Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPRIBADIAN Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag. Psikiatri Fak. Kedokteran Universitas Andalas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPRIBADIAN Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag. Psikiatri Fak. Kedokteran Universitas Andalas."— Transcript presentasi:

1 KEPRIBADIAN Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag. Psikiatri Fak. Kedokteran Universitas Andalas

2 2 Pendahuluan Setiap orang mempunyai kecendrungan menggunakan suatu pola yg relatif sama menyikapi masalah dalam kehidupannya. Setiap orang mempunyai kecendrungan menggunakan suatu pola yg relatif sama menyikapi masalah dalam kehidupannya. Fenomena ini dikenal sebagai karakter atau kepribadian.

3 3 Karakter dan Temperamen Karakter adalah ciri kepribadian yg dibentuk oleh proses perkembangan dan pengalaman hidup. Karakter adalah ciri kepribadian yg dibentuk oleh proses perkembangan dan pengalaman hidup. Temperamen dipengaruhi oleh faktor genetik yang terbawa sejak lahir.

4 4 DEFINISI Kepribadian Adalah totalitas dari ciri perilaku dan emosi yang menandai kehidupan seseorang dari hari ke hari. Bersifat stabil dan dapat diramalkan. Adalah totalitas dari ciri perilaku dan emosi yang menandai kehidupan seseorang dari hari ke hari. Bersifat stabil dan dapat diramalkan.

5 5 Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian Merupakan hasil interaksi dari faktor-faktor: Merupakan hasil interaksi dari faktor-faktor: -. Konstitusi (genetik) -. Perkembangan. -. Pengalaman hidup. (lingkungan keluarga, lingkungan budaya)

6 6 Psikoanalitik Freud Freud menjelaskan teorinya tentang kepribadian dengan 3 komponen utama: Freud menjelaskan teorinya tentang kepribadian dengan 3 komponen utama: -. Id : dorongan keinginan yang selalu harus dipenuhi. -. Ego : alam realitas. -.Superego : Suara hati, yang cendrung mengatur/melarang.

7 Id : dorongan keinginan yg selalu harus dipenuhi, tidak bisa memperlambat atau memodifikasi dorongan instinktual. Id : dorongan keinginan yg selalu harus dipenuhi, tidak bisa memperlambat atau memodifikasi dorongan instinktual. Ego : alam realitas, merupakan pelaksana dan pengontrol ; gerakan, persepsi. Kontak dengan kenyataan, memperlambat dan memodifikasi dorongan. Membedakan fantasi dan realitas Ego : alam realitas, merupakan pelaksana dan pengontrol ; gerakan, persepsi. Kontak dengan kenyataan, memperlambat dan memodifikasi dorongan. Membedakan fantasi dan realitas 7

8 Superego; suara hati, kesadaran moral atas dasar sistem ideal dan nilai-nilai yang diinternalisasikan dari orang tua. Cendrung mengatur/ melarang menurut standar nilai yg diinternalisasikan. Superego; suara hati, kesadaran moral atas dasar sistem ideal dan nilai-nilai yang diinternalisasikan dari orang tua. Cendrung mengatur/ melarang menurut standar nilai yg diinternalisasikan. 8

9 9 Psikoanalitik Freud (lanjutan) Ketiga komponen ini saling bekerjasama dalam membentuk perilaku seseorang, namun bisa juga terjadi konflik di antara 3 komponen ini. Ketiga komponen ini saling bekerjasama dalam membentuk perilaku seseorang, namun bisa juga terjadi konflik di antara 3 komponen ini. Ego berperan menyeimbangkan dorongan id dan larangan super ego.

10 10 TERIMA KASIH


Download ppt "KEPRIBADIAN Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag. Psikiatri Fak. Kedokteran Universitas Andalas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google