Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NILAI-NILAI PANCASILA. -Menunjukkan suatu zat atau causa prima dari alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah penyebab dari segala awal kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NILAI-NILAI PANCASILA. -Menunjukkan suatu zat atau causa prima dari alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah penyebab dari segala awal kehidupan."— Transcript presentasi:

1 NILAI-NILAI PANCASILA

2 -Menunjukkan suatu zat atau causa prima dari alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah penyebab dari segala awal kehidupan dan segala yang ada termasuk manusia. -Ketuhanan berarti sifat –sifat Tuhan seperti : Yang Mahakuasa; Yang Maha Pencipta; Yang Mahaadil; Yang Maha Pengasih. -Kata Maha Esa berarti, mahasatu; mahatunggal, tidak terbagi dan tidak terdiri dari unsure-unsur. -Isi dan makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sebagai berikut : a.Adanya pengakuan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa, dan menjadi dasar keyakinan setiap aoaratur negara dan setiap warga bangsa. ( Menjadikan Tuhan YME sebagai dasar moral dalam setiap kebijakan dan negara beserta aparaturnya harus bermoral tinggi. b.Setiap warga negara berkewajiban memeluk agama dan taat menjalankan ajarannya. c.Sikap toleransi dalam hidup beragama. -Menunjukkan suatu zat atau causa prima dari alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah penyebab dari segala awal kehidupan dan segala yang ada termasuk manusia. -Ketuhanan berarti sifat –sifat Tuhan seperti : Yang Mahakuasa; Yang Maha Pencipta; Yang Mahaadil; Yang Maha Pengasih. -Kata Maha Esa berarti, mahasatu; mahatunggal, tidak terbagi dan tidak terdiri dari unsure-unsur. -Isi dan makna Sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sebagai berikut : a.Adanya pengakuan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa, dan menjadi dasar keyakinan setiap aoaratur negara dan setiap warga bangsa. ( Menjadikan Tuhan YME sebagai dasar moral dalam setiap kebijakan dan negara beserta aparaturnya harus bermoral tinggi. b.Setiap warga negara berkewajiban memeluk agama dan taat menjalankan ajarannya. c.Sikap toleransi dalam hidup beragama.

3 -Kemanusiaan yang adil dan beradab brarti sikap manusia yang memperlakukan manusia lainnya secara adil yakni memberikan apa yang menjadi haknya dan seimbang dengan kewajiban yang ia darma baktikan pada lingkungannya. -Menurut kodratnya manusia mempunyai hak-hak yang melekat kepada kemanusiaanya, seperti kebebasan untuk hidup, berbicara, berkumpul, beragama. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai hak-hak dasar dan kewajiban-kewajiban dasar. -Negara mengakui akan adanya dan menghormati akan berlakunya HAM di Indonesia. -Kemanusiaan yang adil dan beradab brarti sikap manusia yang memperlakukan manusia lainnya secara adil yakni memberikan apa yang menjadi haknya dan seimbang dengan kewajiban yang ia darma baktikan pada lingkungannya. -Menurut kodratnya manusia mempunyai hak-hak yang melekat kepada kemanusiaanya, seperti kebebasan untuk hidup, berbicara, berkumpul, beragama. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai hak-hak dasar dan kewajiban-kewajiban dasar. -Negara mengakui akan adanya dan menghormati akan berlakunya HAM di Indonesia.

4 -Persatuan berarti “disatukannya” berbagai macam unsure menjadi satu kesatuan. -Persatua Indonesia berarti bersatunya bangsa Indosesia yang terdiri dari berbagai macam suku. Bahasa, adat istiadat, agama menjadi satu bangsa yang utuh tidak terbagi-bagi. -Empat tonggak sejarah yang menjadi titik tolak persatuan Indonesia yakni, berdirinya kerajaan Sriwijaya ( abad VII ); Munculnua kerajaan Majapahit ( abad XIII ); lahirnya kerajaan Demak dan Mataram ( abad XVI ) dan Sumpah Pemuda Unsur –unsur utama persatuan Indonesia yaitu : 1.Satunya bangsa Indonesia itu terdiri dari banyak unsure ( Bhineka Tunggal Ika ) 2.Untuk memperkokoh persatua diperlukan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk mewujudkan persatuan Indonesia. 3.Persatua Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa dan ber-Perikemanusiaan yang adil dan beradab. -Persatuan berarti “disatukannya” berbagai macam unsure menjadi satu kesatuan. -Persatua Indonesia berarti bersatunya bangsa Indosesia yang terdiri dari berbagai macam suku. Bahasa, adat istiadat, agama menjadi satu bangsa yang utuh tidak terbagi-bagi. -Empat tonggak sejarah yang menjadi titik tolak persatuan Indonesia yakni, berdirinya kerajaan Sriwijaya ( abad VII ); Munculnua kerajaan Majapahit ( abad XIII ); lahirnya kerajaan Demak dan Mataram ( abad XVI ) dan Sumpah Pemuda Unsur –unsur utama persatuan Indonesia yaitu : 1.Satunya bangsa Indonesia itu terdiri dari banyak unsure ( Bhineka Tunggal Ika ) 2.Untuk memperkokoh persatua diperlukan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk mewujudkan persatuan Indonesia. 3.Persatua Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa dan ber-Perikemanusiaan yang adil dan beradab.

5 -Kerakyatan adalah sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat dan rakyatlah yang mempunyai kedaulatan. -Hikmat kebijaksanaan artinya : daya upaya dengan menggunakan pikiran yang sehat, itikat baik, jujur dan bertanggungjawab. -Permusyawaratan tata-cara khas bangsa Indonesia dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat. -Kerakyatan adalah sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat dan rakyatlah yang mempunyai kedaulatan. -Hikmat kebijaksanaan artinya : daya upaya dengan menggunakan pikiran yang sehat, itikat baik, jujur dan bertanggungjawab. -Permusyawaratan tata-cara khas bangsa Indonesia dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat.

6 1.Negara hendak mewujudkan keadilan diseluruh lapangan kehidupan kepada setiap warga negara keseluruh wilayah negara. 2.Upaya yang ditempuh untuk mencapai masyarakat adil makmur adalah azas kekeluargaan. 1.Negara hendak mewujudkan keadilan diseluruh lapangan kehidupan kepada setiap warga negara keseluruh wilayah negara. 2.Upaya yang ditempuh untuk mencapai masyarakat adil makmur adalah azas kekeluargaan.


Download ppt "NILAI-NILAI PANCASILA. -Menunjukkan suatu zat atau causa prima dari alam semesta dengan segala isinya. Tuhan adalah penyebab dari segala awal kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google