Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tim Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn. PERAN PENTING “BERTANYA” 1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam KBM 2. Membangkitkan minat dan rasa ingin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tim Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn. PERAN PENTING “BERTANYA” 1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam KBM 2. Membangkitkan minat dan rasa ingin."— Transcript presentasi:

1 Tim Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn

2 PERAN PENTING “BERTANYA” 1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam KBM 2. Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu 3. Mengembangkan pola dan cara belajar aktif 4. Menuntun proses berpikir siswa 5. Memusatkan perhatian siswa terhadap masalah yang dibahas

3 DASAR-DASAR PERTANYAAN YANG BAIK 1. Jelas dan mudah dimengerti oleh siswa 2. Berikan informasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan 3. Difokuskan pada suatu masalah atau tugas tertentu 4. Berikan waktu yang cukup kepada anak untuk berpikir sebelum menjawab pertanyaan.

4 DASAR-DASAR PERTANYAAN YANG BAIK 5. Bagikanlah pertanyaan kepada seluruh murid secara merata 6.Berikan respon yang ramah dan menyenangkan 7.Tuntunlah jawaban siswa, sehingga dapat menemukan sendiri jawaban yang benar

5 JENIS-JENIS PERTANYAAN A. MENURUT MAKSUDNYA 1.PERTANYAAN PERMINTAAN (COMPLIANCE QUESTION) Pertanyaan yang mengharapkan siswa mematuhi perintah yang diucapkan dalam bentuk pertanyaan. Contoh: Dapatkah kamu tenang agar suara ibu dapat didengar oleh kalian?

6 2. PERTANYAAN RETORIS (RHETORICAL QUESTION) Pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban, tetapi dijawab sendiri oleh guru. Contoh: Mengapa observasi ke sekolah diperlukan sebelum melaksanakan PLP? Sebab observasi merupakan ….. Dst.

7 3. PERTANYAAN MENGARAHKAN DAN MENUNTUT (PROMPTING QUESTION) Pertanyaan yang diajukan untuk memberi arah kepada murid dalam proses berpikirnya. Dilakukan guru apabila: Guru menghendaki siswa memperhatikan dengan seksama inti pelajaran. Siswa tidak dapat/salah menjawab, sampai menemukan jawaban.

8 4.PERTANYAAN MENGGALI (PROBING QUESTION) Pertanyaan lanjutan yang akan mendorong siswa untuk lebih mendalami jawabannya terhadap pertanyaan pertama. Tujuannya: Siswa didorong untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas jawaban yang diberikan pada pertanyaan sebelumnya.

9 JENIS-JENIS PERTANYAAN B.PERTANYAAN MENURUT TAKSONOMI BLOOM 1.PERTANYAAN PENGETAHUAN (RECALL /KNOWLEDGE QUESTION) Pertanyaan ingatan dengan menggunakan kata-kata: apa, di mana, kapan, siapa, dan sebutkan. Contoh: Sebutkan ciri-ciri demokrasi?

10 2. PERTANYAAN PEMAHAMAN (COMPREHENSION QUESTION) Pertanyaan yang menghendaki jawaban yang bersifat pemahaman dengan kata- kata sendiri. Menggunakan kata-kata jelaskan, uraikan dan bandingkan Contoh: Jelaskan manfaat demokrasi?

11 3. PERTANYAAN PENERAPAN (APLICATION QUESTION) Pertanyaan yang menghendaki jawaban untuk menerapkan pengetahuan atau informasi yang diterima. Contoh: Berdasarkan proses tersebut, kesimpulan apa yang dapat anda berikan?

12 4. PERTANYAAN SINTESIS (SYNTHESIS QUESTION) Pertanyaan yang menghendaki jawaban yang benar, tidak tunggal, tetapi lebih dari satu dan menuntut murid untuk mempediksi, memecahkan masalah, mencari komunikasi. Contoh: Apa yang terjadi bila musim Pemilu tiba? Apa yang akan anda lakukan bila melihat warga melanggar peraturan dalam Pemilu ?

13 5. PERTANYAAN EVALUASI (EVALUATION QUESTION) Pertanyaan yang menghendaki jawaban dengan cara memberikan penilaian atau pendapatnya terhada suatu isyu yang ditampilkan Contoh: Bagaimana pendapat anda tentang program pemberantasan korupsi? Apa komentar anda tentang pelaksanaan PILKADAL?

14 HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN A.Kehangatan dan keantusiasan Menunjukkan sikap baik waktu bertanya dan menerima jawaban: Suara, ekspresi wajah, gerakan, posisi badan

15 B.Kebiasaan yang perlu dihindari 1. Jangan mengulang-ulang pertanyaan bila siswa tidak mampu menjawabnya. 2. Jangan mengulang-ulang jawaban siswa 3. Jangan menjawab sendiri pertanyaan yang dijukan sebelum siswa memperoleh eksempatan menjawabnya 4. Usahakan agar siswa tidak menjawab serempak 5. Jangan menentukan siapa siswa yang harus menjawab sebelum mengajukan pertanyaan 6. Pertanyaan ganda: Menghendaki beberapa jawaban

16 KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR Penggunaan pertanyaan secara jelas dan singkat Pemberian acuan Pemindahan giliran Penyebaran Pemberian waktu berpikir Pemberian tuntutan

17 KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN BERTANYA LANJUTAN 1. Pengubahan tuntutan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan 2. Pengaturan urutan pertanyaan 3. Menggunakan pertanyaan pelacak, dengan teknik: a. Klasifikasi (meminta penjelasan) b. Meminta siswa memberikan alasan c. Meminta kesempatan pandangan siswa lain (setuju/tidak d. Meminta kesempatan jawaban (meninjau kembali jawaban) e. Meminta jawaban yang lebih relevan/benar f. Meminta contoh g. Meminta jawaban yang lebih kompleks 4. Peningkatan Terjadinya interaksi


Download ppt "Tim Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn. PERAN PENTING “BERTANYA” 1. Meningkatkan partisipasi siswa dalam KBM 2. Membangkitkan minat dan rasa ingin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google