Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI KOMUNIKASI MASSA KOMUNIKASI MASSA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI KOMUNIKASI MASSA KOMUNIKASI MASSA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI KOMUNIKASI MASSA KOMUNIKASI MASSA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG

2 Menurut Dominick (2001): 1. Surveillance (Pengawasan)  Warning or beware surveillance (pengawasan peringatan)  terjadi ketika media massa menyebarkan informasi yang bersifat ancaman, walaupun banyak yang tidak menyadari.  Instrumental surveillance (pengawasan instrumental)  Instrumental surveillance (pengawasan instrumental)  terjadi ketika media menyebarkan informasi yang memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari.

3 2. Interpretation (Penafsiran)  terjadi ketika media massa memuat penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting yang bertujuan untuk mengajak audience memperluas wawasan dan membahasnya lebih lanjut. e.g.:kolom tajuk rencana (editorial) pada surat kabar, Selamat Malam Indonesia TV One.

4 3. Linkage (Pertalian)  terjadi ketika media massa menyatukan anggota masyarakat yang beragam dengan kemungkinan terpisah secara geografis, sehingga membentuk linkage (pertalian) berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu. e.g.:Kasus pembunuhan Direktur PT. PSB Nasruddin Zulkarnaen yang melibatkan mantan ketua KPK Antasari Azhar.

5 4. Transmission of Values (Penyebaran Nilai-nilai)  disebut juga socialization (sosialisasi). Terjadi ketika informasi atau tayangan media massa dijadikan raw model bagi audiencenya untuk bersikap dan bertindak.  disebut juga socialization (sosialisasi). Terjadi ketika informasi atau tayangan media massa dijadikan raw model bagi audiencenya untuk bersikap dan bertindak. e.g.:Disfungsi televisi – ketika tayangan televisi yang secara tidak langsung menginspirasi penontonnya untuk melakukan hal-hal negatif – pemecahan masalah dengan kekerasan adlah suatau kewajaran.

6 5. Entertainment (Hiburan)  terjadi ketika sajian yang diberikan oleh media massa menghibur audiencenya.  terjadi ketika sajian yang diberikan oleh media massa menghibur audiencenya. ….. Fakta …..  tiga perempat tayangan televisi dan radio menyajikan hiburan; media cetak ………???  Siaran langsung olahraga yang ditayangkan di televisi meningkatkan jumlah penonton yang menyaksikan olahraga (pendapat seorang ahli Sosiologi John Tulamin dan Charles Page dalam Rakhmat, 1996).

7 Sementara, menurut Effendy (1993), fungsi Komunikasi Massa secara umum adalah: 1. Fungsi Informasi  diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi audiencenya. 2. Fungsi Pendidikan  media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya (mass education). Penyajian hal-hal yang bersifat mendidik dilakukan melalui pengajaran nilai, etika, serta aturan-aturan yang berlaku kepada audiencenya.

8 3. Fungsi Mempengaruhi  diberikan secara implisit oleh media massa yang biasanya terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan, artikel dan sebagainya.  Menurut De Vito dalam bukunya Komunikasi Antar Manusia (1996), ada tiga masalah pokok yang harus diperhatikan dalam memahami fungsi media massa, yaitu: 1.Alasan tertentu yang unik yang dimiliki tiap-tiap orang ketika mereka memulai untuk menikmati sajian media massa. 2.Komunikasi massa menjalankan fungsi yang berbeda bagi setiap audience secara individual. 3.Fungsi yang dijalankan komunikasi massa bagi sembarang orang yang berbeda dari satu waktu ke waktu yang lain.

9 Menurut De Vito (1996), fungsi komunikasi massa secara khusus, yaitu: 1. Fungsi Meyakinkan (to persuade)  persuasi bisa datang dalam bentuk: a.mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang; b.mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang; c.menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu; dan d.memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu

10 2. Fungsi menganugerahkan status  penganugerahan status (status conferal) terjadi apabila berita yang disebarluaskan melaporkan kegiatan individu-individu tertentu sehingga prestise mereka meningkat.  penganugerahan status (status conferal) terjadi apabila berita yang disebarluaskan melaporkan kegiatan individu-individu tertentu sehingga prestise mereka meningkat. dengan memfokuskan kekuatan media massa pada orang-orang tertentu, masyarakat menganugerahkan pada orang-orang tersebut suatu status publik (public status) yang tinggi. Kegiatan ini dalam dunia public relation disebut publicity (publisitas) dengan memfokuskan kekuatan media massa pada orang-orang tertentu, masyarakat menganugerahkan pada orang-orang tersebut suatu status publik (public status) yang tinggi. Kegiatan ini dalam dunia public relation disebut publicity (publisitas)

11 3. Fungsi Membius (Narcotization)  dalam artian bahwa apabila media menyajikan informasi tentang sesuatu, penerima percaya bahwa tindakan tersebut harus diambil. Sebagai akibatnya, audience terbius ke dalam keadaan pasif, seakan-akan berada dalam pengaruh narkotika (De Vito, 1996). 4. Fungsi Menciptakan Rasa Kebersatuan  Media massa mampu membuat audiencenya merasa menjadi anggota suatu kelompok. 5. Fungsi Privatisasi  kecenderungan bagi seseorang untuk menarik diri dari kelompok sosial dan mengucilkan diri ke dalam dunianya sendiri.

12 TUGAS Berikan contoh dari masing-masing fungsi komunikasi massa baik secara umum maupun secara khusus yang bisa anda temunikan di media massa? Note: 1. Handwriting assignment 2. In your own words 3. To be submitted next week


Download ppt "FUNGSI KOMUNIKASI MASSA KOMUNIKASI MASSA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google