Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro."— Transcript presentasi:

1 Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro

2 Definisi Media Relations  Kegiatan-kegiatan dalam wujud bekerja secara langsung dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap editorial (berita dan feature), public service dan sponsored programming.  Editorial adalah produk yang dihasilkan oleh redaksi (editor) suatu organisasi media.

3 Definisi Media Relations  Public service adalah berita, komentar dan pesan lain yang disampaikan kepada publik melalui media massa tanpa sponsor sebagai bentuk pelayanan kepada komunitas.  Sponsored programming adalah setiap produk media massa (informasi, olahraga, hiburan) yang memiliki sponsor dari luar dan bukan bagian dari editorial atau public service.

4 Definisi Media Relations  Fasilitasi dan koordinasi komunikasi dan hubungan yang berlangsung secara terus menerus antara individu, kelompok atau organisasi dengan lembaga media (Johnston, 2007).

5 Tujuan Media Relations  Media relations bertujuan untuk menjelaskan pentingnya praktisi public relations dalam mengembangkan dan memelihara hubungan baik (good relations) dengan organisasi-organisasi media massa.  Menjalin hubungan dengan media merupakan cara untuk menjaga dan meningkatkan citra/reputasi organisasi dimata stakeholders.

6 Tujuan Media Relations  Organisasi biasanya tidak bisa melakukan kontak langsung dengan pihak-pihak yang menjadi sasaran.  Komunikasi bermediasi dipersyaratkan.  Media relations adalah sub bidang PR, karena media adalah salah satu stakeholder dalam PR.

7 Pengertian Media Massa  Komunikasi massa:  Communication that is shared across great distances with potentially large audiences through a technological device or mass medium.  Orang juga berpartisipasi dalam computer-assisted atau online communication.

8 Pengertian Media Massa  Proses dimana organisasi-organisasi media memproduksi dan mengirimkan pesan-pesan kepada publik.  Proses dimana pesan-pesan tersebut dicari, digunakan, dipahami dan dipengaruhi oleh khalayak.  Media massa memiliki kemampuan untuk menjangkau khalayak dan berfungsi sebagai saluran untuk menyampaikan informasi.

9 Arti Penting Media Massa  Media massa tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menyusun agenda-agenda yang dinilai penting untuk kita perhatikan.  Media massa memiliki potensi untuk menyusun isu-isu publik.  Gatekeeping adalah proses menetapkan informasi apa yang akan disampaikan kepada khalayak.

10 Arti Penting Media Massa  Agenda setting adalah proses untuk memilih topik- topik apa yang akan dibaca, didengar atau dilihat oleh khalayak.  Agenda setting terjadi karena media massa harus selektif dalam menyampaikan informasi.  Framing adalah menempatkan perspektif partikular pada sebuah peristiwa.

11 Fungsi Media Massa  Surveillance of the environment: media memberikan informasi tentang berbagai peristiwa yang terjadi.  Correlation of the parts of the society in responding to its environment: media memberikan pilihan-pilihan guna pemecahan masalah, yaitu menjelaskan, menginterpretasikan dan memberi komentar terhadap suatu peristiwa yang terjadi.

12 Fungsi Media Massa  Transmission of the cultural heritage: media menjadi sarana untuk melakukan sosialisasi dan edukasi.  Entertainment: media memungkinkan setiap orang dapat melakukan relaksasi dan mengurangi ketegangan


Download ppt "Turnomo Rahardjo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google