Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Polymer. Saat ini material Polymer dapat menggantikan material logam dalam beberapa jenis produk. Beberapa contoh jenis material Polymer : –ABS –PE –PP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Polymer. Saat ini material Polymer dapat menggantikan material logam dalam beberapa jenis produk. Beberapa contoh jenis material Polymer : –ABS –PE –PP."— Transcript presentasi:

1 Polymer

2 Saat ini material Polymer dapat menggantikan material logam dalam beberapa jenis produk. Beberapa contoh jenis material Polymer : –ABS –PE –PP –PVC –PS

3 Karakter penting dari polimer –Ukuran Sebuah molekul polymer biasanya mempunyai berat antara 10,000 dan 1,000,000 g/mol- Mekanik profil dari polymer sangat dipengaruhi oleh berat molekular tersebut. Semakin berat molekularnya berarti semakin bagus properti engineeringnya.

4 Thermal Transitions. –Titik pelunakan (glass transition temperature) dan titik lebur sebuah polymer akan menentukan proses dan kegunaan yang cocok baginya. Biasanya temperatur ini menentukan batas atas sebuah polymer akan digunakan. –Sebagai contoh banyak polymer yang penting bagi industri mempunyai glass transition temperatures mendekati titik didih air (100C, 212F), dan sangat berguna bila dipakai pada suhu ruang. Beberapa polymer khusus dapat menahan panas sampai dengan 300 C (572 F).

5 Terdapat beberapa proses untuk membuat produk dengan material dasar Polymer. Proses untuk suatu material Polymer belum tentu cocok dengan material lain. Secara umum material polymer pada bidang industri dibagi dua : –Thermoplastic –Thermoset Material thermoplastic lebih banyak jenisnya dibandingkan thermoset.

6 Thermosets –Thermoset polymers mempunyai ikatan yang sama pada tiga dimensi yang menghubungkan rantai polymer. Hubungan ini menahan rantai untuk menyelip antara satu dengan yang lain, yang menyebabkan polymer memiliki nilai modulus yang lebih tinggi dan ketahanan terhadap creep yang lebih baik. Biasanya thermosets lebih getas dibandingkan dengan thermoplastics.

7 Thermoset formation –Thermosets dibentuk dari rantai thermoplastic polymer yang kemudian diikat dengan sama antara satu dengan yang lain pada proses yang disebut crosslinking. –Thermoplastic polymer dapat mengalir dengan mudah sehingga dapat berubah bentuk

8 Thermoset formation –Setelah bahan dasar dibentuk sesuai cetakan maka polymer akan di crosslink, membuatnya menjadi thermoset material. –Crosslink dapat dimulai dengan panas, sinar atau ditambah dengan bahan kimia lain. Proses ini tidak dapat dibalik sehingga menghasilkan material yang tidak dapat didaur ulang.

9 Material - Thermosets Contoh-contoh material thermosets yang dipakai dalam industri :  UP  Alkyds  Allylics  EP  Furan  Melamine  Phenolics  Polyurethane  Vinyl ester

10 Material - Thermosets Dalam industri material Thermosets yang biasanya digunakan dalam industri mekanik yaitu :  Alkyds  Allylics  EP  Furan  Polyurethane  Vinyl ester

11 Alkyds –Sifat : Rigid, kuat, tahan panas. Stabilitas ukuran bagus dan tahan lama. Taham terhadap jamur, bila diwarnai, warnanya akan tahan lama. –Contoh penggunaan : Tutup distributor pada mobil. Pemutus aliran listrik. Peralatan rumah tangga yang berwarna.

12 Allylics –Sifat : Keras, transparan, taham terhadap kikisan. Tidak menghantar listrik (walaupun dalam keadaan lembab), mempunyai chemical/mechanical properties dan stabilitas ukuran yang bagus. –Contoh penggunaan : Pelapis optik, penutup muka. Sealants for metal castings.

13 EP –Epoxies –Sifat : Rigid, jernih, sangat liat, tahan terhadap bahan kimia. Mempunyai daya rekat yang baik, tingkat penyusutan kecil. –Contoh penggunaan : Perekat, pelapis, encapsulation. Komponen elektronik, alat pacu jantung. Penggunaan pada bidang ruang angkasa.

14 Furan –Sifat : Rigid, rapuh, tidak tembus pandang, mempunyai kekuatan yang tinggi pada suhu tinggi, tahan terhadap bahan kimia. Bila terbakar dapat padam sendiri, sedikit berasap. –Contoh penggunaan : Tangki bahan kimia. Busa penahan khusus, pelapis pada tangki, khususnya tahan terhadap alkalis.

15 Polyurethane –Cast Elastomer –Sifat : Elastis, tahan kikisan dan bahan kimia, impervious to gases, Dapat diproduksi dengan tingkat kekerasan yang berbeda. –Contoh penggunaan : Ban pada peralatan cetak, ban padat, roda, tumit sepatu. Bumper mobil (cocok untuk diproduksi dengan jumlah sedikit).

16 Vinyl Ester –Sifat : Rigid, tembus cahaya. Tahan terhadap korosi. Viskositas rendah. –Contoh penggunaan : Tangki bahan kimia. pipa, peralatan pemrosesan pada lingkungan yang berbahan kimia korosif.

17 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Polymer. Saat ini material Polymer dapat menggantikan material logam dalam beberapa jenis produk. Beberapa contoh jenis material Polymer : –ABS –PE –PP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google