Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aturan fasa: Variabel sistem: P, T Hal ini berarti bahwa: Derajat kebebasan = 1 Kita hanya boleh menentukan satu variabel termodinamis untuk mendefinisikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aturan fasa: Variabel sistem: P, T Hal ini berarti bahwa: Derajat kebebasan = 1 Kita hanya boleh menentukan satu variabel termodinamis untuk mendefinisikan."— Transcript presentasi:

1

2 Aturan fasa: Variabel sistem: P, T Hal ini berarti bahwa: Derajat kebebasan = 1 Kita hanya boleh menentukan satu variabel termodinamis untuk mendefinisikan keadaan dari sistem (yang berada dalam keadaan keseimbangan) Misal untuk sistem yang berupa air murni. Jika kita menentukan T = 90  C, maka keadaan keseimbangan hanya ada pada P = 0,701 bar (ini disebut tekanan uap air murni pada 90  C)

3 Kriteria keseimbangan sistem satu komponen dua fasa: atau: dengan: : koefisien fugasitas komponen murni pada fasa uap : koefisien fugasitas komponen murni pada fasa cair Koefisien fugasitas komponen murni dapat diturunkan dari persamaan keadaan

4 Untuk fasa uap: Untuk fasa cair: Pada kedua persamaan tersebut muncul variabel baru, yaitu Z V dan Z L. Oleh karena itu kita memerlukan persamaan yang menghubungkan kedua variabel tersebut dengan P dan T  Persamaan keadaan

5 eosc2c2 c1c1 c0c0 vdW– B – 1A– AB RK– 1A – B – B 2 – AB SRK– 1A – B – B 2 – AB PRB – 1A – 2B – 3B 2 AB – B 2 – B 3

6 PARAMETER UNTUK PERSAMAAN KUBIK

7 Persamaan keadaan: V V sabagai akar terbesar V L sabagai akar terkecil

8 (determinant) Calculate:

9 Case 1:D > 0 1 real root and 2 imaginary roots Case 2:D = 0 three real roots and at least two are equal

10 Case 3:D < 0 three, distinct, real roots Where k = 0 for i = 1 k = 1 for i = 2 k = 2 for i = 3 The minus sign applies when L > 0, The plus sign applies when L < 0.

11

12 Aturan fasa: SISTEM DUA KOMPONEN Variabel sistem: P, T, x 1, y 1 Hal ini berarti bahwa: Derajat kebebasan = 2 Kita hanya boleh menentukan dua variabel termodinamis untuk mendefinisikan keadaan dari sistem (yang berada dalam keadaan keseimbangan) Misal untuk sistem yang berupa air-etanol. Jika kita menentukan T = 80  C dan P = 1 bar, maka keadaan keseimbangan hanya ada pada x et = 0,508 dan y et = 0,6564.


Download ppt "Aturan fasa: Variabel sistem: P, T Hal ini berarti bahwa: Derajat kebebasan = 1 Kita hanya boleh menentukan satu variabel termodinamis untuk mendefinisikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google