Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JARINGAN KOMPUTER FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN KOMPUTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JARINGAN KOMPUTER FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN KOMPUTER."— Transcript presentasi:

1 JARINGAN KOMPUTER FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN KOMPUTER

2 PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

3 MEAN Computer network is a set of computers, printers and other linked devices Sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling berhubungan

4 FUNGSI JARINGAN KOMPUTER

5 FUNCTION Exchange information, documents and data. As well as to print a same printer. All hardware or softwares that are installed in the network can also be utilized together

6 FUNGSI Saling bertukar informasi, dokumen dan data Mencetak dengan printer yang sama Dapat menggunakan harware dan software yang terhubung dengan jaringan

7 JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

8 NETWORK TYPES LAN Jaringan komputer yang mempunyai area kerja tertentu (lokal), antara lain ; kantor, laboratorium, gedung, sekolah dan universitas. Umumnya jarak jaringan ini tidak lebih dari 1 km, karena jika terlalu jauh akan memperlambat transfer data/informasi.

9

10 NETWORK TYPES MAN Jaringan komputer yang mempunyai area kerja antarkota atau provinsi Area kerja jaringan MAN lebih besar dari jaringan LAN. Membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkauannya. Contoh; jaringan bank BRI di kota Solo yang bisa berhubungan dengan anak cabangnya di Sukoharjo

11

12 NETWORK TYPES WAN Jaringan komputer yang mempunyai area kerja mencapai antarprovinsi bahkan antarnegara. Biasanya, jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel komunikasi bawah laut. Contoh; jaringan Citibank, dimana anak cabangnya yang berada di Indonesia bisa berhubungan dengan kantor pusatnya di AS hanya dalam waktu beberapa menit.

13

14 HARDWARE COMPONENT TO BUILD A NETWORK

15 KOMPONEN PERANGKAT KERAS UNTUK PEMBANGUN JARINGAN Komputer untuk server Pusat/pengendali yang berisi program dan data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yang sama atau berbeza. Komputer untuk workstation (client), Komputer yang dijadikan sebagai client, yang bekerja sebagai pengolah data yang diakses dari komputer server. LAN card atau NIC (Network Interface Card) Digunakan untuk melakukan komunikasi antar komputer atau jaringan. Hub Digunakan untuk menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen. Komputer yang terhubung dengan hub dapat melakukan pertukaran data secara bergantian. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan. Konektor RJ 45 Digunakan sebagai penghubung atau konektor untuk kabel UTP.

16

17

18 PERANGKAT LAIN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENINGKATKAN ATAU MEMPERLUAS JARINGAN (INTERNETWORKING) : Switch, Digunakan untuk mengalokasikan jalur lalu lintas data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tujuan, lalu lintas data ke beberapa jaringan dapat dilakukan bersama-sama Repeater Digunakan untuk mengulangi sinyak yang diterima sebelum dikirim ke alamat tujuan dalam sistem jaringan. Repeater tergabung dengan hub, atau disebut hub aktif. Brigde Digunakan untuk menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data (menggabungkan beberapa jaringan) Router Digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Bekerja berdasarkan sebuah protokol jaringan. Gateway Jelaskan pengertian gateway ?

19 NETWORK TOPOLOGI

20 MEAN An architectural network computer, that arrangers a network in a way that each computer is interconnected. Merupakan arsitektur komputer jaringan, yaitu bagaimana suatu jaringan disusun sedemikian ruma sehingga komputer dapat terhubung satu dengan lainnya.

21 JENIS-JENIS TOPOLOGI TOPOLOGI BUS Disebut juga linier bus, karena hubungannya hanya melalui satu kabel yang linier. Kabel yang digunakan adalah kabel koaksial. Pada awal dan akhir dari kabel jaringan diberi terminator.

22 JENIS-JENIS TOPOLOGI TOPOLOGI STAR Topologi yang berbentuk bintang. Setiap titik (node) dihubungkan dengan kabel ke hub atau concentrator.

23 JENIS-JENIS TOPOLOGI TOPOLOGI RING Setiap node dalam topologi ring saling berhubungan dengan node lainnya sehingga berbentuk seperti lingkaran (ring).

24 JENIS-JENIS TOPOLOGI TOPOLOGI JALA TOPOLOGI POHON DLL

25 MEDIA PENGHUBUNG JARINGAN KOMPUTER

26 NETWORK CONNECTOR MEDIA WIRED NETWORK (Jaringan Kabel) -Kabel UTP (unshielded twisted pair) Sepasang konduktor yang terbungkus plastik sebagai isolator yang diberi warna. Frekuensi 100 Hz – 5 Mhz. Menggunakan konektor RJ 45. Tergolong murah. -Kabel STP Bentuk hampir sama dengan UTP dengan tambahan pembungkus tengah berupa metal atau metal foil untuk menghindari gangguan elektromagnetis. Menggunakan konektor RJ 45 - Kabel Koaksial Tersusun dari sebuah konduktor inti dari tembaga yang dilapisi 3 pembungkus. Pembungkus ke 1 dan ke 3 adalah isolator, pembungkus ke 2 adalah konduktor. Konektor yang dipakai : BNC (bayonet network connector), konektor-T, dan terminator 50 ohm.

27 NETWORK CONNECTOR MEDIA - Serat Optik Terbuat dari plastik kaca yang berfungsi sebagai media transmisi sinyal yang berbentuk cahaya. Menggunakan konektor FO. Transmisi kecepatan 10Mbps – 2 Gbps. Jangkauan sinyal lebih jauh, mudah patah dan pemasangan sulit, serta biaya yang mahal. 2.Wireless Network (Jaringan Nirkabel) Tidak menggunakan kabel, sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik. Cepat tidaknya hubungan antarkomputer dipengaruhi oleh jangkauan frekuensi (badwidth). Semakin lebar badwidth semakin cepat transmisinya. Contoh; pada penggunaan Wifi (Wireles Fidelity), menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya.

28 PROTOKOL JARINGAN

29 MEAN Is the same regulation in computer communication in order to exchange information. Suatu peraturan yang sama dalam cara berkomunikasi antarkonputer sehingga dapat saling bertukar informasi.

30 JENIS PROTOKOL JARINGAN Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan Mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan, jenis dan banyaknya kabel yang digunakan untuk transmisi. Protokol dari Sistem Operasi yang Digunakan Sistem Operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX. Microsoft menggunakan protokol NetBeui. Sedangkan standar pada Internet menggunakan protokol TCP/IP

31 CARA KERJA JARINGAN Jaringan Berbasis Server Disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan OS Windows 2000 server dan client menggunkan OS Windows 98SE, XP, dll. Semuanya terhubung dalam jaringan dan dikelola oleh pengontrol domain (server). Menggunakan account workstation sehingga keamanan terjaga. Jaringan Berbasis Peer to Peer Setiap komputer dapat membuat account user dan berbagi sumber (sharing) dengan komputer lain dalam suatu jaringan, sehingga bersifat sebagai server sekaligus workstation. Tidak membedakan OS yang dipakai. Diorganisir ke dalam workgroup. Keamanan tidak terjaga.

32 LATIHAN Tuliskan pengertian Jaringan Komputer dan manfaatnya ! Tuliskan jenis-jenis jaringkan komputer ! Menurut pendapatmu, jenis topologi apa yang sederhana yang dapat digunakan untuk fasilitas jaringan komputer yang ada di sekolah, jelaskan alasannya !


Download ppt "JARINGAN KOMPUTER FUNGSI DAN PROSES KERJA JARINGAN KOMPUTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google