Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN DATA PERTEMUAN-4 MANAJEMEN DATA OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN DATA PERTEMUAN-4 MANAJEMEN DATA OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN DATA PERTEMUAN-4 MANAJEMEN DATA OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS

2 1. Sumber Data : a. Internal : data disimpan dalam satu atau beberapa tempat dalam suatu organisasi. Data ini mengenai orang, produk, services proses. Contoh : data karyawan, pengga- jian. b. Eksternal : mulai dari data komersil sam- pai data yang dikumpulkan dari sensor dan satelit.

3 c. Personal : para pakar dapat memberikan kontribusinya pada MSS untuk pelbagai aplikasi tertentu. Contoh : perkiraan penjualan atau opini mengenai kompetitor.

4 2. Pelayanan Database Komersial Pelayanan database online (komersial) men- jual akses ke database yang besar (biasa- nya antar negara). Ini dapat menambah data eksternal ke MSS untuk waktu tertentu pada biaya yang layak. Yang diperlukan adalah terminal komputer, moderm, telpon, password, dan biaya pelayanan. Pelayanan database onlaine dikembangkan secara terpisah satu sama lain, dengan pel- bagai perbedaan pada bahasa perintah yang dipakai, struktur file, dan protokol akses.

5 Contoh : - CompuServe and The Source - CompuSat - Data Resoaurces, Inc. - Dow Jones Information Service - Interactive Data Corporation - Lockheed Information Systems - Mead Data Central.

6 3. Database dan Manajemen Database DBMS didesain untuk berbagai suplemen yang mengizinkan kita dalam mengintegrasikan data dalam skala yang lebih besar, struktur file yang kompleks, pengambilan, pengubahan dan penam- pilan data secara cepat, dan keamanan data yang lebih baik dari sekedar database biasa. Software Database : - Procedural Languages : Basic, Cobol, Fortran, dan Fortran, dan Pascal, C ++, Delphi, Java, C#, PHP, dll.

7 - Nonprocedural Fourth-Generation Language (4GLs). Bahasa utama dalam kebanyakan generator SPK dan pelbagai tool MSS lainnya. - Problem-Oriented Language : Bahasa ini mengizinkan programer untuk men- jelaskan karakteristik masalah yang diselesaikan bukannya prosedur-prosedur yang harus diikuti. Contoh : GPSS (General Purpose Simulation Software) digunakan untuk mengkonstruksi SPK yang besar.

8 4. Struktur Database dan SQL a. Relational database : Beberapa file data “direlasikan” dengan field data dari dua (atau lebih) file data. Keuntungan bentuk ini adalah user mudah mempelajari, data mudah dikem- bangkan atau diubah, dan mudah di- akses dalam pelbagai format tanpa perlu mengantisipasinya pada waktu awal mendesain dan membangkitkannya.

9 b. Hierarchical : Menyusun file data dalam gaya top down, membuat link logikal diantara item data yang berelasi, sehingga mirip seperti pohon, atau bagan organisasi. c. Network : Struktur ini mengizinkan link yang kompleks, termasuk koneksi rumit diantara item-item yang berelasi. Model ini disebut dengan model CODASYL. Ini dapat menghemat penyimpanan data dengan men-share-nya pada bbrp item.

10 d. SQL : Bahasa data yang menjadi standar untuk mengakses dan memanipulasi data dalam RDBMS. Digunakan untuk menakses online ke database, untuk pelbagai operasi DBMS dari program, dan untuk fungsi fungsi administrasi database. Juga digunakan untuk mengakses dan memanipulasi fungsi produk software DBMS terkemuka saat ini (Contoh : Oracle, DB2, Ingres, dan Supra). SQL adalah bahasa nonprocedural dan user- friendly, shg end-user dapat menggunakannya dalam query dan pelbagai operasi database.

11 5. Object-Oriented Database (OODB) - Aplikasi MSS yang kompleks, misalnya yang melibatkan CIM (Computer Integra- ted Manufacturing) membutuhkan akses ke data yang kompleks, yang melibatkan gambar-gambar dan relasi yang juga kompleks. - Arsitektur database hierarchical, network ataupun relational, dan SQL tak dapat mengatasi database yang kompleks tersebut secara efisien.

12 - Manajemen data berorientasi objek didasarkan pada pemrograman berbasis data. - Contoh : Smalltalk, C++, C#, Delphi, Java, PHP, dll 6. Aplikasi Database dan Spreadsheet - Hal utama yang ada di DBMS adalah manajemen data, yaitu membuat, meng- hapus, mengubah, dan menampilkan data. DBMS mengizinkan user utk meng- query seperti menghasilkan report.


Download ppt "MANAJEMEN DATA PERTEMUAN-4 MANAJEMEN DATA OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google