Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Leprosy Care Community Indonesia. Sejarah Leprosy Care Community (LCC) Indonesia salah seorang sukarelawan organisasi FIWC (Friends International Workcamp.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Leprosy Care Community Indonesia. Sejarah Leprosy Care Community (LCC) Indonesia salah seorang sukarelawan organisasi FIWC (Friends International Workcamp."— Transcript presentasi:

1 Leprosy Care Community Indonesia

2 Sejarah Leprosy Care Community (LCC) Indonesia salah seorang sukarelawan organisasi FIWC (Friends International Workcamp Committee) cabang Kansai Area -Jepang Pemrakarsa  Yuta Takashima, Universitas Osaka

3 dibentuklah satu tim perintis sukarelawan yang terdiri dari para mahasiswa Indonesia untuk melakukan bakti sosial di komunitas mantan penderita lepra yang ada di Indonesia. Heggy Terry Nanda Yon Ceppy Ayu MirzaEva Ari Irma

4 LCC Indonesia resmi berdiri pada 14 Februari 2010, dan sudah melakukan pendampingan sosial sejak akhir Februari 2010 ke koloni mantan penderita lepra di Sitanala, Tangerang. Sebelumnya, LCC Indonesia juga pernah mengikuti winter workcamp ke daerah koloni mantan penderita lepra di desa Shigangzang dan desa Heku, Cina.

5 Misi dan Kegiatan Misi LCC Indonesia adalah mengurangi diskriminasi pada mantan penderita lepra di Indonesia. LCC Indonesia telah berhasil menyelenggarakan miniworkcamp 1 st di Sitanala (daerah koloni Lepra) LCC Indonesia juga telah berhasil menyelenggarakan international workcamp di Nganget, Jawa Timur bekerja sama dengan Jepang dan China

6 Berkenalan dengan Lepra penyakit lepra merupakan penyakit menahun yang disebabkan oleh kuman lepra. Kuman ini menyerang saraf tepi dan kulit manusia sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan dan cacat fisik pada penderita. Penyakit ini sudah ada di dunia sejak 600 SM dan di China ditemukan sejak 400 SM.

7 Lepra(Sansekerta)  menggerogoti. Apakah Lepra Penyakit menular? Lepra hanya menular pada orang yang tidak memiliki kekebalan alami, hanya 5% orang didunia ini yang tidak memiliki kekebalan alami.5% orang yang tidak memiliki kekebalan alami diantaranya dapat diidentifikasikan dengan BBLR (berat badan lahir rendah) Apakah anda lahir BBLR? Jika tidak…anda masuk dalam kategori aman! Hampir 95% orang kebal terhadap M.Leprae. Namun, kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi, yaitu:orang yang tinggal di daerah endemik, orang yang tinggal di daerah dengan kondisi sanitasi yang buruk, orang yang asupan gizinya buruk, orang yang terkena HIV/AIDS penderita lepra biasanya mendapat perlakuan diskriminatif Walaupun terlihat sepele, hal ini bertentangan dengan isi dari konvensi HAM yang berada di bawah pengawasan the UN Human Rights Council (UNHRC).

8 Jumlah Penderita Lepra di Indonesia

9 Penemuan Kasus Lepra Baru Tahun 2009 Sumber: Depkes RI

10 Seiring dengan perkembangan dan kemajuan di dunia medis, penyakit lepra tidak lagi menjadi suatu penyakit yang mengerikan karena sudah dapat disembuhkan. Akan tetapi, perlakuan diskriminasi terhadap komunitas penderita lepra masih terjadi hingga saat ini. Minimnya informasi mengenai penyakit lepra menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena minimnya pengetahuan tersebut, maka interaksi masyarakat umum dengan penderita menjadi jarang terjadi.

11 Penasaran?? Ayo Ikut Mini Work camp in Leprosy Community 2nd “Makes more smile” Ayo ikutan Mini Work Camp 2nd Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Selasa- Rabu, November Tempatnya di perkampungan mantan penderita lepra di sekitar RSK Sitanala, Tangerang.

12 Tujuan Kegiatan Mempromosikan dan mendorong perilaku sehat pada masyarakat penderita lepra. Mengurangi sikap diskriminasi kepada masyarakat penderita lepra secara bertahap mendapatkan pengalaman dalam melakukan pengabdian terhadap masyarakat, yang dapat melatih kepekaan sosial Memberikan informasi kesehatan sesuai dengan kompetensi keilmuan Mengenalkan lebih dekat komunitas peduli lepra (LCC/leprosy care community) sehingga diharapkan mampu mendorong perbaikan kesehatan di Indonesia.

13 Mahasiswa merupakan agent of change yang harus mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi salah satunya dengan pengabdian masyarakat Mantan penderita kusta umumnya mengalami penurunan kepercayaan diri dan kehilangan fungsi social dimasyarakat sehingga diperlukan sebuah kegiatan untuk mengembalikan fungsi sosialnya. Ibu Hamil Kehamilan merupakan masa yang sangat berpengaruh terhadap siklus kehidupan. Dengan asumsi Ibu hamil yang sehat akan lahir generasi bangsa yang sehat dan berkualitas guna mendukung pembangunan Indonesia dimasa mendatang (dr. Abidinsyah Siregar-Pusat promkes Depkes) Sasaran:

14 Deskripsi Kegiatan Idul Adha On the Road Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan Games Seru!!

15 Idul Adha on The Road Dalam memperingati Idul Adha kami akan mengadakan acara Takbir Keliling, Shalat Idul Adha, Pemotongan dan pembagian daging kurban. Acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi kepada masyarakat setempat sekaligus mengurangi stigma masyarakat terhadap penyakit lepra.

16 Pemeriksaan kesehatan dan Penyuluhan Pemeriksaan kesehatan ini ditujukan kepada masyarakat setempat, berupa pemerikasaan kehamilan untuk ibu hamil, medical check-up, dan pengobatan gratis. Penyuluhan dilakukan secara bersamaan di ruang tunggu pemeriksaan. Dalam penyuluhan ini disampaikan informasi kesehatan (gizi maternal, personal hygiene, dll).

17 Games Seru! Games ini diadakan untuk menyemarakkan malam Idul Adha sekaligus mempererat hubungan antara masyarakat, mantan penderita dan mahasiswa. mini-work camp kali ini akan menggabungkan nilai-nilai humanity (kemanusiaan), health education (pendidikan kesehatan) dan fun (keceriaan). Selain itu, hal terpenting adalah bahwa setiap kegiatan yang kita lakukan akan menjadi peluang untuk semakin meminimalisir bentuk diskriminasi

18 TUNGGU APA LAGI?? AYO GABUNG!! See you in work camp.. Cp: Nanda A. Rumana Faculty of Public Health University of Indonesia Ph: /


Download ppt "Leprosy Care Community Indonesia. Sejarah Leprosy Care Community (LCC) Indonesia salah seorang sukarelawan organisasi FIWC (Friends International Workcamp."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google