Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Berdasarkan pengukuran tersebut maka ada beberapa indikator yang dapat digunakan, bisa satu atau dua indeks atau dalam bentuk rasio  Indeks : BB/U,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Berdasarkan pengukuran tersebut maka ada beberapa indikator yang dapat digunakan, bisa satu atau dua indeks atau dalam bentuk rasio  Indeks : BB/U,"— Transcript presentasi:

1

2  Berdasarkan pengukuran tersebut maka ada beberapa indikator yang dapat digunakan, bisa satu atau dua indeks atau dalam bentuk rasio  Indeks : BB/U, TB/U, BB/TB  Rasio : BB/TB²

3 o Indeks antropometri diperoleh melalui kombinasi pengukuran. o Indeks BB/U, jumlah triseps dan lipatan kulit subscapular, rasio lingkar pinggang-panggul. o Indeks sangat penting dalam penafsiran pengukuran.

4  Khususnya pertimbangan sensitifitas, spesifisitas, dan nilai prediktif dari indeks antropometri  Indeks sensitif menunjukkan perubahan besar selama kekurangan gizi dan setelah intervensi gizi serta secara tepat mengidentifikasi individu yang bebar-benar kekurangan gizi  Konsekuensinya adalah, indeks antropometri dengan sensitifitas tinggi seharusnya digunakan untuk sistem penilaian gizi yang melibatkan skreening, pengawasan atau sebuah intervensi (Ruel et al., 1995).

5  Indeks antropometri dengan spesifikasi tinggi digunakan untuk mengidentifikasi orang sehat secara tepat, maka dengan demikian menghindari intervensi gizi yang tidak dibutuhkan.

6  Indeks sensitif menunjukkan perubahan besar selama kekurangan gizi dan setelah intervensi gizi serta secara tepat mengidentifikasi individu yang bebar-benar kekurangan gizi

7  Baik sensitifitas dan spesifisitas sebuah indeks antropometri adalah bervariasi menurut usia, cutoff point yang digunakan, dan keparahan serta prevalensi masalah gizi dalam populasi.  Semua faktor ini harus dipertimbangkan ketika menentukan suatu indeks antropometri.

8  Berat badan anak akan selalu tumbuh seiring bertambahnya usia. Berdasarkan usia dan jenis kelaminnya, bisa dilihat berapa rentang normal berat badan s anak.  Indeks ini sangat labil berat badan yang sangat tergantung pada umur, dimana pada umur ini anak sangat mudah terserang infeksi sehingga berat badan menjadi parameter yan sangat labil dan indeks BB/U menjadi sangat labil pada usa balita

9

10

11  Tinggi dan berat badan anak akan selalu tumbuh seiring bertambahnya usia. Berdasarkan usia dan jenis kelaminnya, bisa dilihat berapa rentang normal tinggi badan serta berat badan anak.  Menggambarkan pertumbuhan masa lalu banyak berkaitan dengan pertumbuhan tulang skeletal  Banyak faktor sosiobudaya yang melatarbelakakngi pertumbuhan tinggi badan

12

13  Kombinasi lipatan kulit triseps dan LILA bisa digunakan untuk  mengestimasi area lengan tengah atas dan lemak lengan tengah atas, dimana masing-masing bisa mengestimasi massa otot dan kandungan lemak tubuh.

14 Sedangkan kombinasi lain seperti:  Indeks Massa Tubuh (BB/TB 2 ) dan  Rasio lingkar pinggang-panggul digunakan dalam studi populasi sebagai  indikator kegemukan dan massa lemak dalam perut.

15


Download ppt " Berdasarkan pengukuran tersebut maka ada beberapa indikator yang dapat digunakan, bisa satu atau dua indeks atau dalam bentuk rasio  Indeks : BB/U,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google