Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TM – 11 MSDM PEMELIHARAAN Oleh : Drs.Ec Mudji Kuswinarno, MSi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TM – 11 MSDM PEMELIHARAAN Oleh : Drs.Ec Mudji Kuswinarno, MSi."— Transcript presentasi:

1 TM – 11 MSDM PEMELIHARAAN Oleh : Drs.Ec Mudji Kuswinarno, MSi

2 Pengertian Flippo (arep dan Tanjung 2002) Mendefininisikan bahwa, Pemeliharaan (Maintenance, Retensi) merupakan salah satu fungsi dari manajemen sumber daya manusia, yaitu fungsi operasional, dimana fungsi operasional terdapat pemeliharaan yang berarti memelihara tenaga kerja agar betah bekerja di perusahaan tersebut

3 Robbins (arep dan Tanjung 2002), mendefinisikan bahwa, Pemeliharaan adalah melaksanakan program- program tertentu atau membuat kebijakan- kebijakan khusus agar tenaga kerja dapat terpelihara dengan baik Zainun 2001, mendefinisikan bahwa Pemeliharaan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan dan memberikan ganjaran berupa finansial maupun material kepada seluruh sumber daya manusia dari tingkat tertinggi sampai tingkat yang paling rendah.

4 D/K Pengertian Pemeliharaan SDM : Suatu usaha untuk mempertahankan, meningkatkan sikap, mental, kemampuan kerja dan kondisi fisik Agar para anggota organisasi untuk tetap mau bekerjasama, loyal dan produktif Untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi

5 Tujuan Pemeliharaan 1.Meningkatkan produktivitas kerja karyawan. 2.Meningkatkan disiplin kerja dan Menurunkan absensi karyawan. 3.Meningkatkan loyalitas dan menurunkan perputaran tenaga kerja. 4.Memberikan ketenangan, kenyamanan, keamanan, kesehatan kerja. 5.Meningkatkan kesejahteraan karyawan, dan keluarganya. 6.Memperbaiki kondisi fisik, mental, dan sikap karyawan. 7.Mengurangi konflik, serta menciptakan suasana kerja yang harmonis. 8.Mengefektifkan pengadaan karyawan.

6 Untuk mencapai tujuan pemeliharaan perlu diperhatikan asas-asas pemeliharaan agar tidak terjadi semangat dan kegairahan kerja menurun: 1.Asas manfaat dan efisiensi 2.Asas kebutuhan dan kepuasan 3.Asas keadilan dan kelayakan 4.Asas peraturan legal 5.Asas kemampuan perusahaan

7 Pendekatan Pemeliharaan Komunikasi. Insentif. Kesejahteraan karyawan. Kesehatan dan keselamatan kerja. Hubungan Kerja.

8 Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja : Keselamatan kerja Kesehatan Kerja Kesehatan Mental

9 Bentuk program keselamatan kerja : 1. Membuat kondisi kerja aman (Safety Condition), antara lain : - Menggunakan mesin-mesin yang dilengkapi dengan alat-alat pengaman (Safety Device). - Menggunakan alat-alat yang lebih baik. - Mengatur lay-out pabrik dan penerangan sebaik mungkin. - Tangga dijaga agar bebas dari air, minyak, dan oli atau gemuk. - Melakukan pemeliharaan fasilitas pabrik secara prefentif. - Menggunakan petunjuk-petunjuk dan peralatan keamanan. 2. Melakukan kegiatan pencegahan kecelakaan dengan mengendalikan praktek-praktek manusia agar bertindak aman (Safety Act). Pencegahan ini dapat dilakukan dengan cara : - Mendidik para karyawan dalam hal keamanan. - Memberlakukan larangan-larangan secara keras. - Memasang poster-poster untuk selalu mengingatkan tentang keamanan. - Menunjukkan foto-foto karyawan yang cidera dan data-data statistik kecelakaan. - Membentuk tim manajemen serikat pekerja untuk menangani masalah-masalah keamanan dan keselamatan kerja.

10 Bentuk Kegiatan Lingkungan Kesehatan Kerja 1.Pengendalian suara bising. 2.Pengaturan penerangan tempat kerja. 3.Pengaturan suhu udara, dan kelembaban udara. 4.Pelayanan kebutuhan karyawan. 5.Pengaturan penggunaan warna tempat kerja. 6.Pemeliharaan kebersihan lingkungan. 7.Penyediaan berbagai fasilitas yang dibutuhkan karyawan seperti kamar mandi, ruang ganti pakaian, musholah dan lain-lain.

11 BENTUK PROGRAM KESEHATAN MENTAL : 1.Menyediakan psikiatris untuk konsultasi. 2.Bekerja sama dengan psikiatris di luar organisasi atau lembaga-lembaga konsultasi. 3.Penyuluhan untuk mendidik para karyawan tentang arti pentingnya kesehatan mental. 4.Mengembangkan dan memelihara program- program hubungan manusia yang baik.

12 Tujuan Program Kesejahteraan Karyawan : 1.Meningkatkan kesetiaan dan keterikatan karyawan pada organisasi. 2.Memberikan ketenangan dan pemenuhan kebutuhan bagi karyawan. 3.Memotivasi semangat dan kegairahan kerja. 4.Menurunkan absensi dan perputaran kerja karyawan. 5.Menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman. 6.Membantu lancarnya pekerjaan. 7.Memelihara kesehatan dan meningkatkan kualitas karyawan. 8.Meningkatkan status sosial karyawan beserta keluarganya.

13 BENTUK PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN : 1.Program-program rekreasi 2.Kafetaria 3.Perumahan 4.Bea Siswa Pendidikan 5.Konseling finansial dan legal 6.Berbagai macam pelayanan antara lain : organisasi memberikan pakaian kerja, fasilitas pengangkutan, tempat parkir, bingkisan lebaran, bea siswa bagi anak- anak karyawan dan sebagainya.

14


Download ppt "TM – 11 MSDM PEMELIHARAAN Oleh : Drs.Ec Mudji Kuswinarno, MSi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google