Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 C KONSEP DASAR PEMROGRAMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 C KONSEP DASAR PEMROGRAMAN."— Transcript presentasi:

1 1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 C KONSEP DASAR PEMROGRAMAN

2 PENDAHULUAN KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Kata program dapat diartikan : a. Untuk mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri, yang biasanya disebut source code, yang dibuat oleh programmer. b. Untuk mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable. PROGRAM : Merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programer atau suatu bagian executable dari suatu software. PEMROGRAMAN : Suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman. 2

3 TAHAP PENGEMBANGAN PROGRAM 3 Mulai Batasan Masalah Pengembangan Model Rancangan Algoritma Perbaikan Algoritma Pemrograman Pengujian Pembetulan Analisa Dokumentasi Selesai

4 DATA: Bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga dapat dipergunakan oleh user atau pemakai. Tipe data yang biasa digunakan adalah : 1. Tipe Data Dasar : merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman. Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu : a. Tipe Data Numerik : disetiap bahasa pemrograman dapat dipastikan ada tipe data numerik yaitu menyimpan data berupa angka. - Integer : merupakan bilangan bulat positif dan negatif - Subrange: merupakan sebuah subtype dari tipe data integer dan terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang tebatas. - Floating-point Real : biasa disingkat dan disebut tipe data riil. - Fixed-point Real: Bilangan fixed-point direpresentasikan dengan urutan digit yang mempunyai panjang tetap dengan titik desimal diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit. - Lain-lain: Tipe data lainnya adalah bilangan kompleks dan bilangan rational. 4

5 b. Enumerasi: adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda. c. Boolean: tipe data untuk merepresentasikan True atau False. d. Character: tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter. e. Internationalization : disebut I18N 2. Tipe Data Terstruktur : merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar, contohnya array, record, string, list dan file. 3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : tipe data ini biasanya disebut Enumerasi. 4. Tipe Data Penunjuk : contoh tipe data penunjuk adalah pointer. 5

6 MODEL KOMPUTASI Model Komputasi : adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3 dasar model komputasi : 1. Model Fungsional Model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi. 2. Model Logika Logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. 3 Model Imperative Model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut. 6

7 DEFINISI SINTAKS, SEMANTIK DAN PRAGMATIS SINTAKS: Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain. Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik koma) X:=1; X:=X+1; SEMANTIK : Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut. Contoh : Pada pembuatan program C int vector[10] Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10 PRAGMATIS: Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa pemrograman kepada model perhitungan dalam kegunaannya untuk para programer. 7

8 PRINSIP-PRINSIP DESAIN BAHASA PEMROGRAMAN a. Clarity, Simplicity dan Unity Bahasa pemrograman harus dapat menolong programer untuk membuat suatu desain program jauh sebelum programmer melakukan coding. Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programmer mengembangkan suatu algoritma sehingga algoritma yang dihasilkan mempunyai kompleksitas yang rendah. b. Orthogonality Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan. c. Kewajaran untuk Aplikasi Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat/cocok yang digunakan pada struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma. 8

9 d. Mendukung Abstraksi Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan mudah diimplementasikan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa pemrograman. e. Kemudahan untuk Verifikasi Program Verifikasi program merupakan hal penting bagi sebuah program karena dengan verifikasi yang mudah maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan. f. Lingkungan Pemrograman Bahasa pemrograman yang mempunyai lingkungan pemrograman yang baik dan lengkap akan memudahkan programmer untuk mengimplementasikan abstraksi yang sudah disusunnya. 9

10 g. Portabilitas Program Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program yang sudah jadi untuk dipindah-pindahkan dari komputer yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan ke komputer lain yang akan menggunakannya. h. Biaya Penggunaan Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman. Ada beberapa biaya yang dapat diukur yaitu : 1. Biaya Eksekusi Program 2. Biaya Translasi/kompilasi Program 3. Biaya Penciptaan, Testing dan Penggunaan Program 4. Biaya Pemeliharaan Program 10


Download ppt "1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 C KONSEP DASAR PEMROGRAMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google