Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aktivitas Psikis dlm pembelajaran. Beberapa aktivitas kejiwaan siswa yg berhubungan dg PBM Perhatian - Pemusatan tenaga psikis seseorang yg tertuju pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aktivitas Psikis dlm pembelajaran. Beberapa aktivitas kejiwaan siswa yg berhubungan dg PBM Perhatian - Pemusatan tenaga psikis seseorang yg tertuju pada."— Transcript presentasi:

1 Aktivitas Psikis dlm pembelajaran

2 Beberapa aktivitas kejiwaan siswa yg berhubungan dg PBM Perhatian - Pemusatan tenaga psikis seseorang yg tertuju pada satu objek. - Proses mereaksi secara istimewa terhadap suatu rangsangan atau sederetan rangsangan - Perhatian melibatkan kesadaran manusia secara total.

3 Perhatian dipengaruhi oleh - Pengalaman masa lampau yg menentukan intensif/ tdk intensifnya seseorang memberi perhatian. -Cara timbulnya sehingga munculnya perhatian yang disengaja dan tidak disengaja.Hasil penelitan : yg tdk sengaja justru menarik perhatian -Banyak sedikitnya jumlah yg diperhatikan sehingga memunculkan perhatian yang terpusat dengan yang terpencar.

4 Bagaimana implementasi ? -materi dikaitkan dg materi sebelumnya -banyak memberi tantangan sehingga menarik perhatian. -Materi tidak perlu banyak tetapi dalam dan mendetail

5 Pengamatan - Adalah cara individu mengenal objek melalui alat-alat inderanya. - Penangkapan alat indera ditentukan sikap batin dan kondisi batin individu dalam menerimanya. - Semakin variatif dan semakin banyak indera mengamati lingkungan maka semakin baik wawasan, pengetahuan seseorang yg akan nampak melalui tanggapan-tanggapan yg akan disampaikannya

6 Implementasi dlm pendidikan - anak didik adalah anak yg sedang tumbuh kembang. Oleh karena itu, perkayalah pengalaman-pengalaman mereka. melalui latihan baik di kelas dan diluar kelas. - Jika anak banyak mengamati maka tanggapan-tanggapan yg mereka berikan akan lebih cerdas dan berkualitas

7 Tanggapan, menanggapi  Menyampaikan kembali berbagai hal yang ada dalam ingatan setelah kita mengamati sesuatu.  Seseorang memberi tanggapan berdasarkan pada tiga bentuk ; tanggapan masa lampau, masa kini dan masa yg akan datang.

8 Implementasi dlm pendidikan  Menghargai setiap tanggapan yg diberikan siswa karena pada dasarnya tanggapan yg diberikan siswa sifatnya unik dan dipengaruhi pengalaman masa lampau.

9 Fantasi  Sebagai cara individu untuk mencapai tujuan dengan memasuki alam imajinasi yg terkadang melampui dunia riil.  Banyak org kreatif yang berhasil memulai upayanya dengan berfantasi.  Fantasi juga cara org untuk meningkatkan motivasi diri.  Disamping itu fantasi juga dapat meningkatkan rasa empati pd org lain.

10 Implementasi dlm pendidikan  Kembangkan fantasi siswa agar mereka memiliki kreatifitas, motivasi diri dan berupaya selalu menjadi manusia yang bekualitas.

11 Ingatan, mengingat  Kecakapan atau kemampuan menerima (pencaman), menyimpan dan memanggil kembali kesan/ pesan-pesan yg ada dimemory kita.  Aktivitas manusia dlm proses mengingat ada yg disengaja (menghafal) ada yg tdk disengaja (kesan/persitiwa yg berkesan atau traumatis). 

12 Metode/cara mengingat - Menyuarakan dan mengulang ulang akan memudahkan proses menyimpan - Menggolongkan atau mengelompokkan - Pengkodean akan memudahkan untuk memanggil kembali apa yg telah diingat. - Penggunaan waktu yg tepat dan suasana yg mendukung akan membantu proses mengingat.

13 Berfikir  Adalah proses yg dinamis dalam melihat hubungan – hubungan dari penge tahuan yang sedang dan telah kita peroleh.  Proses berfikir tersebut dimulai dari pembentukan pengertian( menganalisia, pembentukan pendapat ( menghubungkan) sampai kepada penarikan kesimpulan (hasil yg diperoleh ).

14 Implementasi dlm pendidikan - Bimbing siswa untuk mampu menggunakan waktu belajar secara efektif (jadwal belajar) - Bimbing siswa agar menemukan cara /metode yg tepat dalam mengingat.

15 Cara mengambil keputusan  Keputusan deduktif (umum- khusus)  Keputusan induktif (khusus-umum)  Analog is (membandingkan). Pada dasarnya proses berfikir diawali yg konkrit. Berfikir absrak (berfikir yg lebih) tinggi untuk mendapatkan insight yg lebih dalam dan detail juga perlu dikontrol oleh yg konkrit.

16 Implementasi dlm pendidikan  Agar siswa memperoleh insight yg dalam dan detail dalam memahami materi yg diajarkan perlu selalu diikuti contoh-contoh konkrit

17 Kesimpulan : - Hakekat aktivitas kejiwaan manusia merupakan kondisi atau keadaan diri manusia yg bersifat unik, dinamis, kreatif. - Oleh karena itu pengajaran dikelas harus memperhatikan dan mengutamakan PBM yg sifatnya individual differences. - Hal ini karena manusia yg diajar oleh para pendidik adalah manusia yg tumbuh dengan berbagai proses, latar belakang budaya, pola asuh, ekonomi dsb.


Download ppt "Aktivitas Psikis dlm pembelajaran. Beberapa aktivitas kejiwaan siswa yg berhubungan dg PBM Perhatian - Pemusatan tenaga psikis seseorang yg tertuju pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google