Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

www.themegallery.com Company Logo Company LOGO COSTING / KALKULASI BIAYA PELATIHAN TEKNIK MERCHANDISING PADA INDUSTRI TPT 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "www.themegallery.com Company Logo Company LOGO COSTING / KALKULASI BIAYA PELATIHAN TEKNIK MERCHANDISING PADA INDUSTRI TPT 2008."— Transcript presentasi:

1

2 Company Logo Company LOGO COSTING / KALKULASI BIAYA PELATIHAN TEKNIK MERCHANDISING PADA INDUSTRI TPT 2008

3 Company Logo PENDAHULUAN

4 Company Logo PENDAHULUAN  Dalam struktur industri TPT, industri serat buatan (fibre making) merupakan industri hulu dan industri garmen merupakan industri hilir. Industri garmen disamping merupakan industri padat karya juga merupakan andalan dan peraih devisa terbesar dari industri TPT.  Permintaan garmen baik lokal maupun eksport akan terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan penduduk.  Eksport pakaian jadi memberikan kontribusi terbesar yaitu sekitar 54,46 % terhadap total eksport TPT atau sebesar US $ 4,67 milyar (Data API tahun 2005).

5 Company Logo  Persaingan merebut pasar di bidang garmen semakin ketat sehingga terjadi tawar menawar harga yang sangat ketat pula.  Industri garmen perlu membuat kalkulasi harga yang terbaik, yang dapat bersaing dengan harga jual dari industri garmen di negara lain. PENDAHULUAN

6 Company Logo KONSEP UMUM KALKULASI BIAYA

7 Company Logo GAMBARA UMUM KALKULASI BIAYA  Suatu kegiatan usaha akan selalu dihadapkan dengan persoalan :  Apakah kegiatan usaha ini akan memberikan keuntungan atau mencapai sasarannya? atau  Apakah kegiatan usaha ini dapat bersaing di pasar global?

8 Company Logo Fungsi & tujuan dari kalkulasi ongkos/ biaya  Membuat budget ongkos-ongkos yang diperlukan untuk pembuatan suatu produk dan harga jual dari produk tersebut.  Melihat untung/rugi suatu usaha.  Memberikan informasi yang berhubungan dengan masalah pemilihan alternatif, pembuatan-pembuatan keputusan dalam pemakaian modal, perluasan fasilitas untuk peningkatan produksi, dsb.  Dalam kegiatan pengendalian, kalkulasi ongkos membantu manajemen dalam mengendalikan atau membandingkan ongkos-ongkos pada masa produksi dengan ongkos-ongkos yang telah ditentukan dalam budget atau standar sehingga dapat dilakukan tindakan efisien.

9 Company Logo Pengertian Ongkos dan Harga Pokok  Definisi Ongkos (cost) yaitu suatu pengorbanan atau pembebanan yang diukur dengan nilai uang, yang diperlukan untuk mendapatkan atau menghasilkan suatu produk tertentu yang dapat berupa barang atau jasa.  Harga Pokok adalah jumlah pengorbanan yang dihitung secara kwantitatif yang diperlukan untuk menghasilkan sejumlah produk atau jasa pada kesibukan normal.  Harga jual (retail price) adalah harga pokok ditambah profit margin

10 Company Logo  Elemen-elemen Ongkos/Biaya  Ongkos Bahan Baku (Raw Materials Cost)  Ongkos Buruh ( Labour Cost )  Overhead Produksi (Production Cost)  Biaya Komersil (Commercial expense) Biaya Produksi Garmen  Biaya bahan baku  Biaya Accessories  Biaya jahit  Biaya Packing Elemen-Elemen Ongkos / Biaya

11 Company Logo  Biaya Overhead Produksi terdiri dari : –Biaya Bahan Pembantu / penolong –Biaya Upah Tak Langsung –Biaya Energi Listrik dan BBM –Biaya Air –Biaya Penyusutan / depresiasi –Biaya Perawatan/ perbaikan –Biaya Bunga  Biaya Komersil terdiri dari : –Biaya Administrasi –Marketing –Biaya Lain-lain

12 Company Logo STRUKTUR BIAYA GARMEN

13 Company Logo KOMPONEN STRUKTUR BIAYA No.Struktur Biaya 1.Bahan Baku 2Bahan Pembantu ( penolong ) 3Upah Langsung 4Upah tak Langsung 5Enegi Lisrik 6BBM 7Air 8Pemeliharaan / Perawatan / Perbaikan 9Penyusutan / Depresiasi 10Packaging 11Bunga 12Biaya Administrasi & Marketing Biaya Lain-lain

14 Company Logo Komposisi Struktur Biaya Garment dari Literatur

15 Company Logo Biaya Produksi Garmen  Biaya bahan baku per garmen (dihitung berdasarkan hasil marker)  Biaya accessories (label, print, dsb)  Biaya Jahit per garmen  Biaya Packing per garmen (hangtag, polybag, cartoon)

16 Company Logo KESIMPULAN & CATATAN

17 Company Logo  Perhitungan biaya produksi harus mencakup semua aspek mulai dari biaya bahan baku sampai biaya penunjang lainnya agar didapatkan harga jual yang proposional dan dapat menguntungkan perusahaan.  Komposisi bahan baku dalam industri garment mencapai hampir 50% dari total struktur biaya garmen sehingga perhitungan pemakaiannya harus sangat teliti.  Perhitungan kebutuhan bahan baku utk setiap potong pakaian (consumption) sangat dipengaruhi oleh marker pola yang disusun dengan sebaik mungkin, sehingga pemakaian kain akan maksimal.

18 Company Logo Catatan:  Industri Export Oriented Market  Kurs Dollar stabil pada tingkat yang menguntungkan exportir, harus stabil pada nilai yang cukup (misal Rp ,00 / US$), hal ini dikarenakan hasil penerimaan dalam bentuk Dollar dan pembayaran bahan baku dll umumnya menggunakan kurs Dollar.  Kenaikan Upah Minimum Regional sangat sensitif, dalam perubahan Struktur Biaya, sehingga agar dapat bersaing, perlu meningkat produktifitasnya.  Untuk meningkatkan daya saing perlu meningkatkan efisiensi biaya produksi; peningkatkan qualitas produk serta promosi yang intensif.

19 Company Logo Catatan:  Bagi Industri Domestik Oriented Market  Stabilitas nilai tukar mata uang rupiah terhadap Dollar ( $ ) akan memantapkan pasar dalam negeri.  Setiap kenaikan Energi primer yang diikuti oleh energi listrik akan mempengaruhi terhadap Struktur Biaya produksi, serta pasar dalam negeri, dalam hal ini menurunnya tingkat daya beli masyarakat.  Harga BBM yang stabil, karena setiap kenaikan BBM dalam negeri akan mempengaruhi daya beli masyarakat.  Setiap kenaikan Upah Minimum Regional sangat sensitif dalam perubahan Struktur Biaya, sehingga dapat menurunkan daya saing.

20 Company LOGO


Download ppt "www.themegallery.com Company Logo Company LOGO COSTING / KALKULASI BIAYA PELATIHAN TEKNIK MERCHANDISING PADA INDUSTRI TPT 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google