyber dalam DKV?


Download ppt "Cybercommunity - joice c.siagian 1 CYBER COMMUNITY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google