Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASALAH DAN JUDUL PENELITIAN Oleh : Kelompok 2 Anggota : Belina Harnum Elvia Mawarni Gilang Resti Hariyani Zury fitria.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASALAH DAN JUDUL PENELITIAN Oleh : Kelompok 2 Anggota : Belina Harnum Elvia Mawarni Gilang Resti Hariyani Zury fitria."— Transcript presentasi:

1 MASALAH DAN JUDUL PENELITIAN Oleh : Kelompok 2 Anggota : Belina Harnum Elvia Mawarni Gilang Resti Hariyani Zury fitria

2 Masalah penelitian  Merupakan perbedaan atau kesenjangan antara kenyataan yang terjadi dengan teori yang ada atau menurut keadaan idealnya. Efeknya adalah akan timbul rasa keingintahuan atau minat untuk mengungkapkan atau memecahkan perbedaan dan kesenjangan itu melalui penelitian.

3 Manfaat masalah penelitian Masalah penelitian berupa kesenjangan dan keingintahuan semata yang menarik,dan disumbangkan untuk orang banyak(masyarakat) dan IPTEK Masalah penelitian berkaitan erat dengan manusia dan lingkungan

4 Contoh contoh masalah penelitan Kesenjangan di bidang pendidikan 1. rendahnya prestasi belajar mahasiswa 2. lamanya masa penyelesaian studi mahasiswa 3. kurangnya minat mahasiswa dalam belajar.

5 Kesenjangan di bidang non kependidikan 1. kurangnya buah tanaman 2. banyaknya hama tananan 3. hancurnya terumbu karang

6 Apakah berbeda kemampuan belajar mahasiswa putra dan putri? Apakah berbeda kerajinan belajar mahasiswa putra dan putri? Apakah berbeda keterampilan mengajar guru laki-laki dan perempuan? Kenapa lebih tinggi minat wanita menjadi guru daripada laki-laki? Kenapa lebih banyak wanita yang berminat memilih jurusan biologi dibanding laki-laki? Contoh masalah berupa rasa keingintahuan semata (bidang pendidikan)

7 Kenapa bunga itu mulai mekar pada pukul sembilan? Kenapa tanaman putri malu daunnya menguncup bila disentuh. Kenapa bunga berwarna-warni? kenapa batang kayu ada yang berdaun? Kenapa batang pinas hias mengembang di tengah? Kenapa ikan paus menyusui anak ? Contoh masalah berupa rasa keingintahuan semata (bidang Biologi)

8 Bukan merupakan peristiwa alami yang perlu dipermasalahkan. Jika tidak dipecahkan = tidak rugi Jika diteliti/diungkapkan = memberi sumbangan pada khasanah ilmu pengetahuan. Kriteria masalah dalam penelitian Identifikasi Masalah Menentukan masalah Merumuskan Masalah

9 Bacaan Diskusi, seminar, pertemuan ilmiah Pernyataan pemegang otoritas Pengamat sepintas Pengalaman pribadi Perasaan intuisi Sumber Masalah Penelitian ( Menurut Suryabrata )

10 Bacaan Laporan Hasil Penelitian Merekomendasikan penelitian lebih lanjut Ditemukan masalah baru Penggunaan metode lain yang lebih baik Tidak ada penelitian yang tuntas

11 2.2.3 Pernyataan pemegang otoritas Pernyataan pemegang otoritas adalah pemegang kekuasaan dalam bidang pemerintahan keilmuan Contoh masalah penelitian yang mungkin timbul dari pemegang otoritas pemerintahan,salah satunya adalah pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai rendahnya mutu pendidikan saat ini

12 Contoh masalah penelitian yang mungkin timbul dari pemegang otoritas keilmuan salah satunya adalah permyataaan pakar psikologi anak mengenai bahaya menonton film kekerasan terhadap perkembangan jiwa anak.

13 2.2.4 Pengamatan sepintas Pengamatan sepintas adalah pengamatan yang dilakukan hanya dalam jangka waktu relatif pendek,terencana,atau tidak.

14 2.2.5 Pengalaman pribadi Bisa berhubungan dengan kehidupan pribadi atau kehidupan profesional.

15 2.2.6 Perasaan intuisi Sering pula masalah itu muncul dari persaan intuisi (kata hati)

16 JUDUL PENELITIAN

17  Kalimat efektif  Ringkas  Padat  Berisi Masalah  Menarik  Jelas maksudnya Judul penelitian ditulis dalam bentuk :

18 Antara judul dan permasalahan penelitian sangat erat hubungannya. Permasalahan penelitian unsur pokok yang menjiwai judul atau sebaliknya, dapat juga dikatakan bahwa judul haruslah memayungi permasalahan

19 Inti permasalahan merupakan unsur yang penting ditonjolkan dalam merumuskan judul penelitian. Inti permasalahan Variabel (peubah) Variabel bebas Variabel terikat

20 SubyekLokasiTahun penelitian

21 Judul penelitian sering diawali dengan kata-kata seperti : studi, tinjauan, analisis, pengaruh, korelasi, perbandinan, pemanfaatan, identifikasi, profil, peningkatan, dan sebagainya.

22 Pengaruh pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNP Padang Hambatan-hambatan yang dialami Mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Terstruktur pada Program studi Pendidikan Biologi FMIPA UNP Padang Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNP Padang Mengenai Perana Tugas Terstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Perkuliahan Berikut contoh judul yang berhubungan dengan Tugas Terstruktur mahasiswa, dari topik ini dapat dirumuskan beberapa judul diantaranya adalah:

23 Berikut contoh judul penelitian (skripsi mahasiswa biologi program kependidikan) : 1)Hubungan antara Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Nilai Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang 2)Tinjauan Minat Mahasiswa Program Pendidikan Biologi untuk Menjadi Guru Setelah Mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) 3)Kualitas Tes Hasil Belajar Siswa Kelas II Cawu II pada Mata Pelajaran Biologi di SMU Negeri 1 Bukittinggi Tahun 1998

24 Contoh judul penelitian no.1, 2, dan 3 mengenai tugas terstuktur di atas menunjukkan bahwa dari suatu topik dapat dirumuskan beberapa judul penelitian, tetapi tentunya dengan latar belakang masalah yang berbeda.

25 Contoh Judul Penelitian dalam Bidang Biologi : 1.Pengaruh Kepadatan terhadap Konsumsi Makanan dan Pertumbuhan Ayam Broiler Sampai Umur Empat Minggu. 2.Pengaruh Pemangkasan terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tunggak (Vigna unguiculata L.) 3.Inventaris Mikroba pada Permukaan Plastik 4.Tinjauan Bakteriologis Air Susu Segar Sapi Perah yang diproduksi Beberapa Perusahaan Air Susu Segar di Kota Padang

26 Perhatikan Judul tersebut!!! - Judul tersebut ada yang panjang dan ada yang ringkas, namun kesemuanya sudah diterima pembimbing dan penguji skripsi atau dipermasalahkan lagi. -Pertanyaan : Selengkap apa sebaiknya sebuah judul penelitian itu?

27 Karena adanya pertimbangan efisiensi, dan bagian-bagian yang kurang jelas seperti; tempat, tahun dan keterangan lainnya dapat di muat di bagian lain dalam laporan. Alasan orang menggunakan judul ringkas:

28 Untuk kejelasan makna judul dan rasa berbahasa, sehingga dengan membaca judul saja pembaca sudah mendapatkan informasi yang cukup. Alasan orang menggunakan judul panjang :

29 Perlu diingat bahwa ! ! ! Sebenarnya kelengkapan judul ini tidak perlu diperdebatan yang penting pesan yang dikandung atau yang dimaksud penulis tidak berbeda dengan penafsiran pembaca. Usahakan merumuskan judul sebaik mungkin, sehingga pembaca tertarik atau berminat membaca isinya setelah membaca judul tersebut.

30 a. Judul penelitian hendaklah dalam kalimat efektif, ringkas, padat, berisi dan menarik serta jelas maksudnya. b. Judul penelitian harus memayungi permasalahan. c. Inti permasalahan merupakan unsur yang penting ditonjolkan dalam merumuskan penelitian. d. Inti permasalahn adalah variabel penelitian.

31 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "MASALAH DAN JUDUL PENELITIAN Oleh : Kelompok 2 Anggota : Belina Harnum Elvia Mawarni Gilang Resti Hariyani Zury fitria."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google