Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” MENGELOLA PERBEDAAN “ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” PERTEMUAN 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” MENGELOLA PERBEDAAN “ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” PERTEMUAN 4."— Transcript presentasi:

1

2 “ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” MENGELOLA PERBEDAAN “ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” PERTEMUAN 4

3 PERBEDAAN? PERBEDAAN adalah sekumpulan perbedaan individual yang mem- buat setiap orang berbeda dari dan mempunyai kemiripan satu sama lain. Dari definisi di atas, ada 3 hal penting dalam mengelola perbedaan: 1.Ada banyak dimensi dan komponen perbedaan. Perbedaan ada pada setiap orang. 2.Perbedaan tidak sama dengan berbeda. Perbedaan mencakup semua hal yang berbeda dan sekaligus serupa 3.Perbedaan mencakup perpaduan antara hal-hal yg berbeda dan yang serupa..

4 Kepribadian adalah himpunan karakter, kecenderungan dan temperamen yang stabil yang dibentuk secara nyata oleh faktor sosial, budaya dan lingkungan serta menentukan sifat umum dan perbedaan dalam perilaku seseorang

5 TAHAPAN PERBEDAAN  TAHAP PERTAMA : KEPRIBADIAN “Menunjukkan kestabilan karakter yang merupakan tanggung jawab setiap individu” Antara lain : perjuangan yang terus menerus antara dua bagian kepribadian id dan superego, ditengahi oleh ego  TAHAP KEDUA : DIMENSI INTERNAL “merupakan dimensi yang sebagian besar tidak dapat di- kontrol” Antara lain : Umur, Ras, Gender (jenis kelamin), Orientasi seksual, kemampuan fisik, dan Etnis.

6  TAHAP KETIGA : DIMENSI EKSTERNAL “Merupakan dimensi yang dapat kita kontrol” Antara lain : Penghasilan, Kebiasaan pribadi, Kebiasaan rekreasi, Agama, Latarbelakang pendidikan, Pengalaman kerja, Penampilan, Status/dominasi orang tua, Status perka- winan, dan Lokasi geografis.  TAHAP KEEMPAT : DIMENSI ORGANISASI “Merupakan dimensi internal organisasi” Misalnya : Status manajemen, Divisi/departemen/unit/grup, Tempat kerja, Level/Jenjang/Hirarki Fungsional, Keahlian. Lingkungan kerja.

7 1. Id Id adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala energi psikis, sehingga komponen utama kepribadian. Id didorong oleh prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari semua keinginan, keinginan, dan kebutuhan. Jika kebutuhan ini tidak puas langsung, hasilnya adalah kecemasan negara atau ketegangan. 2. Ego Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Menurut Freud, ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik di pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar.

8 3. Superego Komponen terakhir untuk mengembangkan kepribadian adalah superego. superego adalah aspek kepribadian yang menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang kita peroleh dari kedua orang tua dan masyarakat – kami rasa benar dan salah. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian. Menurut Freud, kunci kepribadian yang sehat adalah keseimbangan antara id, ego, dan superegokepribadian

9 Gender (Jenis Kelamin) Orientasi Seksual Dimensi Internal* Umur Kemampuan fisik Etnis Ras Dimensi Eksternal * Lokasi geografi Penghasilan Kebiasaan pribadi Kebiasaan berkreasi Agama Latar Belakang pendidikan Pengalaman kerja Penampilan Status dominasi orang tua Status Perkawinan Dimensi organisasi Level/klasifikasi fungsional Status manajemen Afiliasi Tempat kerja Keahlian Divisi Departemen/ unit/grup Lingkungan kerja KEPRIBADIAN

10 MENILAI PERBEDAAN Menilai perbedaan menitikberatkan pada pengetahuan, pengenalan, pemahaman, dan penghargaan terhadap perbedaan manusia Penilaian perbedaan hendaknya dilihat sebagai sumber yang berharga untuk mencapai sukses perusahaan.

11 MENGELOLA PERBEDAAN Mengelola perbedaan berarti memungkinkan semua karyawan untuk mewujudkan potensi- potensinya secara maksimum. Hal itu berarti kita harus menitikberatkan pada perubahan budaya dan infrastruktur organisasi sedemikian rupa sehingga karyawan dapat memberikan produktivitas yang maksimal.

12 DALAM MENGELOLA PERBEDAAN HARUS DIFAHAMI KECENDERUNGAN MENINGKATNYA PERBEDAAN TENAGA KERJA 1.Meningkatnya jumlah perempuan yang masuk pasar kerja. 2.Meningkatnya jumlah tenaga kerja dengan berbagai etnis/ras/agama. 3.Tingginya kesenjangan antara tingkat pendidikan dengan kualifikasi tenaga yang diperlukan perusahaan 4.Meningkatnya tenaga kerja yang berusia tua.

13 IMPLIKASI MANAJERIAL DARI MENINGKATNYA PERBEDAAN Masuknya kaum perempuan, tenaga kerja dari berbagai ras/etnis, perusahaan harus melakukan berbagai kebijakan dan program. Misalnya : kesehatan, jaminan hari tua, cuti, jadwal kerja yang fleksibel dan menguntungkan, pelaksanaan kebijakan yang tidak kaku, dan pelatihan...dll.

14 MANFAAT PENGELOLAAN PERBEDAAN 1.Mengurangi biaya dan meningkatkan sikap KARYAWAN (misal : biaya tuntutan akibat diskriminasi, biaya pemeliharaan kesehatan dan ketidakhadiran..) 2.Memperoleh dan bisa mempertahankan karyawan yang berkompetensi 3.Peningkatan penjualan, pangsa pasar dan laba perusahaan. 4.Meningkatkan kreativitas dan inovasi 5.Meningkatkan pemecahan masalah secara Berkelompok dan produktivitas.

15 PENGHALANG DAN TANTANGAN DALAM MENGELOLA PERBEDAAN 1.Prasangka dan stereotipe yang tidak akurat (perbedaan dilihat sebagai kelemahan) 2.ETNOSENTRIS (menganggap keyakinan dan norma sendiri jauh lebih baik dari norma dan keyakinan orang (budaya) lain. 3.Perencanaan karir yang kurang baik. 4.Lingkungan kerja yang tidak mendukung dan berbahaya untuk karyawan yang berbeda 5.Kurangnya perlindungan politik/kesempatan pada karyawan yang berbeda 6.Kesulitan dalam keseimbangan antara kari dan keluarga 7.Ketakutan terhadap diskriminasi 8.Perbedaan tidak dilihat sebagai prioritas organisasi MENGELOLA PERBEDAAN ADALAH KOMPONEN PENTING UNTUK KEBERHASILAN PERUSAHAAN


Download ppt "“ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” MENGELOLA PERBEDAAN “ MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN” PERTEMUAN 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google