Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI DAN BERBAGAI ISU DALAM E-COMMERCE. Pendahuluan  Aplikasi e-commerce di banyak perusahaan telah melalui beberapa tahap utama sejalan dengan makin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI DAN BERBAGAI ISU DALAM E-COMMERCE. Pendahuluan  Aplikasi e-commerce di banyak perusahaan telah melalui beberapa tahap utama sejalan dengan makin."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI DAN BERBAGAI ISU DALAM E-COMMERCE

2 Pendahuluan  Aplikasi e-commerce di banyak perusahaan telah melalui beberapa tahap utama sejalan dengan makin matangnya e-commerce di dunia bisnis.  Contohnya, e-commerce antara perusahaan dengan pelanggan (B2C) berpindah dari hanya menawarkan informasi multimedia atas perusahaan di situs web perusahaan (brochureware), menjadi penawaran produk dan jasa di situs pajangan web melalui katalog elektronik dan transaksi penjualan online.

3 Berbagai Tren dalam E-Commerce  (1) E-Commerce Business-to-Consumer  Aplikasi e-commerce yang berfokus pada pelanggan memiliki tujuan penting yang sama: menarik calon pembeli, melakukan transaksi atas barang dan jasa, serta membangun loyalitas pelanggan melalui pelayanan yang baik untuk setiap individu dan terlibat dengan berbagai fitur komunitas.

4 E-Commerce Business-to-Consumer  Apa yang diperlukan untuk menciptakan perusahaan e-commerce B2C yang berhasil?  Salah satu jawaban yang jelas adalah menciptakan usaha bisnis web yang menawarkan berbagai produk dan jasa yang menarik dengan nilai besar untuk pelanggan, dan yang rencana bisnisnya didasarkan pada perkiraan yang realistis atas tingkat laba dalam tahun pertama atau kedua operasinya-sebuah kondisi yang tidak ada dalam banyak perusahaan dot com yang gagal

5 Contoh beberapa situs web terkemuka Situs Web Terkemuka Amazon.com (www.amazon.com)www.amazon.com Amazon.com adalah perkecualian aturan bahwa pelanggan cenderung membeli dari peritel “dunia nyata” secara online. Sebagai pelopor dari semua situs perbelanjaan, Amazon menampilkan banyak sekali pilihan buku, video, DVD, CD, mainan, peralatan dapur, elektronik, dan bahkan perangkat rumah serta kebun yang dijual ke jutaan pelanggan yang loyal. eBay (www.ebay.com)www.ebay.com Situs lelang legendaris ini mengoperasikan pasar barang bekas elektronik terbesar di dunia, dengan menawarkan segala sesuatu dari barang antik, komputer, dan koin hingga dispenser Pez serta kartu baseball. Situs ini meluncurkan miliaran tampilan halaman per bulan, dan jutaan barang untuk dijual dalam ribuan kategori yang didukung oleh ribuan kelompok dengan minat khusus. Eddie Bauer (www.eddiebauer.com)www.eddiebauer.com Raksasa baju olah raga Eddie Bauer mengintegrasikan toko ritelnya, situs web, dan katalognya. Para pembeli dapat mengembalikan barang ke toko Eddie Bauer dimana pun, tidak peduli darimana belinya-sebuah kebijakan yang seharusnya diikuti oleh pedagang lainnya. Lands’ End (www.lansend.com)www.lansend.com Dengan pengalaman beberapa musim sebagai peritel online, Lands’ End adalah perusahaan yang secara profesional dapat memebuhi harapan para pembelinya. Salah satu dari fiturnya yang terbaik:Specialty Shoppers. Seorang karyawan bagian layanan pelanggan akan membantu Anda memilih serta menjawab berbagai pertanyaan melalui telepon atau perbincangan langsung.

6 Beberapa faktor utama untuk keberhasilan e-commerce Faktor-faktor Keberhasilan E-Commerce Pilihan dan nilai. Pilihan produk yang menarik, harga yang bersaing, jaminan kepuasan, dan dukungan pelanggan setelah penjualan. Kinerja dan Pelayanan. Navigasi, proses belanja, dan pembelian serta konfirmasi pengirimana yang cepat dan mudah. Tampilan dan rasa. Pajangan web, situs web, area belanja, produk multimedia, halaman katlog, dan fitur belanja yang menarik. Iklan dan insentif. Iklan web dan promosi bersasaran serta penawaran khusus, termasuk iklan di berbagai situs afiliasi. Perhatian personal. Halaman web personal, saran produk yang dipersonalisasi, iklan web dan pemberitahuan , serta dukungan interaktif untuk semua pelanggan. Hubungan dengan komunitas. Komunitas virtual para pelanggan, pemasok, perwakilan perusahaan dan lain-lainnya melalui newsgroup, ruang bincang, serta berbagai hubungan ke situs-situs terkait. Keamanan dan Keandalan. Keamanan informasi pelanggan dan transaksi di situs web, informasi produk yang dapat dipercaya, serta pemenuhan pesanan yang dapat diandalkan.

7 Persyaratan toko web ini harus diimplementasikan oleh perusahaan atau layanan hosting situs web mereka, agar dapat mengembangkan bisnis e-commerce yang berhasil Mengembangkan Toko Web Bangun Alat desain situs web Template desain situs Layanan desain khusus Hosting situs web Pasar Iklan halaman web Promosi lewat Pertukaran iklan web dengan situs afiliasi Pendaftaran mesin pencari Melayani Pelanggan Anda Layanan Halaman web yang dipersonalisasi Katalog multimedia dinamis Mesin pencari katalog Kereta belanja terintegrasi Transaksi Proses pesanan yang fleksibel Pemrosesan kartu kredit Pengiriman dan perhitungan pajak Pemberitahuan pesanan lewat Dukungan Bantuan online situs web layanan pelanggan Kelompok diskusi dan ruang bincang Hubungan ke berbagai situs terkait Mengelola Toko Web Pengelolaan Statistik pemakaian situs web Laporan penjualan dan persediaan Manajemen rekening pelanggan Hubungan ke sistem akuntansi Operasi Hosting situs web 24 x 7 Dukungan teknologi online Kapasitas jaringan yang dapat diukur Server dan daya (power) yang lebih dari cukup Perlindungan Perlindungan password pemakai Pemrosesan pesanan yang dienkripsi Administrasi situs web yang dienkripsi Firewall jaringan dan pemonitor keamanan

8 E-Commerce Business-to-Business  E-Commerce Business-to-Business adalah sisi grosir dan pasokan dari proses komersial, tempat berbagai perusahaan membeli, menjual atau berdagang dengan perusahaan-perusahaan lainnya.  E-Commerce B2B bergantung pada banyak teknologi informasi yang berbeda, sebagian besar diimplementasikan dalam situs web e-commerce di world wide web serta intranet dan ekstranet perusahaan.  Aplikasi B2B meliputi sistem katalog elektronik, sistem perdagangan elektronik seperti portal jual beli dan lelang, pertukaran data elektronik (EDI), transfer dana elektronik, dll.

9 Jenis-jenis Pasar E-Commerce Pasar E-Commerce Satu ke banyak (one to many) : Sisi jual pasar. Menjalankan satu pemasok besar, yang menetapkan penawaran katalog produk dan harga. Contohnya : Cisco.com dan Dell.com Banyak ke satu (many to one) : Sisi beli pasar. Menarik banyak pelanggan yang mengerumuni tempat jual beli ini untuk menawar bisnis dari pembeli besar seperti GE atau AT & T. Beberapa ke banyak (some to many) : Pasar distribusi. Menggabungkan para pemasok besar yang menggabungkan katalog produk mereka untuk menarik lebih banyak pembeli. Contohnya: VerticalNet dan Works.com Banyak ke beberapa (many to some) : Pasar pengadaan barang. Menggabungkan para pembeli besar yang menggabungkan katalog pembelian mereka untuk menarik lebih banyak pemasok dan lebih banyak persaingan serta harga yang lebih rendah. Contohnya: Covisint dalam industri otomotif dan Pantellos dalam industri ketenagaan. Banyak ke banyak (many to many): Pasar lelang yang digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang dapat membuat berbagai lelang dari pembeli atau penjual untuk secara dinamis mengoptimalkan harga. Contohnya : eBay dan FreeMarkets.

10 “Clicks and Bricks” dalam e-Commerce  Perusahaan mengetahui bahwa keberhasilan akan datang bagi siapa saja yang dapat menjalankan strategi “clicks and bricks” (“clicks” [klik] berarti menggunakan internet, sedangkan “bricks” [batu bata] berarti nenggunakan bangunan atau toko sebagaimana penjualan tradisional; jadi perusahaan memiliki baik toko virtual maupun toko yang sesungguhnya), yang menjembatani dunia nyata dengan dunia virtual. Perusahaan yang berbeda akan perlu mengikuti jalur yang sangat berbeda untuk memutuskan seberapa dekat-atau jauhnya-integrasi usaha internet mereka dengan operasi tradisional mereka.

11 Integrasi E-Commerce  Internet hanyalah saluran lain yang dipasang ke dalam arsitektur bisnis.  Contoh kasus Perusahaan peritel perlengkapan kantor yang secara penuh mengintegrasikan saluran penjualan e-commerce mereka, OfficeDepot.com, ke dalam operasi tradisional bisnis mereka.  Kasus bisnis untuk strategi semacam itu terletak pada :  Pemanfaatan kemampuan strategis unik apa pun yang ada dalam operasi bisnis tradisional perusahaan, yang dapat digunakan untuk mendukung bisnis e-commerce.  Cara mendapatkan beberapa manfaat strategis dari mengintegrasikan e-commerce ke dalam bisnis tradisonal perusahaan; spt berbagi merk terkenal dan informasi bisnis penting, serta efisiensi kekuatan pembelian bersama dan distribusi.

12 Strategi “Clicks and Bricks” Lainnya  Strategi “Clicks and Bricks” lainnya berkisar dari integrasi sebagian e-commerce dengan menggunakan kemitraan usaha bersama serta kemitraan strategis, hingga pemisahan penuh melalui pemisahan dari perusahaan e-commerce yang independen.  Contoh:Kbtoys.com adalah usaha bersama e-commerce antara KB online Hodlings LLC, yang dibuat oleh peritel KB Toys dan Brainplay.com, dahulu adalah peritel elektronik untuk produk bagi anak-anak. Perusahaan tsb 80%nya dimiliki KB Toys, tetapi dengan tim manajemen yang independen dan sistem distribusi yang terpisah.

13  Contoh manfaat dan tantangan dari strategi “clicks and bricks” yang sepenuhnya terpisah.  Barnesandnoble.com dibuat sebagai perusahaan e- commerce independen yang dibentuk oleh jaringan ritel buku Barnes & Noble.  Manfaat : perusahaan e-commerce tsb utk memperoleh pendanaan modal investasi senilai beberapa ratus juta dolar, menciptakan budaya kewirausahaan, menarik manajemen kualitas, menjaga tingkat fleksibilitas yang tinggi dari manajemen, serta mempercepat pengambilan keputusan.  Peritel elektronik buku tsb tidak memiliki kinerja yang baik sejak didirikan dan gagal untuk mencuri pangsa pasar dari Amazon.com, pesaing utamanya. Strategi “Clicks and Bricks” Lainnya

14 Pertanyaan 1. Jelaskan apa yang dimaksud EFT (electronic funds transfer) dalam e-commerce! 2. Setelah jatuhnya saham Nasdaq 2000, banyak perusahaan dot com (yang mengkhususkan dirinya hanya untuk ritel melalui e-commerce) yang gulung tikar, menurut Anda apa penyebab kegagalan bisnis tsb? 3. Jika mempersonalisasikan pengalaman situs web adalah kunci dari faktor keberhasilan e-commerce, mk proses pembuatan profil elektronik utk menelusuri perilaku situs web pelanggan adalah hal yg penting. Apakah anda setuju atau tdk setuju dgn pernyataan ini? Jelaskan pendapat anda!


Download ppt "APLIKASI DAN BERBAGAI ISU DALAM E-COMMERCE. Pendahuluan  Aplikasi e-commerce di banyak perusahaan telah melalui beberapa tahap utama sejalan dengan makin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google