Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 11 Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 1 PEMELIHARAAN KARYAWAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 11 Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 1 PEMELIHARAAN KARYAWAN."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 11 Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 1 PEMELIHARAAN KARYAWAN

2 ARTI & PENTINGNYA PEMELIHARAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 2 PEMELIHARAAN adalah usaha untuk mempertahankan dan atau meningkatkan kondisi pisik, mental, dan sikap karyawan, agar mereka tetap loyal dan bekerja produktif untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Pemeliharaan (maintenance) karyawan harus mendapat perhatian dari manajer, karena jika tidak diperhatikan semangat kerja, sikap, dan loyalitas karyawan akan menurun. Sehingga pengadaan, pengembangan, kompensasi, dan pengintegrasian yang telah dilakukan dengan baik dan biaya yang besar akan kurang berarti untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

3 TUJUAN PEMELIHARAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 3 UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. MENINGKATKAN DISIPLIN DAN MENURUNKAN ABSENSI KARYAWAN. MENINGKATKAN LOYALITAS KARYAWAN DAN MENURUNKAN TURN- OVER KARYAWAN. MEMBERIKAN KETENANGAN, KEAMANAN, DAN KESEHATAN KARYAWAN. MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN KELUARGANYA. MEMPERBAIKI KONDISI FISIK, MENTAL, DAN SIKAP KARYAWAN. MENGURANGI KONFLIK SERTA MENCIPTAKAN SUASANA YANG HARMONIS. MENGEFEKTIFKAN PENGADAAN KARYAWAN

4 ASAS-ASAS PEMELIHARAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 4 ASAS MANFAAT & EFISIENSI Pemeliharaan hendaknya meningkatkan prestasi kerja, keamanan, kesehatan, dan loyalitas karyawan dalam mencapai tujuan. ASAS KEBUTUHAN & KEPUASAN Pemeliharaan hendaknya berdasarkan kebutuhan dan kepuasan karyawan. Kebutuhan dan kepuasan karyawan menjadi pertimbangan utama. ASAS KEADILAN & KELAYAKAN Bila keadilan dan kelayakan dijadikan landasan, akan menciptakan ketenangan dan konsentrasi karyawan terhadap tugas-tugasnya, sehingga disiplin, kerjasama, dan semangat kerja meningkat. ASAS PERATURAN LEGAL Peraturan legal (UU, keppres, dan kepmen) harus dijadikan asas agar tidak terjadi konflik dan intervensi serikat buruh dan pemerintah. ASAS KEMAMPUAN PERUSAHAAN Pemeliharaan harus berdasarkan kemampuan perusahaan.

5 METODA-METODA PEMELIHARAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 5 KOMUNIKASI Komunikasi yg baik dapat menyelesaikan masalah dlm perusahaan. Manajemen terbuka akan mendukung terciptanya pemeliharaan keamanan & kesehatan yg baik dari karyawan. Konflik dapat diselesaikan melalui musyawarah dan mufakat. Fungsi komunikasi dalam perusahaan idealnya bersifat instructive, informative, influencing, dan evaluative. INSENTIF Insentif yang adil & layak merupakan daya penggerak yang merangsang terciptanya pemeliharaan karyawan. Karyawan merasa mendapat perhatian dan pengakuan thd prestasi yg dicapainya, sehingga semangat kerja dan sikap loyal karyawan akan lebih baik. KESEJAHTERAAN KARYAWAN Kesejahteraan karyawan (balas jasa pelengkap) yg diberikan berdsrkan kebijakan perusahaan dpt menciptakan semangat kerja, ketenangan, disiplin, dll, sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

6 METODA-METODA PEMELIHARAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 6 KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA Program keselamatan dan kesehatan kerja dapat mendukung tercapainya pemeliharaan karyawan, karena dapat menimbulkan ketenangan dalam bekerja. Program ini merupakan tindakan kontrol preventif yang mendorong terwujudnya pemeliharaan karyawan yang baik. HUBUNGAN INDUSTRIAL PANCASILA HIP adalah hubungan antara pelaku dalam proses produksi barang & jasa (pekerja, pengusaha, pemerintah) berdasarkan nilai-nilai Pancasila & UUD HIP didasarkan atas 3 asas kerja sama : -buruh dan pengusaha/pimpinan pershn adalah teman seperjuangan dalam proses produksi. -buruh dan pengusaha/pimpinan pershn adalah teman seperjuangan dalam keuntungan. -buruh dan pengusaha/pimpinan pershn adalah teman seperjuangan dalam mempertanggungjawabkan kepada : Tuhan YME, Bangsa & Negara, Masyarakat, buruh dan keluarganya, serta perusahaan tempat bekerja.

7 INSENTIF Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 7 PENGERTIAN Insentif adalah daya perangsang yg diberikan kpd karyawan berdasarkan prestasi kerjanya agar terdorong meningkatkan produktivitas kerjanya. JENIS-JENIS INSENTIF a. Insentif Positif ; daya perangsang dengan memberikan hadiah material atau non material kepada karyawan yg prestasi kerjanya diatas standar. b. Insentif Negatif ; daya perangsang dg memberikan ancaman hukuman kepada karyawan yang prestasi kerjanya di bawah standar. BENTUK-BENTUK INSENTIF a. Insentif Material ; berbentuk uang & barang, bernilai ekonomis shg dpt meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarganya. b. Insentif Non Material ; berbentuk penghargaan/pengukuhan berdasarkan prestasi kerjanya (piagam, piala, atau medali). c. Insentif Sosial; berupa fasilitas dan kemampuan utk mengembangkan kemampuannya, spt promosi, ikut pendidikan, atau naik haji.

8 Pentingnya Program Kesejahteraan Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 8 UNTUK MEMPERTAHANKAN KARYAWAN YG QUALIFIED, HARUS DIBERI KESEJAHTERAAN/KOMPENSASI. KESEJAHTERAAN YANG DIBERIKAN SANGAT BERARTI DAN BERMANFAAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KARYAWAN BESERTA KELUARGANYA. PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN HARUS DISUSUN BERDASARKAN PERATURAN LEGAL, BERASASKAN KEADILAN DAN KELAYAKAN, SERTA BERPEDOMAN KEPADA KEMAMPUAN PERUSAHAAN.

9 TUJUAN PEMBERIAN KESEJAHTERAAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 9 UNTUK MENINGKATKAN KESETIAAN & KETERIKATAN KARYAWAN KEPADA PERUSAHAAN. MEMBERIKAN KETENANGAN DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BAGI KARYAWAN DAN KELUARGANYA. MEMOTIVASI GAIRAH KERJA, DISIPLIN, DAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. MENURUNKAN TINGKAT ABSENSI DAN TURN OVER KARYAWAN. MENCIPTAKAN LINGKUNGAN DAN SUASANA KERJA YANG BAIK SERTA NYAMAN. MEMBANTU LANCARNYA PELAKSANAAN PEKERJAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN. MEMELIHARA KESEHATAN DAN MENINGKATKAN KUALITAS KARYAWAN MENGEFEKTIFKAN PENGADAAN KARYAWAN MENGURANGI KECELAKAAN & KERUSAKAN PERALATAN. MENINGKATKAN STATUS SOSIAL KARYAWAN DAN KELUARGANYA.

10 JENIS-JENIS KESEJAHTERAAN KARYAWAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 10 DALAM BENTUK EKONOMIS : A. UANG PENSIUN B. UANG MAKAN C. UANG LEMBUR D. UANG TRANSPORTASI E. UANG LEBARAN/NATAL F. UANG BONUS/GRATIFIKAS G. UANG DUKA KEMATIAN H. UANG PENGOBATAN I. PAKAIAN DINAS J. DLL.

11 JENIS-JENIS KESEJAHTERAAN KARYAWAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 11 BERBENTUK FASILITAS A. TEMPAT IBADAH B. KAFETARIA C. SARANA OLAH RAGA D. SARANA KESENIAN E. KESEMPATAN PENDIDIKAN/SEMINAR F. CUTI DAN CUTI HAMIL/MELAHIRKAN/CUTI HAID G. SARANA KOPERASI/TOKO H. IZIN-IZIN.

12 JENIS-JENIS KESEJAHTERAAN KARYAWAN Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 12 BERBENTUK PELAYANAN A. PUSKESMAS/DOKTER PERUSAHAAN B. JEMPUTAN KARYAWAN C. JASA PENITIPAN BAYI D. BANTUAN HUKUM E. PENASEHAT KEUANGAN F. ASURANSI/ASTEK G. KREDIT RUMAH H. DLL

13 Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 13 KONSEP PEMELIHARAAN Metode-Metode Pemeliharaan Jenis & Bentuk Insentif Pengertian, Tujuan, Dan Asas Keselamatan & Kesehatan Kerja Kesejahteraan Karyawan Hubungan Industrial Pancasila PEMELIHARAAN


Download ppt "Pertemuan 11 Trisnadi Wijaya/MSDM/STMIK-MDP 1 PEMELIHARAAN KARYAWAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google