Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANAN JUDGMENT DALAM PERAMALAN 0LEH ERVITA SAFITRI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANAN JUDGMENT DALAM PERAMALAN 0LEH ERVITA SAFITRI."— Transcript presentasi:

1 PERANAN JUDGMENT DALAM PERAMALAN 0LEH ERVITA SAFITRI

2 PERAMALAN JUDGMENT Peramalan judgment adalah bentuk peramalan dengan menggunakan pendapat dari seseorang analis yang dimasukkan dalam proses peramalan. Teknik peramalan yang sering digunakan yaitu analisis data historis.Namun bila data historis yang dimiliki sedikit maka diperlukan lebih banyak judgment yang dimasukan dalam proses peramalan.

3 Metode peramalan Judgment 1.Kurve Pertumbuhan Metode peramalan petumbuhan menekan kan pada peubahan jangka panjang dari variabel yang dianalisis tanpa memperhatikan teknologi. Kurve pertumbuhan menunjukan hubungan antara wakltu dengan variabel yang diamati.

4 2. Metode Delphi Metode Delphi adalah metode yang diperoleh dari para ahli tentang yang akan diramalkan berdasarkan teori-teori, dengan meminta pendapat-pendapat dari anggota kelompok yang akan dijadikan objek penelitian

5 Penulisan Skenario Penulisan skenario adalah proses pendefenisisn ketidakpastian masa datang dengan cara menulis naskah tentang lingkungan dari sebuah organisasi selama beberapa tahun mendatang. Teknologi baru, penggeseran populasi dan perubahan permintaan konsumen adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan dan disusun dalam spekulasi untuk memancing pemikiran manajemen puncak.

6 Unsur-Unsur Judgment lainnya Jika analisis data historis sudah selesai, maka pembuat keputusan harus membuat judgment dengan memperhitungkan tindakan yang akan diambil. Unsur-unsur judgment yang dimasukan dalam prosedur pengambilan keputusan yaitu : 1. Konsep Nilai Harapan (expected value) merupakan perhitungan nilai rata-rata yang didapatkan oleh variabel numerik randam melalui beberapa percobaan.

7 Pembuat keputusan sering menggunakan nilai harapan sebagai penduga terbaik dalam merencanakan masa datang yang tidak pasti 2. Konsep Teori Utilitas (utility theory) adalah teori yang menggangap bahwa sejumlah dollar tidak dapat dipertimbangkan secara sederhana hanya dengan melihat nilainya, tetapi harus mempertimbangkan pengaruh berbagai jumlah dolar terhadap perusahaan.

8 3. Diagram Pohon (tree diagram) adalah diagram yang digunakan pengambil keputusan memvisualisasikan situasi yang kompleks untuk mengambil keputusan yang rasional.


Download ppt "PERANAN JUDGMENT DALAM PERAMALAN 0LEH ERVITA SAFITRI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google