Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TOPIK 1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI INTERNASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TOPIK 1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI INTERNASIONAL."— Transcript presentasi:

1 TOPIK 1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI INTERNASIONAL

2 AKAR KOMUNIKASI INTERNASIONAL KOMUNIKASI INTERNASIONAL HUBUNGAN INTERNASIONAL KOMUNIKASI POLITIK KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA

3 Komunikasi Internasional PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Pesan Kepentingan Kebijakan Dalam Negeri Kebijakan Luar Negeri Berbeda Budaya Negara A Negara B

4 PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Komunikasi Internasional Struktur Arus AktorSaranaMotivasi EFEK

5 PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Komunikasi internasional dipahami sebagai komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang mewakili suatu negara untuk menyampaikan pesan yang berkaitan dengan berbagai kepentingan negaranya kepada komunikan yang juga mewakili negaranya dengan tujuan memperoleh saling pengertian.

6 KONSEP KOMUNIKASI INTERNASIONAL Konsep komunikasi Internasional : who says what in which channel to whom with what effect.

7 AKTOR KOMUNIKASI INTERNASIONAL 1.Official Transaction 2.Unofficial Transaction

8 AKTOR KOMUNIKASI INTERNASIONAL Kegiatan komunikasi internasional bisa berlangsung antara people to people ataupun goverment to government.

9 KRITERIA KOMUNIKASI INTERNASIONAL Jenis isu, pesannya bersifat global. Komunikator dan komunikannya berbeda kebangsaan. Saluran media yang digunakan bersifat internasional. Interaksi dan ruang lingkupnya bersifat lintas negara serta berlangsung di antara orang-orang yang berbeda kebangsaan dan memiliki jangkauan penyampaian pesan melintasi batas-batas wilayah suatu negara

10 FUNGSI KOMUNIKASI INTERNASIONAL Mendinamisasikan hubungan internasional yang terjalin antara dua negara atau lebih serta hubungan di berbagai bidang antara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda negara/kebangsaan. Merupakan teknik untuk mendukung pelaksanaan politik luar negeri bagi masing-masing negara untuk memperjuangkan pencapaian kepentingan di negara lain.

11 FUNGSI KOMUNIKASI INTERNASIONAL Membantu/menunjang upaya-upaya pencapaian tujuan hubungan internasioanl dengan meningkatkan kerjasama internasional serta menghindari terjadinya konflik atau kesalahpahaman baik antara pemerintah dengan pemerintah maupun antar penduduk.

12 RUANG LINGKUP KOMUNIKASI INTERNASIONAL 1.Perspektif Diplomatik. 2.Perspektif Jurnalistik 3.Perspektif Propaganda 4.Perspektif Kulturalistik 5.Perspektif Bisnis

13 DIMENSI KOMUNIKASI INTERNASIONAL  Politik: sistem media dan sistem komunikasi suatu negara sangat tergantung pada sistem sosial-politik yang berlaku di negara yang bersangkutan.  Ekonomi: komunikasi tidak lagi sekedar fenomena sosiologis tetapi juga berdimensi ekonomi. Di era kontemporer ini, munculnya fenomena pers konglomerat dan konglomerat pers.

14 DIMENSI KOMUNIKASI INTERNASIONAL Budaya: media massa juga merupakan alat kultural yang memuat produk budaya di mana ia berasal.

15 PETA DUNIA PELAKU KOMUNIKASI INTERNASIONAL PA. Reynolds mencoba mengklasifikasikan kekuatan-kekuatan yang ada di negara- negara pelaku komunikasi internasional yaitu : 1.super powers 2.great powers 3.middle powers 4.small powers 5.micro powers

16 PERKEMBANGAN MASALAH KOMINTER Kebebasan versus kontrol terhadap arus informasi atau kebebasan dan keseimbangan arus informasi (free flow of information versus control of information or free flow and balance of information). Budaya dan imperialisme media (cultural and media imperialism).

17 PERKEMBANGAN MASALAH KOMINTER Jaringan komunikasi antardua negara atau lebih yang menembus batas wilayah nasionalnya (communication network of two or more countries pass through national boundaries). Berita dan informasi versus hiburan dan materi budaya dalam perspektif analisis isi (news and information versus entertainment and cultural materials in content analysis perspective).

18 METODOLOGI KOMUNIKASI INTERNASIONAL Pendekatan peta bumi (geographical approach) yang membahas arus informasi maupun, liputan internasional pada bangsa atau negara tertentu, wilayah tertentu, ataupun lingkup dunia, disamping antar wilayah. Pendekatan media (media approach), adalah pengkajian berita internasional melalui satu medium atau multi media.

19 METODOLOGI KOMUNIKASI INTERNASIONAL Pendekatan peristiwa (event approach) yang mengkaji satu peristiwa lewat medium. Pendekatan ideologis (ideological approach), yang membandingkan sistem pers antar bangsa atau melihat penyebaran arus berita internasional dari sudut ideologis semata-mata.

20 TERIMA KASIH


Download ppt "TOPIK 1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI INTERNASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google