Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Renold H. Modok, M.Pd. Pend. Teknik Elektro PTK FKIP Undana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Renold H. Modok, M.Pd. Pend. Teknik Elektro PTK FKIP Undana."— Transcript presentasi:

1 Renold H. Modok, M.Pd. Pend. Teknik Elektro PTK FKIP Undana

2 Ketrampilan Guru Passion to Teach (Gairah Mengajar) Patience (Kesabaran) Good Communication (Komunikasi yang baik) Problem Solver (Pemecah masalah) Supportive (memberi dukungan) Able to Interact With all Ages (dpt berinteraksi dengan semua usia) Leadership (Kepemimpinan)

3 Passion to Teach (Gairah Mengajar) Anda perlu semangat untuk mengajar orang lain agar menjadi guru yang baik. Tahu subjek Anda dan menunjukkan siswa bahwa Anda bergairah tentang subjek itu dan mereka akan bersedia untuk mempelajari lebih lanjut.

4 Patience (Kesabaran) Kesabaran diperlukan untuk guru. Anda berurusan dengan anak-anak atau remaja untuk waktu yang lama, sehingga Anda akan harus bersabar dan tenang dengan siswa.

5 Good Communication (Komunikasi yang baik) Guru tidak akan berhasil jika mereka tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jelas, singkat, dan to the point. Anda perlu menjadi pendengar dan pembicara yang baik. Ajak siswa untuk menjawab pertanyaan di depan kelas akan membuat mereka cukup nyaman untuk berbicara dan mendapatkan perhatian mereka. Anda akan kehilangan perhatian mereka dengan menjadi kusam dan berbicara dengan suara

6 Problem Solver (Pemecah masalah) Masalah unik muncul di dalam kelas. Anda akan perlu untuk menjadi pemecah masalah dan mampu berpikir ketika kejutan terjadi di kelas Anda.

7 Supportive (memberi dukungan) Siswa Anda perlu tahu bahwa Anda berada di sana untuk mereka jika mereka membutuhkan bantuan baik dengan masalah kelas atau apa pun yang mungkin mengganggu mereka. Biarkan mereka tahu bahwa mereka dapat datang kepada Anda untuk membantu.

8 Able to Interact With all Ages (dpt berinteraksi dengan semua usia) Jika Anda adalah seorang guru sekolah dasar, Anda perlu berinteraksi dengan tidak hanya siswa, tetapi orangtua dan guru-guru lainnya. Pastikan Anda merasa nyaman dengan semua kelompok usia.

9 Leadership (Kepemimpinan) Siswa menghabiskan banyak waktu di sekolah. Anda berada dalam peran kepemimpinan, dan siswa Anda melihat bagaimana Anda berperilaku. Selalu waspada terhadap apa yang Anda katakan atau lakukan karena siswa melihat dan belajar dari Anda.

10 Adaptability (Penyesuaian) Anak-anak yang berbeda belajar dengan cara yang berbeda, dan beberapa pelajaran membutuhkan alat pengajaran yang unik. Guru yang baik tahu bagaimana beradaptasi rencana pelajaran mereka kepada siswanya, sehingga semua anak-anak belajar secara optimal. Sifat ini dapat mengambil beberapa pengalaman dan praktek di ruang kelas, sehingga memberikan waktu.

11 Imagination Tidak ada alat yang lebih efektif daripada menggunakan imajinasi Anda untuk menciptakan cara-cara baru dan menarik bagi siswa untuk belajar. Anda mungkin terinspirasi oleh karya guru lain, mentor atau TV komersial - tidak masalah. Yang penting adalah bahwa Anda mengambil inisiatif untuk menemukan cara-cara baru untuk anak-anak Anda untuk belajar materi pelajaran

12 Keterampilan membuka pelajaran Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa Memulai pelajaran setelah nampak siswa siap belajar. Cara mengenalkan pelajaran cukup menarik. Mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui oleh siswa (apersepsi). Hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran nampak jelas dan logis.

13 Keterampilan memberi motivasi Mengucapkan 'baik", bagus, ya, bila siswa menjawab/ mengajukan pertanyaan Ada perubahan sikap non verbal positif pada saat menenggapi pertanyaan/ jawaban siswa. Memuji dan memberi dorongan dengan senyum, anggukan atas partisipasi siswa. Memberi tuntunan pada siswa agar dapat memberi jawaban yang benar. Memberi pengarahan sederhana dan pancingan, agar siswa memberi jawaban yang benar.

14 Keterampilan bertanya Pertanyaan guru sebagian besar telah cukup jelas Pertanyaan guru sebagian besar jelas kaitanya dengan masalah. Pertanyaan ditunjukan keseluruhan kelas lebih dahulu, baru menunjuk Guru menggunakan teknik -pause- dalam menyampaikan pertanyaan Pertanyaan didistribusikan secara merata diantara para siswa. Teknik menunjuk yang memungkinkan seluruh siswa siap.

15 Keterampilan menerangkan Keterangan guru berfokus pada inti pelajaran Keterangan guru menarik perhatian siswa Keterangan guru mudah ditangkap(dicerna) oleh siswa. Penggunaan contoh, ilustrasi, analogi, dan semacamnya menarik perharian siswa. Guru memperhatikan dengan sungguh-sungguh respon siswa yang berupa pertanyaan, reaksi, usul dan semacamnya. Guru menjelaskan respon siswa, sehingga siswa menjadi jelas dan mengerti.

16 Keterampilan mendayagunakan media Pemilihan media sesuai dengan PBM yang diprogramkan Teknik mengkomunikasikan media tepat. Organisasi mengkomunikasikan media menunjang PBM. Guru trampil menggunakan media.

17 Keterampilan menggunakan metode yang tepat Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan tujuan pengajaran. Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan materi pelajaran dan situasi kelas. Dalam menggunakan metode telah memenuhi / mengikuti sistematika metode tersebut Alat yang dapat menunjang kelancaran penggunaan metode tersebut telah disiapkan. Menguasai dalam penggunaan metode tersebut.

18 Aspek mengadakan interaksi Ada keseimbangan antara jumlah kegiatan guru (aksi) dengan kegiatan siswa (reaksi) selama proses belajar mengajar.

19 Keterampilan penampilan verbal non verbal Gerakan guru wajar dan bertujuan. Gerakan guru bebas Isyarat guru menggunakan tangan, badan, dan wajah cukup bervariasi Suara guru cukup bervariasi, lemah dan keras. Ada pemusatan perhatian dari pihak siswa. Pengertian indera melihat dan mendengar berjalan dengan wajar.

20 Keterampilan penjajagan/assesment Menaruh perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan. Adanya kesepakatan guru terhadap tanda siswa yang mengalami salah pengertian Melakukan penjajagan kepada siswa tentang pelajaran yang telah diterimanya Mencari/melakukan apa yang menjadi sumber terjadinya kesulitan. Melakukan kegiatan untuk mengatasi/menunjukan kesulitan siswa.

21 Keterampilan menutup pelajaran Dapat menyimpulkan pelajaran dengan tepat. Dapat menggunakan kata-kata yang dapat membesarkan hati siswa Dapat menimbulkan perasaan mampu ( sense of achievment) dari pelajaran yang diproleh. Dapat mendorong siswa tertarik pada pelajaran yang telah diterima.

22 for-teachers.html for-teachers.html needed-become-teacher.html#%20ixzz2MJsfpM37 needed-become-teacher.html#%20ixzz2MJsfpM37 leadership/oct12/vol70/num02/Eight-Things-Skilled- Teachers-Think,-Say,-and-Do.aspx leadership/oct12/vol70/num02/Eight-Things-Skilled- Teachers-Think,-Say,-and-Do.aspx keterampilan-guru.html keterampilan-guru.html


Download ppt "Renold H. Modok, M.Pd. Pend. Teknik Elektro PTK FKIP Undana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google