Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Banyak perubahan yang terjadi sejak bayi dilahirkan sampai maturitas (maturity). Salah satu yang mencolok adalah pertumbuhan ukuran tubuh. Pertambahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Banyak perubahan yang terjadi sejak bayi dilahirkan sampai maturitas (maturity). Salah satu yang mencolok adalah pertumbuhan ukuran tubuh. Pertambahan."— Transcript presentasi:

1

2 Banyak perubahan yang terjadi sejak bayi dilahirkan sampai maturitas (maturity). Salah satu yang mencolok adalah pertumbuhan ukuran tubuh. Pertambahan Berat Badan dan Tinggi Badan pada umur 2 – 10 tahun kecepatannya menurun kg/th dan 5 – 6 cm /th Pada usia berikutnya terjadi percepatan pertumbuhan ( ‘Growth spurt’) yang rata-rata dimulai pada umur th pada perempuan sedang laki-laki tahun

3 ‘Growth spurt’ berlangsung selama 2 - 2,5 tahun. Perempuan akan bertambah TB ± 16 cm dan BB 16 kg Laki-laki bertambah TB ± 20 cm dan BB 20 kg Pada anak perempuan haid pertama ( menarche) keluar umumnya setelah puncak pertambahan TB ( ‘onset of mensturation’) Pada laki-laki mulai tumbuh jakun, kumis dan bulu, mimpi ‘Growth spurt’ ‘Growth spurt’ pada anak perempuan lebih dulu dari pada laki-laki tetapi pertambahannya lebih besar pada laki-laki.

4 Di Indonesia, pertumbuhan anak sekolah dipantau dengan KMS anak tingkat sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk laki-laki dan perempuan Angka Kecukupan Gizi ratarata yang dianjurkan /orang/hari lihat dalam WKPG 2004 Bila diterjemahkan dalam bahan makanan dan jumlah porsi adalah sbb

5 No. Kel.Bahan Makanan/ penukar Anak usia 7- 9 th, 1900 Kal / (p) Anak usia th lk2, 2000 Kal/ (p) Anak usia th pr 1800 Kal/ (p) 1Nasi454 2Sayuran333 3Buah344 4Tempe333 5Daging22½2 6Susu111 7Minyak555 8Gula222 Catatan bgAnak peremp yg sdh haid Minum pil tambah darah 1 tablet/hr saat haid

6 MASALAH 1.KEP, TB

7 PENANGGULANGAN 1.Pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT AS) di prioritaskan di daerah IDT, pemberian snack 3-4 x /minggu selama 6 bl, 300 Kal, 5 g protein 2.Pemberian obat cacing sc berkala 3.Penyuluhan, UKS dan dokter kecil 4.Pemantauan BB dan TB sc berkala 5.Kantin sekolah yang sehat 6.Makan siang di sekolah ( school Lunch)


Download ppt "Banyak perubahan yang terjadi sejak bayi dilahirkan sampai maturitas (maturity). Salah satu yang mencolok adalah pertumbuhan ukuran tubuh. Pertambahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google