Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WEB SERVICE.  Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.  Integrasi antara Web dan OO middleware.  Integrasi dari aliran kerja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WEB SERVICE.  Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.  Integrasi antara Web dan OO middleware.  Integrasi dari aliran kerja."— Transcript presentasi:

1 WEB SERVICE

2  Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.  Integrasi antara Web dan OO middleware.  Integrasi dari aliran kerja terisolasi dan sevice-service (Web Services Flow Language - WSFL).  Pertukaran data pada aplikasi yang berbeda-beda (X-Schema, XSLT ++) (Masa depan: standarisasi dari info konteks antara web servis dan klien – integrasi servis horizontal).  Pemain utama dan standard-standard Microsoft:.NET SUN: Open Net Environment (ONE) IBM: Web Service Conceptual Architecture (WSCA) W3C: Web Service Workshop Oracle: Web Service Broker Hewlett-Packard: Web Service Platform  Kemampuan aplikasi, fungsi atau operasi yang di ekspos untuk program lain melalui standard yang terbuka, dan interoperable.  “payloads” didefinisikan sebagai XML.  “transports” melalui http atau Internet protocol terbuka lainnya.  Data diakses dari berbagai bahasa pemrograman, platform hardware atau system operasi.  Middlewear dari Internet

3  Format penggunaan terbuka untuk semua platform.  Mudah di mengerti dan mudah men-debug.  Dukungan interface yang stabil.  Menggunakan standard-standard “membuka service sekali” dan mempunyai pemakai banyak.  Mudah untuk menengahi pesan-pesan proses dan menambahkan nilai.  Routing and pengiriman.  Security.  management and monitoring.  schema and service design.  Akselerasi.  mudah untuk mengembangkan dengan semantic transport tambahan.  Terbuka, standard-standard berbasis teks.  Pencapaian modular.  Tidak mahal untuk diimplementasikan (relatif).  Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprise.  Implementasi yang incremental

4  Ada pun perusahaan yang mengusulkan konsep web service adalah:  Hewlett-Packard's e-Speak pada 1999 adalah penyedia e-service.  Microsoft memperkenalkan nama "web services" pada Juni  Sekarang setiap vendor mulai menjadi “pemain”.

5  WSDL Web Services Description Language Deskripsi- deskripsi dari web service UDDI Universal Discovery, Description & Integration Registry mengenai deskripsi servis SOAP Simple Object Access Protocol Protokol transport untuk berkomunikasi antar web service Standard-standard lain: WSRP, WSIA, WSXL…….

6  Bagian-bagian Web Service :  Wire Protocols Menyediakan standard, channel komunikasi flexible  Description Menyediakan standard, jalan untuk menjabarkan apa dan bagaimana web service melakukan yang harus dilakukan dengan fleksibel.  Discovery Menyediakan standard, jalur untuk menemukan dimana web service di tempatkan dan bagaimana mencari informasi tambahan.

7  Discover – browse registry UDDI untuk mencari Web Service yang sudah ada untuk integrasi.  Create or Transform –buat Web Service dari project- project yang ada. Build – satukan artifak yang ada sebagai SOAP dan service HTTP dan jabarkan pada WSDL.  Deploy – Aplikasikane menjadi server aplikasi Wensphere atau Tomcat.  Test – Uji coba web service baik local (stand alone computer) atau secara remote.  Develop – Bangun contoh aplikasi untuk memberi masukkan dalam membuat aplikasi klien Web service  Publish – publikasikan / upload Web Service pada bisnis registri UDDI.

8  Web service adalah teknologi dengan resiko rendah (relatif) yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi bisnis bersiko tinggi.  Web service berdasarkan middleware OO, XML dan onsep Internet Protokol, dan membantu pergerakkan dari sistem-sistem heterogen menuju sistem yang lebih homogen  Banyak-vendor turut membuat standard  Membuka semua jenis kesempatan untuk semua orang  Incremental, non-intimidating, minimal technology play  Kostumer memulai tanpa menunggu vendor-vendor  Web service mentransformasikan web browser centris menjadi servis centris  Tool-tool yang lebih baik bersifat open source

9  Hasanuddin, Diktat Rekayasa Web, S-1 Teknik Informatika UAD.


Download ppt "WEB SERVICE.  Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.  Integrasi antara Web dan OO middleware.  Integrasi dari aliran kerja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google