Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JOKO WURYANTO, 2101907014 Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JOKO WURYANTO, 2101907014 Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa."— Transcript presentasi:

1 JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa SMP

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : JOKO WURYANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - bas4iyo pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Mukh Doyin, M. Si. - PEMBIMBING 2 : Drs. Wagiran, M. Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa SMP

4 Abstrak Karya sastra adalah kehidupan buatan atau rekaan sastrawan. Karya sastra pada umumnya merupakan gambaran peristiwa atau kejadian dalam kehidupan sehari- hari di masyarakat, meskipun tidak sama persis. Karya sastra menurut bentuknya dibagi atas prosa, puisi, dan drama. Lakon wayang purwa termasuk dalam bagian drama, aktornya adalah tokoh-tokoh wayang. Hanya bedanya dimainkan oleh seorang dalang. Lakon wayang purwa sangat kaya dengan berbagai model perangai manusia, baik wayang yang berwatak jahat maupun yang berbudi luhur. Yang berbudi luhur misalnya tokoh Pandawa, sedangkan yang berwatak jahat misalnya tokoh Kurawa. Wayang mempunyai nilai-nilai pendidikan yang bisa diajarkan bagi siswa SMP. Masalah pokok penelitian ini adalah pertama, nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto. Kedua, apakah nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dapat diajarkan di SMP. Tujuan penulisan skripsi ini adalah menemukan nilai-nilai pendidikan dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dan meneliti kemungkinannya nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dapat diajarkan di SMP serta teknik bahan ajarnya.. Penulisan Skripsi ini menggunakan pendekatan pragmatik untuk menganalisis unsur intrinsik dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dan menganalisis kemungkinan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon tersebut sebagai bahan ajar bagi siswa SMP. Langkah-langkah analisis dengan pendekatan pragmatik untuk mengungkapkan pesan pengarang yang disampaikan kepada pembaca. Setelah menganalisis lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto, penulis berkesimpulan bahwa lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto mengandung nilai keagamaan,nilai kepatuhan, nilai tanggung jawab, nilai moral, nilai sopan santun, nilai kasih sayang, dan nilai sosial. Nilai-nilai pendidikan itu memenuhi syarat sebagai bahan ajar di SMP, serta dibuat teknik penyajian bahan ajarnya dari salah satu nilai pendidikan tersebut. Atas dasar simpulan itu, penulis mengharapkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci dapat digunakan sebagai alat mendidik siswa. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa SMP.

5 Kata Kunci Nilai Pendidikan, Dewa Ruci, Kemungkinan Bahan Ajar.

6 Referensi Ali, M. Nasir Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Mutiara. Amir, Hazmin Nilai-Nilai Etis Dalam Wayang. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Depdikbud Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Endraswara, Suwardi Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: CV Radhita Buana. Hamalik, Oemar Media Pendidikan. Bandung: Alumni Mujiyanto, Yant Manik-Manik Sastra Indonesia II. Surakarta: UNS Press Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss. Rahmanto, B Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Rumini, Mien Pengajaran Apresiasi Sastra. Jakarta: Universitas Terbuka. Satoto, Sudiro Wayang Kulit Purwa Makna dan Struktur Dramatiknya. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi) Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Semi, M. Atar Metode Penelitian Sastra. Bandung: PT Angkasa. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Menengah Jakarta: BP Media Pustaka Mandiri. Sudjiman, Panuti Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya. Suharianto, S Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta. Sumardi Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan. Surakarta: UNS Press Sumardjo, Jakob dan Saini Pengajaran Sastra SMP / SMA. Jakarta: Gramedia. Suwondo, Tirto Nilai-Nilai Budaya Susastra Jawa. Yogyakarta: Depdikbud. Suyitno Sastra Tata Nilai dan Eksegesis. Yogyakarta: Hanindita. Teeuw, A Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya. Waluyo, Herman J Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT Hanindita Graha.

7 Terima Kasih


Download ppt "JOKO WURYANTO, 2101907014 Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google