Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KALIMAT Learning Outcomes: Pada akhir peretmuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami arti kalimat dan dapat menganalisisnya Kalimat adalah satuan bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KALIMAT Learning Outcomes: Pada akhir peretmuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami arti kalimat dan dapat menganalisisnya Kalimat adalah satuan bahasa."— Transcript presentasi:

1 KALIMAT Learning Outcomes: Pada akhir peretmuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami arti kalimat dan dapat menganalisisnya Kalimat adalah satuan bahasa terkecil dan mengungkapkan pikiran yang utuh.  Wajib ada predikat  Unsurnya: S, P, O, K, Pel  Jenisnya: 1. kalimat tunggal 2. kalimat majemuk: a. setara b. bertingkat c. campuran 3. kalimat efektif

2 Kalimat Tunggal Contoh : ‘Naskah-naskah tertulis yang tercipta itu telah menjadi pendorong bagi orang Makassar memahami masa lalu mereka.’  Kalimat dasarnya: ‘Naskah menjadi pendorong’

3 Kalimat Majemuk Struktur kalimat yang terdiri atas dua kalimat dasar atau lebih: 1. Kalimat Majemuk Setara 2. Kalimat Majemuk Bertingkat 3. Kalimat Majemuk Campuran

4 Kalimat Majemuk Setara (1)  Sekurang-kurangnya dua kalimat dasar, masing-masing dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal.  Konjungtor: koma, titik koma, dan, lalu, atau, tetapi Contoh: Ia datang, mereka pergi. Ani sakit; teman-temannya belajar.

5 Kalimat Majemuk Setara (2) Ibu memasak dan ayah membaca. Adik mandi lalu bermain. Anak-anak muda itu kuliah atau bekerja. Ia ingin berjalan-jalan tetapi takut kepanasan. Saya datang, mereka pergi Jagung itu sudah tua; para petani mulai panen.

6 Kalimat Majemuk Bertingkat  Satu induk kalimat dan sekurang-kurangnya satu anak kalimat. Contoh: Saya tidak pergi kalau hujan. (IK) (AK) Kalau hujan, saya tidak pergi. (AK) (IK)  Kalau anak kalimat mendahului induk kalimat, sesudah anak kalimat diberi koma.

7 Kalimat Majemuk Bertingkat Jenis anak kalimat: 1. Keterangan waktu: Ketika Ibu pergi, adik menangis. 2. Keterangan sebab: Karena banyak peminat, dagangannya cepat habis. 3. Keterangan akibat: Hujan turun seharian sehingga banjir melanda kota. 4. Keterangan syarat: Kalau mau pandai, kamu harus belajar. 5. Keterangan tujuan: Untuk membasmi demam berdarah, tidak boleh ada air yang tergenang.

8 Kalimat Majemuk Bertingkat Jenis anak kalimat (lanjutan): 6. Keterangan cara: Dengan membasmi nyamuk, diharapkan tak terjadi demam berdarah lagi. 7. Keterangan pewatas: Orang yang membawa tas itu paman saya. 8. Keterangan pengganti nomina: Telah ada pengumuman bahwa kuliah akan segera dimulai.

9 Kalimat Majemuk Campuran  K.M.Setara + K.M. Bertingkat ‘Karena ingin membebaskan para penumpang, pasukan komando terpaksa menyerbu pesawat, dan berakhirlah drama pembajakan yang telah berlangsung selama dua hari itu.’

10 Latihan: Carilah K.M. Setara, K.M. Bertingkat, dan K.M. Campuran A. Ladia Galaska ( 1) Matahari pagi menyapa bukit-bukit dan lembah yang masih berselimut kabut. (2) Berkas sinarnya perlahan-lahan menyentuh pucuk-pucuk pinus dan berbagai jenis vegetasi hutan hujan tropis yang dari kejauhan tampak berupa hamparan hijau di punggung-punggung bukit.(3) Sejuknya udara, merdunya kicauan burung, indahnya pesona alam, membuat perjalanan ratusan kilometer menyusuri Ladia Galaska tidak terasa meletihkan.

11 Ladia Galaska (Lanjutan) ( 4) Memasuki perkampungan terasa nikmat aroma wangi biji kopi yang sedang disangrai, atau serai wangi yang tengah disuling. (5) Ladia Galaska menembus provinsi paling barat Indonesia, membelah hutan tropis yang ditumbuhi berbagai jenis pohon. (6) Ruas jalan antara Ceulala dan Beutang Ateuh ditempuh dengan mendaki punggung gunung.

12 Ladia Galaska (Lanjutan) (7 ) Karena ketiadaan jembatan, kendaraan beroda empat harus memotong arus deras ketika menyeberangi Sungai Pinding. (8) Menjelang senja, kabut kembali menyelimuti bukit dan lembah. (9) Matahari melukis langit, lalu menghilang ke peraduannya. (Kompas, 18 Maret, 2004, h. 12)

13 Latihan: Carilah K.M. Setara, K.M. Bertingkat, dan K.M.Campuran B. Etalase Exoticon, Bingkai untuk Jendela Jiwa (1) Kata orang, mata adalah jendela jiwa. (2) Bila pemiliknya terpaksa berkacamata, tak perlu khawatir. (3) Allergan Indonesia (A.I.), yang tahun lalu mengeluarkan lensa kontak bermotif unik dan trendi seperti bintang, tahun ini mengeluarkan A.I. Exoticon X1, X2, dan kacamata Energizing Eyewear (E.E.).

14 Etalase (Lanjutan) (4) E-X2 dan E-X1 menawarkan kenyamanan dan memberi jawaban atas sejumlah masalah kesehatan yang biasanya muncul akibat penggunaan lensa kontak. (5) Misalnya saja mata yang kering atau terinfeksi karena terhambatnya sirkulasi air mata. (6) Penggunaan material baru setebal hanya 0,04 ml lebih efektif meningkatkan daya serap oksigen ke mata. (7) Exoticon muncul dalam lima koleksi warna untuk pemakaian tiga bulan. (8) Warna yang tersedia adalah: deep ocean, natural green, glow brown, lilac, dan baby grey.

15 Etalase (Lanjutan) (9) Energizing Eyewear adalah kacamata khusus bagi mereka yang berisiko terkena radiasi gelombang electromagnetik (EMR), misalnya akibat penggunaan komputer, ponsel, peralatan microwave, dan sebagainya. (10) Sepasang chip yang ditanamkan di nose pad dan gagang kacamata berfungsi menyerap sebagian dari EMR yang mengenai pengguna Energizing Eyewear (Utami. Koran Tempo, , h. B. 8)


Download ppt "KALIMAT Learning Outcomes: Pada akhir peretmuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami arti kalimat dan dapat menganalisisnya Kalimat adalah satuan bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google