Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KERANGKA RANCANGAN BELAJAR BI-TANDUR-LS-MK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI KELAS INKLUSIF Peneliti Utama Drs.H.Ahmad Sofyan.M.A Imam Yuwono,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KERANGKA RANCANGAN BELAJAR BI-TANDUR-LS-MK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI KELAS INKLUSIF Peneliti Utama Drs.H.Ahmad Sofyan.M.A Imam Yuwono,"— Transcript presentasi:

1 KERANGKA RANCANGAN BELAJAR BI-TANDUR-LS-MK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI KELAS INKLUSIF Peneliti Utama Drs.H.Ahmad Sofyan.M.A Imam Yuwono, S.Pd.M.Pd

2 Latar Belakang Masalah Gaung pendidikan inklusif telah berkumandang, membahana diseluruh pelosok negeri SDM di sekolah reguler belum siap Banyak guru masih kebingungan untuk memberikan layanan pembelajaran Modifikasi kurikulum, sistem penilaian dan pemilihan strategi pembelajaran masih banyak terkendala Alternatif yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan kerangka rancangan belajar BI- TANDUR-LS.MK

3 BUDAYA INKLUSI (BI) BI adalah akronim Budaya Inklusi artinya membangun keamanan, penerimaan, kerja sama perangsangan komonitas dimana setiap orang dihargai. Menghargai perbedaan Menghormati sesama warga belajar Saling bantu dan tolong menolong Hukuman diganti dengan pertolongan

4 TANDUR …..T adalah Tumbuhkan A adalah Alami N adalah Namai D adalah Demontrasikan U adalah Ulangi R adalah Rayakan TUMBUHKAN PERTANYAAN PENUNTUN Hal apa yang mereka pahami ? Apa yang mereka setujui ? Apa manfaat bagi mereka ? Hal mana yang menjadikan mereka berkomitmen ? KUNCI KEBERHASILAN GURU Bagaimana saya dapat menarik minat siswa Siswa pasti tertarik Pertanyaan harus terjawab apa manfaat bagiku ?

5 A (ALAMI) PERTANYAAN PENUNTUN Cara apa agar siswa memahami informasi ? Kegiatan apa yang memanfaatkan pengetahuan yang sudah mereka miliki. KUNCI KEBERHASILAN GURU Saya ingin tahu apa yang terjadi selanjutnya Apa yang harus dilakukan agar mereka mengerti ?

6 NAMAI (N) PERTANYAAN PENUNTUN Cara apa agar siswa memahami informasi ? Kegiatan apa yang memanfaatkan pengetahuan yang sudak mereka miliki KUNCI KEBERHASILAN GURU Apa yang harus dilakukan agar mereka mengerti Saya ingin tahu apa yang terjadi selanjutnya.

7 DEMONSTRASIKAN (D) PERTANYAAN PENUNTUN Dengan cara apa siswa dapat memperagakan tingkat kecakapan mereka dengan pengetahuan yang baru ini ? Kriteria apa yang dapat siswa dan guru kembangkan bersama untuk menuntun kualitas peragaan mereka ? ULANGI (U) Cara apa yang terbaik bagi siswa untuk mengulang pelajaran ini ? Dengan cara apa setiap siswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengulang ? RAYAKAN (R) Cara apa yang paling sesuai untuk merayakan ? Bagaimana kita bisa mengakui setiap orang atas prestasi mereka ?

8 LINGKUNGAN SEKELILING (LS) Lingkungan Sekeliling merupakan pengaturan lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar siswa POSTER AFIRMASI Aku semakin pintar dengan setiap tantangan baru!!! Aku mampu mempelajarinya……….

9 M (MUSIK) Musik merupakan alat untuk menata suasana hati, mengubah keadaan siswa dan mendukung lingkungan belajar Pada saat guru meminta siswa untuk mendiskusikan sejenak materi yang dipelajari….. mainkan musik sekeras suara mereka. Musik membebaskan mereka berbicara, untuk jalan terus tanpa menarik perhatian terhadap diri mereka. Setelah beberapa saat suara musik di kecilkan suara mereka akan melirih mengikuti suara musik. Saat membutuhkan perhatian dari mereka keraskan suara musik lalu matikan, tindakan ini membuat siswa menengok dan melihat apa yang terjadi dengan musik.

10 K (KESEPAKATAN) K adalah Kesepakatan berbentuk daftar cara yang sederhana dan konkrit untuk melancarkan jalannya pembelajaran yang disepakati bersama. Adakan pertemuan kelas untuk mendiskusikan peraturan Bagikan kertas dan minta mereka menuliskan tiga peraturan yang harus di ikuti semua orang Buat daftar peraturan dari semua kertas pada papan tulis Minta siswa membuang yang tidak perlu Minta siswa menyusun prioritas peraturan Konsolidasi jika perlu Setelah daftar akhir ditetapkan, mintalah kesepakatan verbal dari setiap murid untuk mendukung peraturan, atur pertemuan dengan siswa yang tidak setuju untuk mengetahui penyesuaian yang harus dibuat agar mereka mau mendukung peraturan. Adakan pertemuan kelas kedua untuk mendiskusikan konsekwensi pelanggaran peraturan. Beri tahu siswa mengenai konsekwensi yang diterapkan sekolah Bagikan kertas lagi dan minta siswa menuliskan tiga konsekwensi Tulis konsekwensi di papan tulis Minta siswa membuang yang tidak perlu Konsolidasi jika perlu Tambahkan konsekwensi pada hukuman standar sekolah Tentukan batas jika perlu Setelah daftar akhir konsekwensi ditetapkan mintalah setiap siswa menyatakan bahwa mereka mengerti dan menyetujui Foto copi dan bagikan daftar peraturan dan konsekwensi kepada siswa.

11 Hasil Penelitian Kerangka rancangan belajar BI-TANDUR-LSMKA efektif diterapkan dalam pembelajaran kelas inklusif. Terbukti 1. Terjadi pembiasaan sikap saling tolong menolong,menghargai sesama dan bekerjasama 2. Terjadi suasana belajar yang aktif, ditandai dengan banyak siswa bertanya, menjawab dan mengajukan ide 3. Memotivasi guru untuk senantiasa kreatif dalam proses pembelajaran

12


Download ppt "KERANGKA RANCANGAN BELAJAR BI-TANDUR-LS-MK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI KELAS INKLUSIF Peneliti Utama Drs.H.Ahmad Sofyan.M.A Imam Yuwono,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google