Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KAJI ULANG,EVALUASI,DAN KONTROL STRATEGI OLEH ; DEDY ARFIYANTO, SE., MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KAJI ULANG,EVALUASI,DAN KONTROL STRATEGI OLEH ; DEDY ARFIYANTO, SE., MM."— Transcript presentasi:

1 KAJI ULANG,EVALUASI,DAN KONTROL STRATEGI OLEH ; DEDY ARFIYANTO, SE., MM

2

3 HAKIKAT EVALUASI STRATEGI  Evaluasi yang tepat waktu dapat memperingatkan manajemen akan adanya masalah atau potensi masalah sebelum situasi menjadi kritis.  Evaluasi Strategi Meliputi Tiga Kekuatan Dasar ; 1.Mengkaji landasan strategi perusahaan 2.Membandingkan hasil yang diharapkan dengan kenyataan 3.Mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana.

4 KRITERIA RUMELT UNTUK MENGEVALUASI STRATEGI 1.Konsistensi ; sebuah strategi tidak boleh memiliki tujuan dan kebijakan yang tidak konsisten. 2.Kesesuaian ; mengacu pada kebutuhan para perencana strategi untuk mengkaji serangkaian tren maupun masing – masing tren dalam mengevaluasi strategi. 3.Kelayakan ; strategi tidak boleh terlalu membebani sumber daya yang ada maupun tidak boleh menciptakan sub masalah yang tidak dapat di pecahkan. 4.Keunggulan ; strategi harus mendorong penciptaan dan / atau mempertahankan keunggulan kompetitif di bidang kegiatan tertentu.

5 KERANGKA KERJA EVALUASI STRATEGI TINDAKAN KOREKTIF HAMPIR SELALU DI PERLUKAN KECUALI ; 1.Faktor – faktor eksternal dan internal tidak berubah secara signifikan. 2.Perusahaan maju secara memuaskan kearah pencapaian tujuan – tujuan yang ditetapkan.

6 YA

7 APAKAH PERUBAHAN BESAR TERJADI DALAM POSISI INTERNAL PERUSAHAAN APAKAH PERUBAHAN BESAR TERJADI DALAM POSISI EKSTERNAL PERUSAHAAN APAKAH PERUSAHAAN MAJU KE ARAH PENCAPAIAN TUJUAN YANG DITETAPKAN? HASIL Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Lakukan Tindakan Korektif Teruskan Tindakan Strategis Ini

8 PERTANYAAN KUNCI YANG HARUS DIAJUKAN DALAM EVALUASI STRATEGI ; 1.Apakah kekuatan internal kita masih merupakan kekuatan ? 2.Sudahkah kita menambah kekuatan internal lainnya ? bila demikian, apa ? 3.Apakah kelemahan internal kita masih merupakan kelemahan ? 4.Apakah kita mempunyai kelemahan internal lainnya ? bila demikian apa 5.Apakah peluang eksternal kita masih merupakan peluang ? 6.Apakah ada peluang eksternal lainnya ? bila demikian apa ? 7.Apakah ancaman eksternal kita masih merupakan ancaman ? 8.Apakah ada ancaman eksternal lainnya ? bila demikian, apa ? 9.Apakah kita rentan terhadap ambil alih paksa ?

9 Tindakan korektif 1.Tindakan koreksi harus menempatkan organisasi pada posisi yang lebih baik agar bisa memanfaatkan kekuatan internalnya, mengambil kesempatan dari peluang eksternal, menghindari, mengurangi, atau meminimalkan dampak ancaman eksternal dan agar bisa memperbaiki kelemahan internal 2.Tindakan koreksi harus dilakukan dalam waktu yang tepat dan dengan resiko yang wajar 3.Tindakan koreksi harus konsisten secara internal dan bertangggung jawab secara sosial


Download ppt "KAJI ULANG,EVALUASI,DAN KONTROL STRATEGI OLEH ; DEDY ARFIYANTO, SE., MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google