Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN MEMBUKA PELAJARAN (Set Induction) Usaha/kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi murid.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN MEMBUKA PELAJARAN (Set Induction) Usaha/kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi murid."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN MEMBUKA PELAJARAN (Set Induction) Usaha/kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi murid agar mental maupun perhatian terpusat pada apa yang akan dipelajarinya, sehingga usaha tersebut akan memberikan efek yang positif terhadap kegiatan belajar.

3 TUJUAN MEMBUKA PELAJARAN Menimbulkan minat serta pemusatan perhatian siswa terhadap apa yang akan dibicarakan dalam kegiatan pembelajaran. Contoh: Nah, anak-anak! Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari suatu pokok bahasan baru tentang “Demokrasi”. Tetapi, sebelum kita pelajari lebih lanjut topik itu, sebaiknya cobalah perhatikan dahulu ke depan. Gambar apakah yang ibu pegang ini? Ya, kamu Beni!” dan seterusnya.

4 PENGERTIAN DAN TUJUAN MENUTUP PELAJARAN (Closure) Kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan pembelajaran. Tujuan: 1. memberi gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa, 2. mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses pembelajaran.

5 BENTUK USAHA MENUTUP PELAJARAN Merangkum/membuat garis-garis besar materi yang dipelajari Mengonsolidasikan perhatian siswa terhadap hal-hal yang pokok dalam pelajaran yang bersangkutan. Mengorganisasi semua kegiatan atau pelajaran yang telah dipelajari Memberikan tindak lanjut (follow up)

6 KOMPONEN KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN Menarik Perhatian Siswa: Gaya mengajar guru, penggunaan alat bantu pelajaran, pola interaksi yang bervariasi. Menimbulkan motivasi: Kehangatan/keantusiasan, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan ide yang bertentangan, memperhatikan minat siswa. Memberi acuan: Mengemukakan tujuan dan batas tuga, menyarankan langkah-langkah pembelajaran. Membuat kaitan/hubungan di antara materi- materi yang akan dipelajari

7 KOMPONEN KETERAMPILAN MENUTUP PELAJARAN Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran dengan merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan Mengevaluasi: - Mendemonstrasikan keterampilan - mengaplikasikan ide baru pada situasi lain - mengekslorasi pendapat siswa sendiri - memberikan soal-soal tertulis.


Download ppt "PENGERTIAN MEMBUKA PELAJARAN (Set Induction) Usaha/kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi murid."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google