Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh, ASTRI FITRIA NUR’ANI META YULIANI AFISKA KELAS 1C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh, ASTRI FITRIA NUR’ANI META YULIANI AFISKA KELAS 1C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS."— Transcript presentasi:

1

2

3 Disusun oleh, ASTRI FITRIA NUR’ANI META YULIANI AFISKA KELAS 1C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON

4 Gambaran Umum Ekologi Kabupaten Cirebon Potensi DaerahPermasalahan yang munculSolusi

5 Data yang kami peroleh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon sebagai berikut : A. Air Tanah Kondisi air tanah di beberapa desa pesisir seperti Mundu, Gunung Jati, Cirebon Utara, Kecamatan Klangenan, Kecamatan Losari, Kesamatan Lebang, dan Kecamatan Kapetakan sudah terjadi intrusi air laut. Air tanah di daerah tersebut sudah mulai payau. Akibatnya penduduk setempat mulai kesulitan mendapatkan air murni untuk keperluan sehari-hari, terutama untuk diminum. Kodisi air permukaan di DAS Cipager dan Pekik Cimanis juga sudah kritis bahkan sampai sangat kritis.

6 Berikut ini kriteria penilaian air tanah menurut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, yaitu : A = dapat langsung diminum B = dapat diminum melalui pengolahan terlebih dahulu C = hanya dipakai untuk perikanan D = hanya dipakai untuk industry Dari kriteria tersebut, didapat hasil bahwa kondisi air tanah di Kabupaten Cirebon tergolong C bahkan hampir mendekati D. Hal ini berarti air tersebut tidak layak untuk diminum karena sudah terjadi pencemaran yang sangat berat.

7 B. Air Laut Air laut di Kabupaten Cirebon sebenarnya sangat berpotensi untuk perikanan dan pariwisata. Namun sekarang ini air laut sudah mengalami sedimentasi tinggi, erosi hulu sungai, dan kadar logamnya tinggi. Kadar logam (timbal) ini berasal dari oli kapal laut yang bercampur dengan air laut. Hal itu mengakibatkan air laut keruh, serta produksi ikan dan garam menurun. C. Udara Pada beberapa daerah di Kabupaten Cirebon, kondisi udara sudah mulai tercemar. Misalnya di daerah Palimanan, terdapat pabrik semen (Indosemen) sehingga debunya meningkat. Namun sejauh ini keadaan udara di Kabupaten Cirebon masih aman dan layak hirup.

8 Pencemaran sumbernya dari mana ya??? Sumber Pencemaran itu ada dua macam… 1.Berasal dari Domestik 2.Berasal dari Industri

9 Sikap acuh tak acuh terhadap lingkungan tentu akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakatnya. Dampak yang ditimbulkan diantaranya: 1. Terjadinya longsor. Hal ini terjadi akibat rusaknya supadan sungai. 2. Timbul berbagai macam penyakit, seperti ispa, diare, penyakit kulit, dan tipes. 3. Produksi ikan dan garam menurun. 4. Susahnya mendapatkan air bersih, terutama untuk minum.

10 Dampak Pencemaran

11 A. B e l a w a B. Situ Sedong C. Banyu Panas Palimanan D. P l a n g o n E. Situ Patok F. Cikalahang G. Wanawisata Ciwaringin

12

13

14

15

16

17

18 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pencemaran serta pelestarian lingkungan, yaitu: 1. Setiap orang harus memiliki etika lingkungan 2. Pengelolaan lingkungan hidup dengan beberepa cara, yaitu mencegah terjadinya pencemaran, pengawetan tanah,serta pengaturan tata guna lahan dan air.

19


Download ppt "Disusun oleh, ASTRI FITRIA NUR’ANI META YULIANI AFISKA KELAS 1C PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google