Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNSUR-UNSUR KERANGKA TULISAN ILMIAH.  Inti Karangan/ Tulisan Ilmiah I.BAB PENDAHULUAN II.BAB ANALISA & PEMBAHASAN III.BAB SIMPULAN & SARAN (SARAN TIDAK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNSUR-UNSUR KERANGKA TULISAN ILMIAH.  Inti Karangan/ Tulisan Ilmiah I.BAB PENDAHULUAN II.BAB ANALISA & PEMBAHASAN III.BAB SIMPULAN & SARAN (SARAN TIDAK."— Transcript presentasi:

1 UNSUR-UNSUR KERANGKA TULISAN ILMIAH

2  Inti Karangan/ Tulisan Ilmiah I.BAB PENDAHULUAN II.BAB ANALISA & PEMBAHASAN III.BAB SIMPULAN & SARAN (SARAN TIDAK SELALU DIPERLUKAN)

3 BAB I PENDAHULUAN  Bertujuan memberitahukan kepada pembaca mengenai isi tulisan secara global/ umum  Bertujuan mengantarkan isi naskah/ tulisan yang berisi hal-hal yang umum yang dijadikan landasan kerja/ arah kerja penyusun

4 a. Latar Belakang Masalah  Alasan-alasan penulis membahas TOPIK tersebut.  Keingintahuan penulis mengangkat/ membahas topik tersebut.  Harus dapat mengantarkan pembaca pada suatu alasan “mengapa permasalahan tersebut diteliti/ dibahas”.  Mencantumkan bagian-bagian yang akan dibahas, sehingga secara sepintas pembaca segera mengetahui, “apa yang ingin dibahas?”

5 b. Pembatasan masalah/ identifikasi masalah  Menjelaskan secara terinci masalah yang akan dibahas  Menyatakan secara jelas masalah yang akan diteliti/ dibahas  Menyatakan secara pasti variabel-variabel yang akan dibahas/ diteliti Pembatasan masalahnya:  Apakah kemampuan menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaan berhubungan dengan besar kecilnya kadar minat di bidang sosial service.  Apakah ada perbedaan dalam penyesuaian diri terhadap pekerjaan antara perawat yang memiliki minat sosial service tinggi, sedang dan rendah ?

6 c. Maksud & Tujuan Penelitian  Berisikan tentang gambaran hasil yang akan dicapai  Ada relevansinya dgn judul/ topik d. Kegunaan/Manfaat Penelitian  Berisi masukan-masukan yang berhubungan dengan penelitian.

7 BAB II ANALISIS & PEMBAHASAN  Pembahasan secara teoritis – berhubungan dengan masalah/ topik  Alur berpikir/ dinamika hubungan antara variabel- variabel berdasarkan uraian teoritis  Bagan/ kerangka berpikir  sistematis  Uraian dinamika antar variabel  mengarahkan hipotesis penelitian  Kerangka berpikir yang mengacu pada S – O – R (Stimulus – Orgnisme – Respon)

8 BAB III SIMPULAN & SARAN  Berisi simpulan yang diperoleh dari hasil analisis dan relevansinya dengan masalah maupun variabel yang kita ajukan.  Memperoleh gambaran umum dari hasil pembahasan analisis.  Simpulan “jangan kaku”. Dibuat yang sifatnya informatif dalam bentuk paragraf-paragraf.  Saran tidak selalu diperlukan.

9 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "UNSUR-UNSUR KERANGKA TULISAN ILMIAH.  Inti Karangan/ Tulisan Ilmiah I.BAB PENDAHULUAN II.BAB ANALISA & PEMBAHASAN III.BAB SIMPULAN & SARAN (SARAN TIDAK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google