Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Administrasi Rumah Sakit dan Puskesmas Kartu Menuju Sehat Orin Annahriyah S / 101111359 / IKMA 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Administrasi Rumah Sakit dan Puskesmas Kartu Menuju Sehat Orin Annahriyah S / 101111359 / IKMA 2011."— Transcript presentasi:

1 Administrasi Rumah Sakit dan Puskesmas Kartu Menuju Sehat Orin Annahriyah S / / IKMA 2011

2 Pendahuluan Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. Status gizi juga didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrient. Penelitian status gizi merupakan pengukuran yang didasarkan pada data antropometri serta biokimia dan riwayat diet. (Beck, 2000)

3 Sehat tidak hanya berarti tidak sakit, tetapi juga TUMBUH dan BERKEMBANG dengan baik Minimal mengukur berat badan dan panjang/tinggi badan secara berkala Gerak kasar, gerak halus, bahasa, sosial dan kemandirian Pendahuluan

4 Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. Status gizi juga didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrient. Penelitian status gizi merupakan pengukuran yang didasarkan pada data antropometri serta biokimia dan riwayat diet. (Beck, 2000)

5 Kartu Menuju Sehat (KMS) adalah kartu yang memuat kurva pertumbuhan normal anak berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur. Dengan KMS ini ganguan pertumbuhan atau resiko kelebihan gizi dapat diketahui lebih dini, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan secara lebih cepat dan tepat sebelum masalahnya lebih berat.

6

7 Manfaat KMS (Depkes RI, 2000) : a) Sebagai media untuk mencatat dan memantau riwayat kesehatan balita secara lengkap, meliputi : pertumbuhan, perkembangan, pelaksanaan imunisasi, penanggulangan diare, pemberian kapsul vitamin A, kondisi kesehatan pemberian ASI eksklusif, dan Makanan Pendamping ASI. b) Sebagai media edukasi bagi orang tua balita tentang kesehatan anak c) Sebagai sarana komunikasi yang dapat digunakan oleh petugas untuk menentukan penyuluhan dan tindakan pelayanan kesehatan dan gizi.

8 Tools lain: kms-online.web.id Hitung status gizi v 1.0 Umur dalam satuan bulan (0 s.d. 60 bulan) Berat badan dalam satuan kg (satu angka di belakang koma) Tinggi badan dalam satuan cm (kelipatan 0,5)

9


Download ppt "Administrasi Rumah Sakit dan Puskesmas Kartu Menuju Sehat Orin Annahriyah S / 101111359 / IKMA 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google