Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO PELUANG AGROINDUSTRI PEDESAAN BERBASIS KOMODITAS UNGGULAN ARIE FEBRIANTO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO PELUANG AGROINDUSTRI PEDESAAN BERBASIS KOMODITAS UNGGULAN ARIE FEBRIANTO."— Transcript presentasi:

1 LOGO PELUANG AGROINDUSTRI PEDESAAN BERBASIS KOMODITAS UNGGULAN ARIE FEBRIANTO

2 Tujuan agroindustri antara lain adalah untuk : mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia, baik selera maupun nilai gizinya. memperpanjang masa simpan hasil pertanian yang mudah rusak. memberi peluang bagi perkembangan industri. menciptakan diversifikasi produk. memperluas pangsa pasar.

3 Perencanaan agroindustri yang efektif dan berkelanjutan perlu memperhatikan : Aspek produksi, yaitu harus mempertimbangkan ketersediaan bahan baku terutama dari kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Aspek pasar, yaitu harus mampu menyesuaikan dengan permintaan pasar yang berkembang secara dinamis. Aspek distribusi, yaitu harus memperhitungkan perkembangan pesaing atau produk substitusinya.

4 Aspek teknologi, yaitu harus mampu berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang lebih efisien. Aspek manajerial yaitu diperlukan sumberdaya manusia yang mampu menjalankan manajemen agroindustri secara efisien. Aspek sosial, yaitu harus mempertimbangkan pendayagunaan masyarakat dan merupakan sarana transfer dari teknologi dan bukan pesaing bagi tenaga kerja manusia.

5 Dukungan Pemerintah  Kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk mendorong agroindustri melalui pembangunan infrastruktur yang memadai, seperti jalan raya, jaringan telekomunikasi dan listrik,  Pemberian kredit dengan bunga lebih murah untuk peralatan pertanian dan subsidi pupuk bagi petani

6 Agroindustri Pedesaan Kegiatan agroindustri yang merupakan bagian integral dari sektor pertanian mempunyai kontribusi penting dalam proses industrialisasi terutama di wilayah pedesaan. Efek agroindustri tidak hanya mentransformasikan produk primer ke produk olahan tetapi juga budaya kerja dari agraris tradisional yang menciptakan nilai tambah rendah menjadi budaya kerja industrial modern yang menciptakan nilai tambah tinggi

7 Komoditi unggulan Komoditi unggulan merupakan hasil usaha masyarakat desa yang memiliki peluang pemasaran yang tinggi dan menguntungkan bagi masyarakat desa. Beberapa kriteria dari komoditi unggulan adalah :  Mempunyai daya saing yang tinggi di pasaran (keunikan/ciri spesifik, kualitas bagus, harga murah);  Memanfaatkan potensi sumberdaya lokal yang potensial dapat dikembangkan;

8  Mempunyai nilai tambah tinggi bagi masyarakat perdesaan;  Secara ekonomi menguntungkan dan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan dan kemampuan sumberdaya manusia;  Layak didukung oleh modal bantuan atau kredit

9 Komoditas unggulan Saat ini, jumlah dan nilai ekspor CPO Indonesia mencapai 60% dari total perdagangan dunia. Prospek pengembangan ke depan juga cukup cerah, mengingat kebutuhan energi alternatif berbasis sawit (biodiesel) dunia sangat besar.

10 Karet alam Produksi karet alam terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2005 produksi karet alam mencapai 2,3 juta ton dan menduduki peringkat kedua dunia setelah Thailand. Peluang ekspor karet alam akan terus meningkat karena tingginya pertumbuhan industri otomotif dunia

11 Kakao  Indonesia juga memiliki potensi sangat besar dan menduduki posisi kedua sebagai produsen kakao dunia.  Hanya saja, industri kita masih mengekspor kakao dalam bentuk biji dan bubuk kakao, sehingga penciptaan nilai tambahnya masih minim.

12 Potensi Ubi Kayu  Ubikayu mempunyai potensi baik untuk dikembangkan menjadi bahan pangan pokok selain beras  Ubikayu juga dapat diolah langsung dari bentuk segarnya (ubikayu segar), maupun diproses terlebih dahulu menjadi berbagai produk antara (setengah jadi).

13  Pohon industri ubi kayu Logo

14 Ubi Kayu sebagai komoditas unggulan di masa depan  Pembuatan ubikayu sebagai bahan BBN  Pengganti BBM. Diolah menjadi etanol untuk campuran premium  Memerlukan cara cara budidaya yang baik dan terencana sehingga produktivitas meningkat Logo ton/Ha ton/Ha BAGAIMANA CARANYA...?

15 Persiapan lahan Big Tractor Hand Tractor Manual

16 Applikasi kompos

17 Pembuatan guludan dan ajir

18  Penanaman dengan menggunakan Bibit Sambung, ada 2 jenis tanaman yg disambung : a.Tanaman singkong/cassava varietas unggul diambil sebagai batang bawah sebagai penghasil umbi b.Tanaman karet diambil sebagai batang atas karena keunggulan luas daunnya sehingga fotosintesis menjadi maksimal Logo

19 LOGO Stem Grafting PEMBUATAN BIBIT (NURSERY)

20 Side Grafting

21 Top Grafting SAMBUNG PUCUK

22 KEGIATAN NURSERY

23 Nursery Unit

24 Planting Jarak Tanam 2 x 1 m Populasi : 5000 tan/Ha

25 PEMUPUKAN KIMIA

26 PEMBERSIHAN GULMA

27 PENYEMPROTAN HAMA

28 Giving stick “ajir”

29 Harvest and post-harvest handling -Umur tanaman 10 bulan -Jika kurang dari 10 bulan maka kadar patinya akan rendah -Jika diasumsikan satu batang tanaman dapat menghasilkan kg, maka diperkirakan hasil panennya mencapai 50 – 70 ton per Ha.

30

31 LOGO APAKAH ANDA TERTARIK...?


Download ppt "LOGO PELUANG AGROINDUSTRI PEDESAAN BERBASIS KOMODITAS UNGGULAN ARIE FEBRIANTO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google