Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metodologi penelitian MASALAH PENELITIAN. Pengertian Masalah adalah kesenjangan antara apa adanya dengan apa yang seharusnya. Kata kunci “ Kesenjangan”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metodologi penelitian MASALAH PENELITIAN. Pengertian Masalah adalah kesenjangan antara apa adanya dengan apa yang seharusnya. Kata kunci “ Kesenjangan”"— Transcript presentasi:

1 Metodologi penelitian MASALAH PENELITIAN

2 Pengertian Masalah adalah kesenjangan antara apa adanya dengan apa yang seharusnya. Kata kunci “ Kesenjangan” Yang Terjadi Yang seharusnya ?

3 Katagori Masalah 1.Masalah kuantitatif - Mempertanyakan sesuatu yang bisa di ukur dengan angka/jumlah Contoh “ Bagaimana memenuhi kebutuhan 275 orang guru SD yang berkualifikasi sarjana di kota bekasi.” 2. Masalah Kualitatif - Mempertanyakan hal-hal yg tidak bisa di ukur dengan angka( Sikap, kompetensi, dll.) Contoh “ Bagaimana meningkatkan kompetensi guru matematika SD agar memenuhi kompetensi standar minimal ”

4 Variabel Penelitian Variabel adalah “ Karakteristik individu, kelompok, organisasi atau obyek yang diukur dan nilainya selalu berubah atau bervariasi. Contoh : -Pengetahuan guru - kinerja kepala sekolah -disiplin kerja karyawan -Budaya organisasi -Prestasi belajar siswa -Dll.

5 Jenis Variabel Ada 2 jenis variabel : 1.Independen ( Bebas ) simbol X 2.Independen ( Terikat ) simbol Y Var. Independen disebut juga var. Penyebab Var. Independen disebut juga var. Akibat

6 Masyarak at Miskin Kebod ohan ketidak adilan Pembangu nan tidak merata Pengan gguran

7 Y X1 X2 X3X4

8 Desain Penelitian Metode Pembelaj aran Hubungan dua variabel ( bivariat) Pertanyaan Penelitiannya : 1.Bagaimana prestasi belajar siswa ? 2.Bagaimana metode pembelajaran guru ? 3.Apakah ada hubungan anatara prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran guru ?

9 Hubungan antar variabel Prestasi kerja Hubungan dua variabel X 1 dan X2 dengan Variabel Y Pertanyaan Penelitiannya : 1.Bagaimana Disiplin karyawan? 2.Bagaimana iklim kerja organisasi? 3.Bagaimana prestasi kerja karyawan 4.Apakah ada hubungan antara disiplin kerja dan iklim organisasi dengan prestasi kerja?

10 Kelayakan masalah penelitian 1. Segi keilmuan : masalah harus jelas kedudukannya dalam struktur keilmuan yang dipelajari. 2. Segi metode keilmuan : masalah harus daapt dipecahkan melalui langkah-langkah berfikir ilmiah/metode ilmiah 3. Segi kepentingan atau kegunaan : masalah harus disesuaikan dengan kepentingan peneliti sendiri.

11 Sumber masalah 1.Dengan cara membaca buku atau penelitian orang lain. 2.Melalui studi pendahuluan atau penjajakan. 3.Gabungan atau kombinasi dari kedua sumber di atas.

12 Masalah dan judul penelitian Judul penelitian di buat setelah masalah dirumuskan dengan jelas. Judul harus jelas, padat dan memiliki daya tarik ilmiah. Contoh menentukan judul penelitian : Masalah penelitian : di sekolah X diperoleh data Prestasi prestasi belajar bahasa arab rendah, penyebabnya metode guru dalam mengajar. Judul penelitiannya : Apakah ada hubungan antara prestasi belajar bahasa arab dengan metode pembelajaran guru di sekolah X.

13 Prosedur pengajuan masalah penelitian Perlu ada tahapan berfikir : 1.Latar belalang masalah 2.Identifikasi masalah 3.Pembatasan masalah 4.Perumusan masalah 5.Kegunaan penelitian BAB I Pendahuluan

14 1. Latar Belakang Masalah Menjelaskan fokus tema penelitian/ masalah. Penjelasan tema penelitian dalam konteks tertentu Menjelaskan tema penelitian sebagaimana adanya yang didukung fakta dan data yang terjadi dilapangan. Membandingkan tema penelitian sebagaimana adanya dengan yang seharusnya sehingga ditemukan kesenjangan Menjelaskan alasan mengapa masalah itu diteliti dan menjelaskan ruang lingkup, tempat penelitian

15 Identifikasi Masalah Menemukan masalah atau membuat daftar sejumlah variabel bebas (x) yang secara rasional berhubungan dengan variabel terikat (Y) Dibuat dalam bentuk kalimat tanya

16 3. Pembatasan Masalah Memilih dan menetapkan beberapa variabel bebas yang diduka berhubungan dengan variabel terikat.

17 4. Perumusan masalah Menyusun pertanyaan penelitian berdasarkan variabel yang telah di pilih pada uraian pembatasan masalah sebelumnya. Perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan peneliltian.

18 5. Kegunaan penelitian Adalah manfaat dari hasil-hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian. Ada dua manfaat 1.secara teoritis : penelitian tersebut akan memberi sumbangan kepada pengembangan ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan yg menjadi kajian peneliti 2.Manfaat praktis : Penelitian tersebut memberikan sumbangan bagi pemecahan masalah yang berkaitan dengan variabel yang di teliti.


Download ppt "Metodologi penelitian MASALAH PENELITIAN. Pengertian Masalah adalah kesenjangan antara apa adanya dengan apa yang seharusnya. Kata kunci “ Kesenjangan”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google