Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ahmad Syakirin Asmui.  Secara bahasa nikah dari نكح – ينكح – نكاح Artinya: الضم و التداخل (menindih dan saling memasukkan) - Sedangkan secara definisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ahmad Syakirin Asmui.  Secara bahasa nikah dari نكح – ينكح – نكاح Artinya: الضم و التداخل (menindih dan saling memasukkan) - Sedangkan secara definisi."— Transcript presentasi:

1 Ahmad Syakirin Asmui

2  Secara bahasa nikah dari نكح – ينكح – نكاح Artinya: الضم و التداخل (menindih dan saling memasukkan) - Sedangkan secara definisi syariah adalah: akad yang melahirkan hak dan kewajiban antara suami dan istri; di antaranya menghalalkan hubungan seksual, kewajiban nafakah suami terhadap istri. - أرأيتم إنْ وَضَعها في حرامٍ أكان عليه وِزْرٌ، فكذلك إذا وَضَعها في حلالٍ كان له فيها أَجْرٌ )) رواه مسلم وابن حبان. مسلم

3  MEMPELAI PRIA  MEMPELAI WANITA  WALI  2 ORANG SAKSI YANG ADIL

4  Nikah adalah fitrah manusia.  Allah menciptakan Adam AS dan mengikutinya dengan penciptaan Hawa sebagai pasangan suami istri. Artinya sejak manusia ada di dunia mereka sudah menjadi keluarga.  Nikah sejak awal adalah hal yang dikehendaki Allah untuk meneruskan keturunan manusia.

5  وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ ( 30)  “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

6  Kata khalifah salah satu artinya adalah berketurunan.  Jadi, dari ayat tersebut secara tersirat bahwa untuk berketurunan dan menjaganya Allah kemudian menciptakan Hawa untuk Adam, dan dalam kasih sayang Adam dan Hawa (orang tua) kemudian anak-anak keduanya dididik.

7  Historis, ada banyak jenis pernikahan yang berkembang di masyarakat jahiliyah lalu DILARANG oleh Islam. - Nikah mut’ah (menikah dengan tempo waktu tertentu dengan bayaran tertentu). - Nikah ar-Rahth (Para lelaki yang ramai2 menggauli prp, apabila hamil, siapa yg ditunjuk prp menjadi ayahnya itulah ayah) - Nikah al-Jam’I (prostitusi) - Nikah badal (saling mempertukarkan istri) - Nikah syihar (saling mempersunting anak) - Nikah istibdla’ (mengirim istri untuk dibuahi oleh lelaki lain yang terpandang)

8  Dari pernikahan2 yang dilarang tersebut, bisa diambil beberapa kesimpulan:  Tidak adanya sakinah mawaddah dan rahmah dalam bentuk2 nikah tersebut secara berkesinambungan.  وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (21) ar-rum  Artinya “Dan di antara tanda-tanda kebesaranNya, Dia ciptkan untuk kalian istri-istri dari jenis diri kalian, agar kalian tenang bersamanya dan Allah jadikan di antara kalian hidup dalam kasih sayang, sesungguhny dalam hal yg demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang mau berpikir”.  Bagaimana mungkin keturunan yang lahir akan terdidik dengan baik, bila tidak ada kasih sayang di dalamnya?

9  Membiarkan manusia dalam perzinahan dan pernikahan yang haram akan:  Melahirkan generasi yang tidak stabil, generasi yang broken  Dus hal itu mengancam kelestarian manusia.  Karena itu, hifdzun nasli adalah salah satu tujuan pokok dari diturunkannya syariah Islam. (INGAT ADA KAIDAH “Dloruriyat al-Khomsa/ Lima hal pokok yang harus dilindungi, yaitu hifdz din/agama, hifdz nafs/jiwa, hifdz aql/akal, hifdz nasl/keturunan, dan hifdz maal/harta)


Download ppt "Ahmad Syakirin Asmui.  Secara bahasa nikah dari نكح – ينكح – نكاح Artinya: الضم و التداخل (menindih dan saling memasukkan) - Sedangkan secara definisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google