Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jurnalisme Online Munarsih Sahana. Background : kebutuhan informasi dan komunikasi yang cepat, update, kontekstual, kapan saja, dimana saja Definisi :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jurnalisme Online Munarsih Sahana. Background : kebutuhan informasi dan komunikasi yang cepat, update, kontekstual, kapan saja, dimana saja Definisi :"— Transcript presentasi:

1 Jurnalisme Online Munarsih Sahana

2 Background : kebutuhan informasi dan komunikasi yang cepat, update, kontekstual, kapan saja, dimana saja Definisi : pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan via internet (Wikipedia) Juga disebut sbg. Jurnalisme Judul –perilaku pembaca yang “headline reader” atau “lead reader”

3 Karakteristik Halaman web memiliki kapasitas besar Pemuatan dan editing naskah bisa dimana saja, kapan saja asal ada internet Cepat – diunggah langsung bisa dibaca Sebaran luas - menjangkau pembaca secara global, “borderless”, 24 jam Update dan aktual, (bisa) interaktif, dan terhubung dengan sumber/tautan lain

4 Jenis Tulisan News (5W+H) - struktur piramida terbalik. Sistematika : Judul – lead – body Opini – pendapat atau analisis mengenai suatu topik, masalah atau peristiwa Feature – tulisan khas yang memadukan fakta dan opini : catatan perjalanan, biografi, profil, backgrounder, ulasan seni, musik, dsb.

5 Hindari : Kata “dan”, “sehingga” di awal kalimat Kata mubazir : sementara itu, dalam rangka, perlu diketahui, seperti kita ketahui, dapat ditambahkan, selanjutnya, adapun, bahwa, dll. Padanan dari B. Inggris : who, whom, which, where sbg. kata sambung : dalam mana, dalam pada itu, dengan mana, hal mana, yang mana, dll.

6 Pasangan kata : baik….maupun…tidak hanya…tetapi juga…tetapi…bukan hanya…melainkan, dll. Penggunaan angka di awal kalimat : 12 orang tewas dalam kecelakaan…. sebaiknya : Duabelas orang tews… Belasan orang tewas…. Kecelakaan…menewaskan….

7 Fakta ttg. pembaca online : Menilai situs dalam hitungan detik Melihat, pindai, baru membaca Sekitar 80 % memindai (melihat dari kiri atas ke kanan) lalu gambar, grafis, desain Secara umum user pertama kali tertarik pada : judul, ringkasan tulisan, atau caption Cenderung ingin membaca cepat

8 Pertama kali melihat teks (70 %), baru foto atau grafis Tidak membaca kata-perkata tetapi lebih banyak memindai (scan) Tidak berlama-lama di satu situs Kunjungan paling lama 10 menit Daya tahan mata di depan layar monitor terbatas

9 Matur nuwun !


Download ppt "Jurnalisme Online Munarsih Sahana. Background : kebutuhan informasi dan komunikasi yang cepat, update, kontekstual, kapan saja, dimana saja Definisi :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google