Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd."— Transcript presentasi:

1 Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd.

2 Pada umumnya proposal Skripsi terdiri dari : pendahuluan, kajian teori, metode penelitian, ditambah daftar pustaka. Penyusunan dapat dg : A, B, C, D, E,.....dst (tdk menggunakan bab-bab), atau dapat juga dg : bab I, bab II, bab III. Proposal utk. Kualitatif dan Kuantitatif terdapat sedikit beda : - pd. bagian Latar Blkg : pd Kualitatif tdk ada Identifikasi, Batasan, dan Rumusan Masalah. Itu semua diganti dg : Fokus Masalah. - lainnya relatif sama.

3 1. PENDAHULUAN - Latar Belakang Masalah - Identifikasi Masalah - Pembatasan Masalah - Perumusan Masalah - Tujuan Penelitian - Manfaat Penelitian 2. KAJIAN TEORI - Deskripsi Teoretik - Penelitian yang Relevan - Kerangka Berpikir - Hipotesis

4 3. METODOLOGI PENELITIAN - Tempat dan Waktu Penelitian - Variabel & Desain Penelitian - Instrumen Penelitian - Sampling - Teknik Pengumpulan Data - Teknik Analisis Data DAFTAR PUSTAKA

5  Alasan mengapa tertarik/ingin memahami/ingin tahu topik tersebut  Alasan mengapa perlu/hrs diteliti (jika perlu ada literatur justifikasi), manfaat studi dilakukan (alur pikir pilih masalah yg jelas)  Dapat dirancang tulisannya mulai dari mengumpulkan Inti-inti Masalah yang akan dikembangkan mjd. alinea-alinea.

6  Pada hakikatnya anak masalah dari inti masalah dalam Latar Belakang Masalah  Dapat ditulis secara “numerikal” (dirinci per nomor)

7  Menentukan batasan yang akan diteliti, oleh karena banyaknya masalah yang terdapat dalam Latar Belakang Masalah yang sudah dirinci dalam Identifikasi Masalah ◦ Merupakan keterbatasan yang ada pada peneliti, dimana dapat saja masalah- masalah yang telah diidentifikasi tidak dapat diteliti semua.  Contoh : 1. Masalah ini dibatasi pada masalah pendapat siswa thd. Kurikulum Masalah ini dibatasi pada masalah minat siswa thd. Kegiatan ekskul dalam hubungannya dg. Prestasi belajarnya.

8  Kalimat tanya dari Batasan Masalah  Sering diawali dengan kata : “Apakah”  Bagian ini mencoba memformulasikan secara ringkas, jelas dan tajam tentang permasalahan utama yang ada di Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah dan Batasan Penelitian dalam satu paragraf  Contoh: 1. “Bagaimanakah pendapat guru thd. Kurikulum 2013? 2. “Apakah ada hubungannya antara minat siswa thd. Ekskul musik dg prestasi belajar musik?

9  Kalimat berita (“menjawab” kalimat tanya “Rumusan Masalah”)  Contoh : 1. “Penelitian ini bertujuan utk. mengetahui pendapat guru thd. Ekskul musik di SMP “X” 2. Penelitian ini bertujuan utk. mengetahui hubungan antara minat thd. Ekskul musik dengan prestasi belajar siswa.

10  1. Manfaat Teoritis  2. Manfaat Praktis

11  Disebut juga sebagai manfaat akademis.  Yakni manfaat yang dapat membantu kita untuk lebih memahami suatu konsep atau teori dalam suatu displin ilmu.  Konsep atau teori di sini biasanya hanya sebagaian kecil dari konsep atau teori yang dibangun oleh banyak ilmuwan.

12  Peneliti harus spesifik dalam penjelasannya dan menghindari penjelasan umum.  Contoh: ◦ (1) Penjelasan umum:  “Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita lebih memahami tentang Kebudayaan Jepang.”

13 ◦ Penjelasan yang lebih spesifik:  “Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita lebih memahami tentang peranan origami terhadap pendidikan anak-anak Jepang di JJS (Jakarta Japanese School)”. ◦ (2) Penjelasan umum:  “Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita lebih memahami tentang fungsi partikel dalam bahasa Jepang”.

14 Penjelasan spesifik: “Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita lebih memahami tentang fungsi partikel dalam pada kakujoshi dan junfukutaijoshi dalam novel sastra modern Kazoku Shinema”.  Tidak selayaknya peneliti mengatakan bahwa penelitiannya adalah penelitian satu-satunya yang bermanfaat. Cat: Kakujoshi=partikel yang berada di belakang kata benda dan menempel pada kata sifat atau kata kerja yang membentuk unsur predikat. Junfukutaijoshi=partikel yang menempel pada kata benda dan lain-lain di depannya dan memiliki fungsi menjelaskan kata benda yang berada di belakangnya.

15  Yakni manfaat yang bersifat terapan dan dapat segera digunakan untuk keperluan praktis, misalnya memecahkan suatu masalah, membuat keputusan, memperbaiki suatu program yang sedang berjalan.  Dalam manfaat praktis, peneliti juga harus bersifat praktis, langsung pada persoalan dan spesifik.

16  Review literature/kutipan dan sekaligus refleksinya: buku namun lebih baik jurnal penelitian ilmiah/hasil penelitian terkini yg terkait dgn masalah kita.  Hubungannya dgn penelitian terdahulu  Melihat posisi penelitian kita dgn melihat apa yg telah dan belum serta yg akan dilakukan.

17  Review literature/kutipan dan sekaligus refleksinya.  Untuk kutipan dari Hasil Penelitian : diketik mulai dari Peneliti, waktu penelitian, tempat penelitian, dan hasil penelitiannya, juga refleksinya.

18  Membaca kembali kutipan-kutipan dan refleksinya, lantas ditulis ditulis dalam bahasa peneliti hingga mengerucut pada topik penelitian, dalam bentuk paragraf-paragraf.

19  Jawaban sementara atas pertanyaan penelitian  Pernyataan ttg karakteristik populasi  Hasil dari proses teoretik, jadi benar secara teoretik  Harus diuji kebenarannya dgn data empirik  Mengenai keterkaitan antara variabel  Bentuk hipotesis (korelasi, pengaruh, perebedaan) PERLU DIKETAHUI, BAHWA PENELITIAN KUANTITATIF ADA KALANYA TIDAK MEMERLUKAN “HIPOTESIS”.

20  Dirumuskan secara jelas, padat dan spesifik  Dinyatakan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan  Umumnya menyatakan hubungan antardua atau lebih variabel  Hendaknya dapat diuji  Sebaiknya mempunyai kerangka teori  Umumnya diawali dg kata : “Ada” dan “Terdapat”  Contoh : Ada hubungan antara minat thd. Ekskul musik dg prestasi belajar siswa.

21 ◦ Merupakan metode-metode seperti; variabel- variabel, instrumen pengumpulan data, desain penelitian, alat-alat analisis yang dipergunakan dalam penelitian, dan sebagainya (dapat dikembangkan) ◦ Tuliskan sesuai dengan topik penelitian

22  Daftar buku-buku yang dikutip sbagai acuan dalam penelitian.  Tulis secara berurutan (alfabetik)  Ditulis dg urutan dari kiri ke kanan : nama penulis (nama belakang baru nama depan dipisah dg. Tanda koma), thn, judul, kota penerbit, penerbit.  Contoh : Handoyo, Cipto Budy Konverter Nilai Juri. Yogyakarta: UNY Pres.


Download ppt "Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google